My Hero Academia merupakan salah satu seri yang paling populer saat ini, bersama dengan Demon Slayer, Attack on Titan, dan beberapa judul manga lainnya. Kesuksesan MHA memang tidak lepas dari apiknya cerita Izuku Midoriya yang berusaha untuk menjadi seorang pahlawan hebat, meskipun pada awalnya dia tidak memiliki kekuatan super apapun.

Cerita yang apik dan menarik tersebut tidak terlepas dari peran sang mangaka, yaitu Kohei Horikoshi. Yang menarik adalah jika sebagian besar mangaka Jepang dipengaruhi oleh mangaka Jepang lainnya, seperti Akira Toriyama, Eiichiro Oda, atau Fujiko F. Fujio, Horikoshi justru mendapatkan influence dari berbagai cerita komik barat, dalam hal ini DC dan Marvel.

Hal ini memang pernah Horikoshi sampaikan secara langsung, tapi sang mangaka pernah secara “eksplisit” menghadirkan berbagai karakter Marvel dan DC dalam cerita My Hero Academia yang menjadi bukti kuat dari apa yang pernah dia sampaikan. Hal ini bisa dilihat di volume pertama serinya. Dijelaskan bahwa sekitar 80% penduduk dunia (di universe MHA) memiliki kemampuan super dalam dirinya.

Serinya kemudian memperlihatkan sebuah panel yang berisi siluet dari tokoh karakter yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita seperti Spider-Man, Wolverine, Superman, dan sosok yang diperkirakan adalah Moon Knight atau Doctor Mid-Nite. Meskipun pengaruh terbesar Horikoshi adalah komik dari barat, seri MHA juga terinsiprasi dari berbagai karakter ikonik Jepang seperti Ultraman, Kamen Rider, dan Devilman.

Apa yang diperlihatkan oleh Horikoshi dalam panel di seri My Hero Academia – menghadirkan siluet berbagai karakter komik barat – dirasa sangat luar biasa. Karena, bisa dibilang sangat jarang manga dari Jepang menghadirkan secara eksplisit karakter dari komik barat. Hal ini juga seolah menunjukan bahwa karakter ikonik dari DC dan Marvel tersebut memang ada di universe My Hero Academia – meskipun hanya sebagai karakter “fiksional.”

Meskipun mungkin kesempatan untuk melakukan crossover sangatlah kecil, ini mungkin merupakan gambaran yang paling mendekati jika suatu hari nanti My Hero Academia memang memiliki kesempatan untuk melakukan kolaborasi atau crossover dengan DC atau Marvel. Mungkin akan terlihat luar biasa melihat All Might bersanding dengan Superman, kemudian Deku bertemu dengan Peter Parker dan bekerja sama menghadapi Doctor Doom dan Shigaraki. Untuk sementara para fans hanya bisa berandai-andai dahulu sampai kesempatan untuk berkolaborasi tiba.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.