Selalu muncul perdebatan sengit di kalangan para fans Marvel Universe terkait dengan bahan material apa yang paling kuat dan sulit dihancurkan, antara Adamantium ataupun Vibranium. Jika dilihat dari sudut pandang versi live action di Marvel Cinematic Universe, argumen tersebut terbukti tidak valid atau tidak benar. Ada satu material yang muncul di MCU yang kekuatannya bahkan melebihi Adamantium ataupun Vibranium, yaitu Dargonite.

Jika material Dargonite terdengar asing di telinga Geeks, memang wajar karena material ini kurang begitu populer jika dibandingkan dengan Vibranium dan Adamantium karena jarang ditampilkan oleh Marvel. Tapi, yang pasti Dargonite sudah terbukti menjadi material yang paling kuat dan memiliki durabilitas yang lebih tangguh dibandingkan Vibranium dan Adamantium.

Apa Itu Dargonite?

Dargonite merupakan sebuah lapisan material keras yang berasal dari masa depan. Nama Dargonite juga diambil dari nama karakter Dargo Ktor, Thor yang berasal dari Earth – 8710 – Earth 616 dalam versi abad ke 26. Dalam cerita komiknya, Dargonite sudah terbukti sangat kuat bahkan dibuktikan dengan bisa menghancurkan material Adamantium.

Dalam salah satu cerita, armor milik Mayor Vence Astro yang terbuat seluruhnya dari Adamantium, harus hancur terkena peluru senapan yang terbuat dari Dargonite yang ditembakan oleh Punisher dari Earth 691. Meskipun menjadi bahan material terkuat, sayangnya tidak banyak informasi tentang Dargonite. Karena namanya diambil dari sosok Thor masa depan, bisa jadi Dargonite merupakan material keras yang mirip seperti Uru, material yang membentuk palu Mjolnir dan Stormbreaker.

Tapi, jika memang mirip dengan uru, tentunya perlu diketahui lagi bahan mineral apa yang menjadi campuran Dargonite. Meskipun banyak fans yang juga berdebat apakah Dargonite memiliki  isotop (atau fragmen) dari Adamantium dan Vibranium di dalamnya, yang pasti Dargonite bisa menjadi material penghancur untuk material yang katanya tidak bisa dihancurkan yaitu Adamantium dan Vibranium.

Dargonite di MCU

Dargonite kemungkinan sudah muncul di MCU, tepatnya di film Avengers: Infinity War dan Endgame. Bukti pertama adalah di film Infinity War, ketika Corvus Glaive berhasil menembus dan melukai tubuh Vision. Meskipun mungkin pada awalnya terlihat tidak ada yang salah, perlu diingat bahwa Ultron membuat tubuh Vision dari material Vibranium.

Vibranium dikenal karena kemampuannya untuk menyerap kejutan (shock), sehingga seharusnya senjata milik Corvus Glaive tidak melukai atau mengenai kulit Vision. Tapi, yang terjadi justru sebaliknya. Contoh lainnya yang paling nyata adalah ketika Thanos menghancurkan tameng Captain America dengan menggunakan dual-blade miliknya di akhir film Endgame.

Hal tersebut seharusnya tidak mungkin terjadi, kecuali pedang Thanos terbuat dari Dargonite. Untuk seseorang seperti Thanos yang senang berpetualang ke penjuru alam raya, mungkin dia menemukan material unik dan mencampurkannya untuk mendapatkan sebuah senjata yang sama sekali tidak bisa dihancurkan.

Dargonite di Masa Depan

Jika Dargonite merupakan material keras yang secara teknik ada di MCU, ada kemungkinan jika makhluk kosmik bisa membuat senjata dari material ini. Ada kemungkinan di film Thor: Love and Thunder, Mjolnir akan kembali dibuat dengan menggunakan berbagai senjata tua yang hancur untuk kemudian dilebur dan dibentuk kembali. Mungkin ini bisa menjadi penjelasan mengapa Jane Foster mendapatkan kekuatan Thor.

Jika memang begitu, mungkin Thor nanti akan mencampurkan material Vibranium dengan Uru sehingga terciptalah sebuah Mjolnir yang sangat dahsyat. Di komiknya, Ultron yang kalah mampu melemparkan kesadarannya ke luar angkasa, membuatnya bisa menaklukan berbagai planet lain. Mungkin Ultron juga akan kembali ke MCU, mempelajari tentang Dargonite dari senjata Thanos. Intinya material kuat ini menjadi elemen penting di MCU.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.