Dalam film Godzilla: King of the Monsters, Rodan bekerja sama dengan Ghidorah untuk melawan Godzilla dan Mothra. Padahal biasanya, Rodan selalu menjadi sekutu Godzilla yang setia. Tetapi dalam versi MonsterVerse kemarin, persekutuan Rodan dan Godzilla dikesampingkan. Rodan pun tidak bertemu Godzilla hingga adegan terakhir film, saat keempat Titan (Godzilla, Mothra, Ghidorah, Rodan) saling bertarung di Boston. Mengapa hal itu bisa terjadi?

Well, kita coba flashback dulu ceritanya ya Geeks. Dalam film Godzilla: King of the Monster, Rodan muncul dari dalam gunung berapi setelah ia dibangunkan oleh Ghidorah. Tak lama kemudian, Rodan sadar bahwa ia harus berhadapan dengan Ghidorah. Keduanya terlibat pertarungan sengit, namun juga singkat, dengan Ghidorah yang muncul sebagai pemenang.

Setelah pertarungan, Rodan terlihat bersama Ghidorah yang mendapat gelar Raja Monster. Kemudian Rodan membantu Ghidorah dengan menghentikan Mothra dan Godzilla. Rodan sempat terluka parah oleh Mothra, tetapi Rodan berhasil selamat dari kejadian tersebut dan menyaksikan kekalahan Ghidorah di tangan Godzilla. Di akhir film, Rodan kemudian bergabung dengan Behemoth, Scylla, Methuselah, dan M.U.T.O dan mereka baru mulai tunduk kepada Godzilla yang sudah merebut gelar Raja Monster dari Ghidorah.

Jadi mengapa dalam film Rodan memutuskan bergabung dengan Ghidorah? Sutradara dari film Godzilla: King of the Monster yaitu Mike Dougherty telah menjelaskan bahwa sejak awal ia ingin Rodan menjadi sekutu Godzilla. Tapi kemudian Dougherty mengubah ide itu karena jika Godzilla, Rodan, dan Mothra berada dalam satu tim yang sama untuk melawan Ghidorah, maka itu menjadi pertarungan 3 lawan 1 yang tidak adil.

Dougherty lalu menunjukan bahwa pertarungan 3 lawan 1 sebelumnya pernah ada di film Ghidorah, the Three-Headed Monster (1964). Film tersebut memperkenalkan Ghodirah, dan menjadi film pertama yang memperlihatkan persekutuan Rodan dan Godzilla. Di sana, kita bisa melihat bagaimana ketiga titan yaitu Godzilla, Rodan, dan Mothra saling membantu demi mengusir Ghidorah dari bumi.

Rodan juga pernah bersekutu bersama Godzilla dalam film Invasion of Astro-Monster, Destroy All Monsters, dan Godzilla vs Mechagodzilla II. Jadi selama bertahun-tahun, Godzilla dan Rodan telah menjadi monster raksasa Toho yang paling ikonik. Perlu dicatat bahwa sebelum film King of the Monster ada, Rodan tidak pernah mau membantu villain utama (seperti Ghidorah) dalam sebuah film. Satu-satunya moment saat Rodan tidak menjadi sekutu Godzilla adalah dalam film Godzilla: Final Wars, ketika Rodan saat itu dikendalikan oleh alien.

Agak disayangkan memang ketika melihat persekutuan antara Rodan dan Godzilla tidak diperlihatkan sejak awal dalam film Godzilla: King of the Monster. Tentu akan sangat menyenangkan jika melihat Rodan menyerang Ghidorah sejak awal filmnya. Tapi keputusan yang diambil Dougherty sepertinya menjadi keputusan yang tepat untuk membuat keseimbangan dalam filmnya.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/