Tanpa disadari oleh Big Mom dan Kaido, Luffy dan yang lainnya sudah tiba di Onigashima. Berkat kemampuan Kinemon, semua orang menggunakan pakaian yang sama dengan anak buah Kaido lainnya demi bisa membaur dan menyusup dengan aman. Sebagian kru Topi Jerami pun sudah membagi tugas masing-masing. Jika Luffy pergi membaur dengan kru Kaido lain, dan Zoro mencoba untuk menyusul Luffy, kru yang lain menyebar.

Franky pergi bersama Brook, Usopp pergi bersama Nami, Carrot, Chopper dan Sanji. Jinbei akhirnya pergi berjalan kaki bersama dengan Robin. Tapi, yang menjadi misteri adalah ada sosok bayangan hitam yang mengawasi pergerakan Robin dan Jinbei. Mungkin sosok misterius tersebut sudah ada sebelumnya, memperhatikan apa yang sebenarnya dilakukan kru Topi Jerami. Siapa sebenarnya sosok misterius tersebut?

Yamato

Nama Yamato akhirnya disebutkan oleh Kaido di chapter 978 kemarin. Yamato, seperti yang kita tahu merupakan anak laki-laki Kaido. Tapi, masih belum diketahui bagaimana Kaido bisa mendapatkan sosok Yamato. Apakah hasil dari hubungannya dengan Big Mom? Atau ada wanita lain. Yamato merupakan karakter yang paling banyak dicurigai oleh para fans.

Dari segi desain karakternya, memang nampak asing alias baru pertama kali diperlihatkan. Jadi, kemungkinannya adalah sosok bayangan tersebut merupakan karakter baru, yang mana adalah Yamato, atau karakter lama yang ikut menyamar menggunakan pakaian anak buah Kaido. Mengapa Yamato memutuskan untuk mengawasi Robin dan Jinbei? Apakah Yamato memiliki rencana sendiri, misalnya membantu kru Topi Jerami mengalahkan ayahnya?

Tama

O-Tama memang masih sangat kecil untuk ikut dalam sebuah pertempuran. Tapi, Tama bisa menjadi senjata andalan dalam peperangan ini. Pasalnya, kekuatan dango yang diambil dari pipinya bisa mengendalikan para pengguna buah iblis SMILE. Hal ini sebelumnya pernah dipraktikan saat Tama dan Luffy serta Raizo berada di penjara tambang Udon. Jika memang sosok tersebut adalah Tama, tentunya hal tersebut bisa menjadi sebuah cara untuk membalikan keadaan. Tapi, mungkin rasanya tidak etis juga memperlihatkan anak kecil bertarung dalam pertempuran besar.

Caribou

Meskipun kemungkinannya kecil, tapi bukan berarti dia tidak memiliki peran sama sekali dalam pertempuran ini. Caribou sendiri terakhir kali muncul di chapter 940, di dalam penjara Udon. Caribou ikut membantu membebaskan Raizo, dan juga ikut membantu memutuskan jalur komunikasi Udon. Setelah Luffy dan yang lain berhasil bebas dari Udon, nasib Caribou masih belum diketahui sampai sekarang.

Hiyori

Sama seperti Caribou, kemungkinan ini sepertinya kecil tapi bukan berarti tidak mungkin. Hiyori memiliki dendam yang sangat mendalam terhadap Orochi dan Kaido, karena mereka berdua sudah membunuh ayahnya, Kozuki Oden. Selain Hiyori, Momonosuke juga menaruh dendam kepada Kaido dan Orochi. Sayang, Momonosuke “terjebak” di usianya yang masih kecil sehingga tidak bisa berbuat banyak. Di beberapa chapter sebelumnya disebutkan jika Kanjuro akan pergi menemui hiyori dan membunuhnya. Tapi, apakah rencana Kanjuro berhasil dan Hiyori ada di Wano?

Basil Hawkins

Basil Hawkins merupakan bajak laut yang “menangkap” Trafalgar Law di wilayah kota Wano. Hawkins sendiri sekarang menjadi bagian dari Headliners kru Bajak Laut Beasts. Tapi, dalam pertarungan lainnya dengan Law, Hawkins harus mengakui kekuatan Law dan akhirnya Law pun bisa kabur dari tempat dia diculik. Hawkins mungkin akhirnya sadar bahwa kekuatan aliansi Luffy bisa membantunya untuk mengalahkan Kaido, atau bisa jadi Hawkins mengumpulkan informasi untuk kemudian diberikan kepada Kaido dan Orochi.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.