Thor

Pada 2003, negara Slokovia menghancurkan Church of Thor dan membunuh banyak pengikutnya. Mengetahui hal tersebut Thor pun marah besar. Dia pergi ke negara tersebut dan mulai menghancurkan semuanya dengan palu Mjolnirnya. Para Avengers pun tiba di Slokovia dan mencoba untuk menghentikan Thor yang sedang marah, dengan berbicara baik-baik. Sayangnya, upaya tersebut sia-sia dan justru membuat Captain America dan Thor bertarung, dan menghancurkan tameng milik Captain America dengan mengunakan Mjolnir.

Ultron

Dalam komik Age of Ultron, kita diperlihatkan bagaimana situasi kota New York yang hancur. Selain itu, hampir seluruh pahlawan super yang ada di bumi terbunuh atau bersembunyi. Setelah menyelamatkan Spider-Man, para Avengers yang tersisa mencoba untuk berkumpul kembali menyusun rencana untuk mengalahkan Ultron dan pasukan robotnya.

Ketika mereka bertemu, para Avengers tersebut menemukan Steve Rogers yang sedang duduk di pojokan sambil bersedih. Pemandangan yang begitu mengharukan, bagaimana Steve duduk lesu disamping tamengnya yang sudah hancur. Meskipun tidak diketahui siapa yang menghancurkan tameng tersebut, tapi kemungkinan besar Ultron sendiri yang melakukannya atau para Sentinel.

Doctor Doom

Doctorm Doom bukan hanya merupakan salah satu supervillain yang paling cerdas di Marvel Universe, tapi juga salah satu yang paling kuat. Meskipun sering kali Doctor Doom menjadi villain bagi Fantastic Four, tidak jarang juga Doom menjadi villain kuat bagi para Avengers. Salah satu contohnya adalah dalam salah satu event populer yaitu Secret Wars.

Dalam cerita tersebut Doctor Doom diceritakan berhasil mencuri kekuatan kosmik milik the Beyonders. Setelah mencuri kekuatan tersebut, Doom menggunakannya untuk menghancurkan para pahlawan yang tersisa – sekitar 21 orang pahlawan – dan diantara pahlawan tersebut, Captain America adalah salah satu diantaranya. Kita kemudian diperlihatkan bagaimana Captain America tergeltak tidak berdaya diantara reruntuhan, dengan tamengnya yang sudah hancur.

Hyperion

Hyperion bisa dibilang merupakan karakter yang paling kuat, mirip seperti Superman. Bertahun-tahun sebelum dia bertemu dan bertarung dengan Steve Rogers, Hyperion pernah mencoba untuk menguasai bumi, tapi para penduduknya melawan. Mereka kemudian memulai perang nuklir yang berakibat pada musnahnya seluruh penduduk manusia, kecuali Hyperion.

Setelah tinggal sendirian di Earth-4023, Hyperion kemudian berhasil diselamatkan dan membentuk tim Weapon X. Tim tersebut sering kali melintasi berbagai dimensi dan realita untuk menguasai bumi di multiverse Marvel. Tidak jarang dia bertemu dengan perlawanan dari para pahlawan, seperti yang terjadi di Earth-4400. Steve Rogers berusaha untuk menghentikan Hyperion, yang justru berakibat tamengnya hancur dan nyawanya yang menghilang.

Thanos

Film Avengers: Endgame bukanlah yang pertama kali Thanos menghancurkan tameng Captain America. Mad Titan juga pernah melakukannya dalam komik yang menginspirasi cerita The Infinity Saga, yaitu The Infinity Gauntlet yang dirilis pada 1991. Ceritanya sendiri dimulai seperti akhir film Infinity War, Thanos berhasil melakukan Decimation dan menghilangkan separuh penduduk alam raya Marvel.

Para pahlawan yang tersisa muncul dan berkumpul, dimana mereka mencoba untuk menghentikan Thanos sekaligus mengembalikan semuanya seperti semula. Tapi, nyatanya Thanos adalah sosok yang tidak mudah untuk dikalahkan. Steve Rogers, salah satu pahlawan yang ikut bertarung melawan Thanos, harus kalah dan mengakui kekuatan Thanos. Thanos bahkan sampai menghancurkan tamengnya.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.