Ultra Instinct merupakan salah satu teknik terkuat yang ada di dunia Dragon Ball. Untuk bisa mendapatkan kemampuan atau teknik ini tidaklah mudah, bahkan bagi seorang dewa penghancur sekalipun. Kemampuan Ultra Instinct membuat tubuh penggunanya bisa bereaksi cepat dan bertarung secara mandiri, tanpa harus dipengaruhi oleh pikiran dan emosi. Meskipun teknik ini sangat sulit untuk didapatkan, ada beberapa karakter yang memiliki potensi untuk mendapatkannya. Siapa saja?

Vegeta

Vegeta memang merupakan karakter yang tidak akan pernah mau mengalah dari sosok Goku, dalam masalah kekuatan. Vegeta selalu bermimpi suatu hari nanti dia akan bisa melewati kekuatan Goku. Meskipun dia sudah menjadi salah satu karakter terkuat di seriesnya, Vegeta sepertinya merasa kalau dia masih belum cukup kuat dan perlu mempelajari teknik Ultra Instinct.

Dengan melatih jiwanya dengan para penduduk di planet Yarddrats dalam arc Galactic Patrol Prisoner, satu langkah lagi maka Vegeta akan bisa mendapatkan kekuatan dari Ultra Instinct. Meskipun dia sangat ingin meraih kekuatan tersebut dengan caranya sendiri, besar kemungkinan dia pada akhirnya akan mendapatkan kemampuan untuk mengakses Ultra Instinct.

Beerus

Beerus merupakan dewa kehancuran dari Universe 7, dan merupakan salah satu karakter terkuat di seriesnya dan di universenya. Beerus diketahui memiliki kemampuan untuk mengakses teknik Ultra Instinct, meskipun sama seperti Goku, kemampuannya tersebut masih belum sempurna. Beerus masih butuh waktu lagi untuk bisa menguasai sepenuhnya kemampuan Ultra Instinct dan benar-benar menjadi sosok yang paling kuat diantara yang lain.

Champa

Champa merupakan saudara dari Beerus dan merupakan dewa kehancuran dari Universe 6. Sama seperti Beerus, Champa juga merupakan karakter yang sangat kuat dan sudah dilatih dengan sangat keras oleh Vados. Champa seperti tahu teknik Ultra Instinct, tapi dia sepertinya tidak tahu bagaimana menggunakan teknik atau kemampuan tersebut. Menjadi seorang dewa kehancuran, rasanya wajar jika kemudian Champa memiliki kemampuan untuk menguasai teknik Ultra Instinct, jika memang dia mau berlatih dengan keras. Champa mungkin bisa mengikuti jejak Beerus untuk hal ini.

Gohan

Gohan merupakan anak dari pasangan Goku dan Chi-Chi, yang mana membuat Gohan menjadi separuh Saiyan dan separuh manusia. Gohan dikenal sebagai sosok yang sangat kuat, sama seperti ayahnya. Tapi, karena banyaknya tugas yang dia harus kerjakan membuat Gohan tidak bisa berlatih dengan serius. Selepas Tournament of Power, kini Gohan mulai kembali berlatih dengan keras.

Ada kemungkinan di masa depan, universe Dragon Ball akan mengalami sebuah kekacauan dan bencana besar lagi dan Gohan yang harus maju untuk mengatasi semua itu. Untuk alasan itulah banyak fans yang berharap jika Gohan akan tumbuh menjadi lebih kuat lagi. Gohan belajar tentang Ultra Instinct dari Merus, Gohan bisa melakukan hal yang sama seperti ayahnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.