Rivalitas antara Captain America dan Iron Man bukan hanya terjadi di film Captain America: Civil War saja. Jauh sebelumnya, Tony Stark dan Steve Rogers sudah saling berselisih paham dan menjadi rival di Marvel Comics. Terkadang perbedaan pendapat mereka hanya sekedar pada batas argumen saja, tapi ada juga yang membuat perbedaan pendapat tersebut menghasilkan sebuah pertarungan. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Masa Lalu vs Masa Depan

Perbedaan yang paling jelas dari Tony Stark dan Steve Rogers adalah mereka berasal dari masa yang berbeda, dan perbedaan cara pandang tentang dunia. Steve lahir di awal abad ke 20 dan selalu berusaha nostalgia dengan masa tersebut sedangkan Tony lahir pasca perang dunia, dan selalu melihat ke masa depan.

Steve selalu menganggap masa depan adalah masa yang kompleks, berbeda dengan era perang dunia kedua dimana baik dan jahat terlihat jelas. Tony justru mendukung kompleksitas era modern, dan bahkan bercita-cita membuat sebuah dunia yang sangat modern sehingga membuat Steve tidak bisa lagi mengenal dunia ini.

Idealisme vs Pragmatisme

Meskipun impian dan keinginan Tony Stark terdengar sebagai sesuatu yang bagus dan menarik, tapi ada sesuatu yang mengganjal dalam pola pikir Tony tersebut. Pola pikir Tony tentang masa depan, mendukung adanya perubahan dan akselerasi kekuatan teknologi, meskipun Tony tidak sampai berpikir kesana. Tony selalu berpikir bahwa teknologi akan bisa menuntaskan semua.

Lain halnya dengan Steve yang berpikir “kolot,” dimana menurutnya sikap positif merupakan sesuatu yang utama. Bila sikap seseorang sudah positif, maka semuanya bisa dengan mudah dirubah. Pola pikir Steve ini yang sering kali menimbulkan “gesekan” dengan Tony, karena hal ini tidak sejalan dengan pola pikir Tony.

Percaya Diri vs Keberanian

Captain America dan Iron Man sama-sama seorang pemimpin, dan perbedaan cara pandang mereka terhadap dunia akan menentukan bagaimana cara mereka memimpin. Keduanya memiliki visi yang berbeda untuk Avengers, dan mereka juga sudah sering kali bertarung karena masalah perbedaan ini. Steve memiliki kepercayaan tinggi terhadap apa yang dia yakini, tapi kepercayaan diri Tony berasal dari arogansinya dan sebuah sikap dimana dia merasa bahwa dia tahu segalanya dibandingkan orang lain.

Perbedaan Kelas

Selain berasal dari era yang berbeda, keduanya juga berasal dari status sosial yang berbeda. Steve Rogers berasal dari anak seorang imigran yang tumbuh miskin di wilayah Brooklyn. Tony Stark hidup dalam limpahan kemewahan di Long Island. Jadi, mudah untuk dipahami mengapa Steve memiliki pandangan yang berbeda kepada Tony. Dan sama halnya dengan Tony kepada Steve. Keduanya dibesarkan dengan situasi dan lingkungan yang berbeda.

Armor Wars

Seperti yang disebutkan di atas, perbedaan sikap membuat Tony dan Steve pernah saling baku pukul. Ada dua cerita yang bisa mewakili hal ini, pertama adalah cerita Armor Wars dalam komik Iron man. Dalam ceritanya diperlihatkan jika Tony Stark marah ketika mengetahui bahwa teknologi yang dia ciptakan dicuri dan direplikasi oleh kelompok lainnya.

Dia pun mulai memburu siapapun, hero maupun villain, yang menggunakan teknologi armor. Salah satunya adalah Guardsmen, pasukan yang diterjunkan oleh SHIELD dan pemerintah Amerika untuk mengawasi berbagai aktivitas kekuatan super. Iron man menyerang para Guardsmen, yang beranggapan bahwa mereka mencuri teknologi Stark Tech. Steve mencoba untuk menghentikan Tony, tapi berujung dengan baku hantam.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

FOLLOW US