Dragon Ball Z merupakan salah satu seri pop kultur paling dicintai sepanjang waktu. Wajar saja, karena baik manga ataupun seri animenya sudah memiliki fans di hampir seluruh dunia. Ternyata kepopuleran dari seri manga Dragon Ball menginspirasi DC Comics untuk mereferensikan karakter mereka dalam ceritanya, dalam hal ini Goku diceritakan muncul dalam universe DC Comics.

Para fans memang tidak diperlihatkan bagaimana pertarungan antara Goku dan Superman, tapi tentunya mereferensikan karakter Dragon Ball paling populer tersebut di DC Universe tentunya merupakan salah satu fan service yang menarik. Bukan Superman, melainkan Jon yang merupakan anak dari Clark Kent dan Lois Lane, yang merupakan penggemar Goku.

Dalam komik Super Sons #1 yang ditulis oleh Peter J. Tomasi, diceritakan Damian Wayne menyusup ke kamar Jon saat dia akan tidur. Keduanya kemudian memutuskan untuk menginvestigasi keanehan yang ada di Lex Corp, tapi sebelum mereka berdua pergi, Lois mencoba untuk mengecek ke kamar anaknya karena dia mendengar suara.

Ketika Lois memanggil nama Jon, kita bisa melihat suliet Goku di poster kamar Jon. Poster tersebut memang berukuran kecil, tapi gambarnya sendiri sangat mirip dengan Goku. Selain Goku, bahkan di poster yang ukurannya besar disamping poster Goku terdapat sosok yang mirip dengan Naruto. Hal ini membuktikan bahwa DC Comics juga ter-influence oleh seri manga Jepang.

Selain poster yang ada di kamar Jon, referensi Dragon Ball Z lainnya di DC Universe muncul dalam komik The Flash terbaru dimana Pied Piper mencoba untuk memperbaiki koneksi Barry Allen dengan Speed Force, memperingati Barry bahwa setiap kali dia terlalu berlebihan menggunakan kekuatannya, maka dia beresiko akan menjadi “Super Saiyan”.

Tidak aneh memang jika komik dari barat mereferensikan seri manga Jepang, begitu pula sebaliknya, karena masing-masing mereka juga saling meng-influence. Jon Kent menjadi fans fari Goku bukan hanya menjadi sebuah cameo yang menarik, tapi juga semakin memperkuat citra Jon sebagai anak kecil. Bagaimana menurut kalian Geeks?

FOLLOW US