Selama beberapa tahun belakangan ini, Hulk sudah mengalami banyak sekali perubahan. Sudah ada beberapa form yang dimunculkan di Marvel Comics untuk sosok Hulk, contohnya adalah Joe Fixit, Maestro, dan Devil Hulk. Bahkan musuhnya, General Thaddeus Ross, juga berubah menjadi sosok Red Hulk. Meskipun seluruh form Hulk tersebut sangat kuat, tapi salah satu form Hulk terkuat adalah Blue Hulk.

Dalam komik Captain Universe/Invicible Hulk #1 karya Jay Faerber dan Carlos Magno, alter ego milik Bruce Banne tersebut mendapatkan peningkatan kekuatan kosmik ketika dia menyatu dengan Uni-Power. Meskipun sosok Blue Hulk tidak muncul cukup lama, dia merupakan form yang paling kuat apalagi berkat adanya kekuatan dari Captain Universe.

Cerita tentang crossover Captain Universe ini memperlihatkan bagaimana kekuatan Uni-Power jika menyatu dengan para pahlawan Marvel lainnya. Uni-Power sendiri merupakan sebuah kekuatan kosmik yang berasal dari Enigma Force dan terhubung dengan Microverse. Titel Captain Universe sendiri sudah pernah jatuh ke beberapa orang, baik sosok karakter biasa maupun karakter ikonik Marvel seperti Spider-Man dan X-23.

Dalam komik ini, Bruce Banner menyatu dengan Uni-Power ketika Hulk mencoba untuk hidup sendiri (tapi gagal) di wilayah bersalju. Ketika Banner berhasil lolos dari jebakan beruang, tiba-tiba di dalam pikirannya ada yang berbicara tapi bukan itu bukanlah Hulk. Ketika akhirnya Uni-Power menyatu dengan Hulk, Bruce Banner mencoba untuk mencari tahu tentang apa sebenarnya Uni-Power.

Untuk memecahkan rasa ingin tahunya tersebut, akhirnya Bruce pergi menemui seorang ilmuwan bernama Doctor Wiles. Tapi, yang jadi masalah adalah Wiles sendiri berada di New York. Dan Bruce takut jika Hulk ada di wilayah perkotaan, maka dia akan merusak dan melukai orang-orang. Setelah sempat menolak, akhirnya Banner setuju untuk membantu Hulk memecahkan tentang Uni-Power.

Doctor Wiles menjadi sosok penting karena dia pernah juga menjadi host bagi kekuatan Uni-Power. Dia kemudian menjadi sosok Captain Universe untuk mencegah serangan teroris di sebuah pesawat terbang. Sejak saat itu, dia kemudian mulai meneliti tentang Uni-Power dan menggunakannya untuk kebaikan manusia.

Ternyata ada sosok lain yang mencari keberadaan Uni-Power, yaitu David Garrett. Dia merupakan seorang villain yang berusaha mencari keberadaan Uni-Power untuk sesuatu yang sudah dia rencanakan. Ketika Garrett mengetahui jika Uni-Power ada di dalam diri Bruce Banner, akhirnya Garrett pun menyerang Banner dan Hulk. Banner pun membiarkan Hulk keluar dari dalam dirinya dan menghancurkan berbagai pasukan milik Garrett.

Garrett kemudian menyerang Hulk dengan serangan radiasi, yang mana serangan tersebut membuat Hulk melemah. Sebelum kemudian Garrett memanfaatkan kesempatan tersebut, Dr. Wiles kemudian memberikan gerakan perubahan kepada Hulk yang membuat sosok Hulk kini berubah menjadi biru dan kekuatannya pun bertambah, berkat Uni-Power dalam diri Hulk.

Serangan Garrett terbukti tidak ada apa-apannya melawan Hulk berkekuatan kosmik. Setelah semua pertarungan tersebut selesai, Hulk kemudian pergi dan kekuatan Uni-Power kemudian berpindah ke sosok Daredevil. Kekuatan kosmik yang dimiliki Hulk ketika menyatu dengan Uni-Power hampir tidak terbatas.

Tapi, sayangnya kita masih belum tahu sampai sejauh mana kekuatan kosmik Hulk karena yang dilawan olehnya hanyalah pasukan robot biasa. Yang pasti, jika dibutuhkan Uni-Power bisa memberikan tambahan tenaga bagi penggunanya, bahkan kekuatan tersebut bisa mengguncangkan universe Marvel.

FOLLOW US