Dari sekian banyak senjata dahsyat yang ada di Marvel Universe, hanya ada beberapa yang dianggap ikonik atau penting, seperti Mjolnir yang merupakan palu milik Thor. Thor dan Mjolnir merupakan satu paket yang hampir tidak bisa dipisahkan, karena sebagian kekuatan Thor ada di palu Mjolnir. Saking pentingnya Mjolnir bagi Thor, Marvel jarang sekali “memisahkan” Thor dan palu kesayangannya, kecuali dalam beberapa cerita tertentu.

Mjolnir sendiri pertama kali muncul dalam komik Journey Into Mystery #83. Meskipun Mjolnir sering kali diidentikan dengan Thor, mungkin banyak diantara Geeks yang belum tahu jika Mjolnir memiliki kelebihan atau sesuatu yang unik selain menghasilkan petir dan menjadi sumber kekuatan bagi Thor. Apa saja?

Mjolnir Adalah Benda Hidup

Jauh sebelum Thor lahir, Odin sudah menciptakan palu Mjolnir untuk membantunya melawan makhluk kosmik kuno yang disebut God Tempest. Odin kemudian memasukan God Tempest ke dalam potongan material Uru. Tujuan Odin melakukan tersebut adalah menjinakan sosok God Tempest dan memanfaatkan kekuatan dahsyat yang dimiliki oleh God Tempest tersebut.

Tapi, nyatanya tidak mudah bagi Odin untuk bisa menaklukan Mjolnir pada awalnya, bahkan Mjolnir sendiri masih bisa membantah perintah Odin. Akhirnya, Odin yang marah pun mengutuk Mjolnir bahwa tidak ada orang lain yang bisa menggunakannya selain Odin. Setelah ribuan tahun, God Tempest yang ada di dalam Mjolnir pun tewas dan Odin akhirnya bisa memanfaatkan kekuatan Mjolnir secara penuh.

Odin sendiri khawatir jika Mjolnir ini jatuh ke tangan yang salah, akhirnya selama ratusan dan ribuan tahun Mjolnir disimpan oleh Odin di Asgard. Dia sengaja mempersiapkan Mjolnir bagi anaknya, Thor, ketika dia dianggap sudah siap untuk bisa menggunakan palu tersebut. Meskipun God Tempest sudah mati, tapi kekuatannya masih tetap ada di dalam Mjolnir.

Sehingga terkadang Mjolnir bertindak sendiri, diluar keinginan Thor. Terkadang Mjolnir membantu penggunanya menemukan berbagai rahasia atau membantu penggunanya di medan perang. Yang unik adalah dalam komik Mighty Thor #12, Mjolnir bisa berubah bentuk menjadi humanoid dan berbicara dengan sosok Thor baru, Jane Foster.

Mjolnir Bisa Menembakan Energi

Thor biasanya menggunakan Mjolnir untuk memanipulasi cuaca dan menggunakan angin serta petir untuk digunakan sebagai sumber kekuatannya. Tapi, itu baru sedikit dari kemampuan Mjolnir. Kemampuan lainnya dari Mjolnir adalah mengeluarkan serangan berbasis energi.

Mjolnir bisa membuat Thor mengeluarkan tiga form yang sangat mematikan. Pertama adalah ‘God Blast,’ yaitu sebuah sinar yang sangat kuat yang berasal dari energi kehidupan Thor. Sinar ini sangat mematikan, bahkan mampu membunuh Celestials dan makhluk kosmik seperti Galactus. Kemudian ‘Anti-Force,’ yang mana kekuatannya mampu untuk menghancurkan sebuah planet dan menghancurkan musuh seperti Mangog. Dan yang ketiga adalah ‘Thermo-Blast,’ yaitu kekuatan energi yang bisa menghancurkan beberapa planet.

Mjolnir Bisa Merasakan dan Menyerap Energi

Salah satu kunci dari kekuatan Thor terhadap berbagai serangan adalah kemampuannya untuk menyerap energi. Tidak peduli apakah Thor terkena serangan sihir, laser atau gelombang elektromagnetik, Mjolnir akan selalu bisa mengembalikan serangan tersebut. Hampir semua jenis energi bisa diserap oleh Mjolnir, bahkan energi kehidupan seseorang juga bisa diserap oleh Mjolnir.

Selain bisa menyerap energi, Mjolnir juga bisa merasakan dan melacak berbagai energi yang asing dan tidak biasa, seperti energi mistis dan supranatural. Hal ini bisa membuat Thor melacak berbagai makhluk-makhluk sihir yang ada di Marvel Universe, dan Thor juga bisa merasakan keberadaan kekuatan sihir yang ada di sekitarnya.

Mjolnir Bisa Memanipulasi Sesuatu

Mjolnir bisa memanipulasi sesuatu sampai ke tingkat molekul. Jika diayunkan dalam cara tertentu, Thor bisa menggunakannya untuk membuka wormhole untuk sementara dan pergi ke berbagai dimensi juga realita. Thor juga menggunakan Mjolnir untuk mentransmisikan elemen dalam berbagai kasus, namun sering kali Thor melakukan hal ini dalam ketika dia sedang bertarung dengan Absorbing Man.

Dalam komik Journey Into Mystery #115, dengan menggunakan Mjolnir Thor merubah Absorbing Man menjadi helium. Mjolnir juga bisa memanipulasi molekul dari sang pengguna, merubahnya menjadi sosok yang tidak terlihat atau menjadi sosok yang tidak bisa dihancurkan.

Mjolnir Membantu Thor Berkomunikasi

Meskipun tidak terlalu sering diperlihatkan, Mjolnir juga terkadang membantu Thor sebagai alat bantu Thor untuk berkomunikasi selama berabad-abad. Salah satu kemampuan yang dimiliki oleh Mjolnir adalah ‘all-tongue’ dimana penggunanya akan memiliki kemampuan untuk bisa berkomunikasi dengan seluruh makhluk hidup dalam bahasa mereka.

Mjolnir juga bisa digunakan sebagai “transmitter” dimana Mjolnir bisa mengirimkan dan menerima pesan dari jarak yang jauh dan juga antar dimensi. Hal ini memungkinkan Thor untuk bisa tetap berkomunikasi dengan keluarganya atau siapapun di seluruh alam raya Marvel. Yang menarik juga adalah Mjolnir bisa menghadirkan peristiwa-peristiwa yang sudah lampau, sehingga membantu Thor dan lawan bicaranya mengerti pesan yang dimaksud.

Kemampuan untuk menggunakan Mjolnir sebagai transmitter ini merupakan salah satu kekuatan yang ada di Mjolnir baru milik Thor. Masih kita tunggu apakah Marvel akan menggunakan kemampuan ini lagi di komik Thor yang akan datang.

FOLLOW US