Meskipun pada awalnya sempat diremehkan, Blackbeard kini mulai berkembang menjadi karakter antagonis yang harus diwaspadai oleh Luffy. Blackbeard pada awalnya adalah seorang kru biasa, sampai kemudian dia membunuh rekannya sendiri demi buah iblis. Ace sempat mengejar keberadaan Blackbeard, tapi nyatanya dia terlalu kuat bagi Ace. Hasilnya Ace berhasil dikalahkan, diserahkan kepada angkatan laut untuk dieksekusi.

Kekuatan Blackbeard juga semakin bertambah, dengan dia sekarang yang memiliki dua buah iblis. Hal ini membuat Blackbeard menjadi satu-satunya orang yang memiliki kemampuan tersebut, karena jika hal ini terjadi kepada karakter biasa mereka mungkin sudah tewas. Selain kekuatan, ada beberapa alasan lainnya yang membuat Blackbeard menjadi lawan terberat Luffy. Apa saja?

Menangkap Ace dan Menyerang Shanks

Sakauzuki memang orang yang membunuh Ace, tapi Blackbeard adalah orang yang membuat Ace tertangkap dan menyerahkannya kepada pihak angkatan laut. Padahal, Ace dan Blackbeard dulu merupakan rekan satu kapal di kru Whitebeard. Tapi, Ace tidak bisa tinggal diam ketika mengetahui bahwa rekannya Thatch, dibunuh oleh Blackbeard. Hal itu melanggar etika di kapal Whitebeard.

Meskipun awalnya Ace berada di atas angin, tapi Blackbeard kemudian mengeluarkan kemampuan dahsyat dari buah iblis Yami Yami dimana dia menetralkan kemampuan buah iblis Ace dengan menyentuhnya. Selain menangkap Ace, Blackbeard juga pernah berurusan dengan Shanks dan kabarnya bekas cakaran di wajah Shanks merupakan hasil pertarungannya dengan Blackbeard.

“Lawan” Dari Luffy

Jika dalam cerita DC kita mengenal sosok Reverse Flash, maka Blackbeard bisa dianalogikan sebagai Reverse Luffy. Blackbeard merupakan orang yang memiliki cita-cita tinggi, menjadi seorang raja bajak laut dan menjadi bajak laut berkuasa di seluruh Grand Line. Luffy juga sama, memiliki cita-cita menjadi raja bajak laut. Tapi, yang membedakan kedua karakter ini adalah bagaimana mereka meraih cita-cita tersebut.

Blackbeard rela melakukan berbagai macam cara, termasuk cara-cara yang jahat, untuk mewujudkan mimpinya. Contohnya adalah membunuh rekan satu kapalnya. Lain halnya dengan Luffy, yang butuh proses dan perjuangan yang panjang untuk mencapai titik tersebut. Jika Luffy berusaha untuk mencari teman sebanyak-banyaknya, Blackbeard justru menusuk mereka dari belakang.

Pengkhianat

Seperti yang dijelaskan di atas, Luffy memiliki prinsip dan filosofi untuk berteman dengan banyak orang. Bagi Luffy, krunya bukan hanya sekedar kru biasa melainkan sudah menjadi temannya. Tidak hanya itu, dia juga menganggap teman untuk orang-orang yang baik kepadanya (bahkan orang yang belum dikenal Luffy sekalipun). Contohnya adalah Hacchi, Shirahoshi, dan masih banyak lainnya.

Hal itu tentu akan semakin mempermudah jalan Luffy menjadi raja bajak laut. Berbeda dengan Blackbeard yang tidak mengenal kata loyalitas atau kesetiaan. Blackbeard tidak segan untuk menghabisi nyawa rekannya yang sudah lebih dari 30 tahun bersama. Blackbeard juga tidak mengenal istilah sahabat atau rekan, karena yang dia pilih adalah mereka yang terkuat. Seperti yang dia lakukan di Impel Down.

Kekuatan

Meskipun tidak ada konfirmasi resmi, Blackbeard bisa dibilang merupakan orang yang paling kuat dalam cerita One Piece untuk saat ini. Dengan struktur tubuh yang aneh, Blackbeard memiliki dua kekuatan buah iblis paling kuat di jenisnya yaitu Gura Gura no Mi dan Yami Yami no Mi. Yami Yami merupakan buah iblis Logia terkuat, sedangkan Gura Gura merupakan buah iblis dengan jenis Paramecia terkuat.

Blackbeard menjadi satu-satunya orang yang memiliki kemampuan tersebut. Satu buah iblis saja bisa membuat Luffy kewalahan, sedangkan Blackbeard memiliki dua buah iblis terkuat. Luffy tentunya harus meningkatkan kemampuannya sebelum bertarung melawan Blackbeard. Apalagi, sejauh ini kita baru diperlihatkan sekilas tentang kemampuannya. Kita tidak tahu sampai sejauh mana level kekuatan Blackbeard.

Rival Raja Bajak Laut

Jalan untuk menjadi seorang raja bajak laut bagi Monkey D. Luffy tentunya tidak akan mudah. Dia harus melewati berbagai cobaan dan rintangan yang datang menerjang. Tanpa adanya rintangan, tentunya tidak ada gunanya Luffy menjadi seorang raja bajak laut. Blackbeard merupakan contoh nyata dari karakter yang bisa mengancam mimpi Luffy sebagai raja bajak laut. Blackbeard juga menjadi satu-satunya kandidat lain selain Luffy yang diperkirakan bisa mencapai Laugh Tale.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.