Spider-Cyborg

Selain menghadirkan Spider-Man dalam versi binatang, versi era 1920an, dan versi dari masa depan, multiverse Marvel juga menghadirkan sesuatu yang unik lainnya dari Spider-Man. Contohnya adalah Spider-Cyborg. Hal ini mengisahkan karakter Peter Parker yang hidup di masa pasca apokaliptik. Tapi, yang menarik dari timeline ini adalah dibandingkan dengan kekuatan tradisional, Peter mendapatkan tambahan kekuatan dari bagian robot yang diaplikasikan ke tubuhnya.

Kostum yang digunakan sama dengan versi Earth 616, tapi ada beberapa perubahan yang membuat tambahan bagian robot di tubuhnya bisa pas. Kemampuan Spidey bertambah dengan adanya kuku yang terbuat dari besi, peningkatan jarak pandang berkat alat yang dipasang di kepalanya, dan berbagai tambahan kekuatan lainnya. Meskipun dia sudah mati, ada masa dimana Spider-Cyborg jauh lebih kuat dibandingkan Spider-Man lainnya.

Peni Parker & SP/Dr

Buat Geeks yang sudah menonton film Spider-Man: Into the Spider-Verse tentu sudah tahu dengan karakter Spider-Man yang unik, Peni Parker. Peni Parker merupakan perwujudan dari sosok Peter Parker jika dia berasal dari Jepang dan merupakan karakter perempuan. Peni Parker memiliki kekuatan unik yang tidak dimiliki oleh Spider-Man lainnya di seluruh multiverse Marvel.

Bukan digigit, Peni justru bekerja sama dengan laba-laba yang terpapar radiasi. Peni bahkan memberikan nama SP//dr untuk laba-laba tersebut. Peni memang tidak memiliki kekuatan laba-laba, tapi dia memiliki kemampuan untuk “terhubung” dengan SP//dr yang membuatnya menjadi salah satu Spider-People paling kuat. Sayangnya, Peni Parker jarang sekali muncul di komik sejak pertama kali diperkenalkan pada 2014 lalu di komik Edge of Spider-Verse #5.

Miles Morales

Miles Morales menjadi salah satu versi alternatif Spider-Man yang paling difavoritkan. Setelah cerita tentang Ultimate Peter selesai, Miles Morales kemudian melanjutkan narasinya. Dia digigit oleh laba-laba yang berasal dari tempat yang sama yaitu Oscorp, ketika perusahaan tersebut mencoba untuk menciptakan ulang Spider-Man.

Setelah Peter tewas, Miles sadar jika dunia masih butuh Spider-Man dan akhirnya dia pun maju untuk mengisi kekosongan tersebut, dan memberikan perbedaan. Sebagian besar kekuatan Miles sama dengan Peter, tapi ada beberapa hal yang dimiliki oleh Miles yang tidak dimiliki Peter. Misalnya dia bisa memunculkan bioelectric shock yang bisa disalurkan ke jaring laba-labanya, dan kemudian menyetrum lawannya. Dia juga bisa menembakan langsung ke arah musuh dengan voltase yang sangat besar. Miles juga bisa berubah menjadi tidak terlihat, berkat teknologi yang ada di kostumnya.

Ghost Spider

Kita sudah mengetahui bahwa Ghost Rider pernah mashups dengan Red Hulk dan juga Venom Symbiote. Namun, selain pernah menyatu dengan karakter tersebut, di multiverse lain, pernah juga ada cerita yang memperlihatkan bagaimana Spider-Man menyatu dengan sosok Ghost Rider. Pada 2011 lalu, Marvel merilis sebuah komik spesial, yang terdiri dari tiga bagian, yang menceritakan sosok Spider-Man, Hulk, dan Deadpool.

Ceritanya sendiri dimulai dengan kisah Peter Parker, yang terkenal karena menjadi seorang pahlawan bernama the Amazing Spider. Dalam cerita tersebut Peter pergi ke multiverse lainnya dengan bantuan Paman Ben, menyerap tenaga dari Spider-Man lainnya dengan tujuan agar bisa melindungi bumi dari berbagai serangan. Namun, apa yang dilakukan oleh Peter tersebut justru malah memindahkan Peter Parker versi mainstream Marvel ke dunianya.

Paman Ben dan Amazing Spider kemudian memusuhi Peter, tapi untungnya Peter bisa membuat the Amazing Spider sadar bahwa apa yang dia lakukan tersebut salah. Uncle Ben mencoba untuk membunuh Peter, tapi Amazing Spider harus tewas karena melindungi Peter. Setelah berakhir di neraka, Doctor Strange dari realita tersebut kemudian menghidupkan kembali Amazing Spider dan merubahnya menjadi Ghost Spider versi laba-laba.

Cosmic Spider-Man Suit

Bagaimana jadinya jika salah satu kekuatan terkuat kosmik menyatu dengan sosok Spider-Man. Hasilnya adalah Cosmic Spider-Man, yang memiliki kekuatan yang hampir sama dengan kekuatan dewa. Hal itu bermula ketika sebuah kecelakaan di laboratorium membuat Peter Parker terkena efek dari Uni-Power, sebuah kekuatan dahsyat misterius yang berasal dari energi kehidupan di dunia ini.

Hal itu membuat banyak perubahan muncul dari Peter Parker. Contohnya adalah kostum yang terkena efeknya dan berubah menjadi mirip kostum yang digunakan oleh Captain Universe. kekuatan Uni-Power tersebut bukan hanya mempengaruhi kostum Spider-Man saja, tapi juga berpengaruh terhadap meningkatnya berbagai indra yang dimiliki, kekuatan, kecepatan, kemampuan untuk terbang, dan juga kemampuan telekinesis.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.