Ketika Thanos berhasil menghancurkan tameng ikonik Captain America dalam film Avengers: Endgame, hal tersebut membuat banyak fans terkejut. Tetapi, tidak dengan para fans yang mengikuti cerita komik. Buat Geeks yang belum mengetahui fakta ini, sebenarnya Captain America pernah mengalami kejadian dimana tamengnya harus hancur atau rusak di komiknya beberapa kali.

Baik pahlawan ataupun villain pernah menghancurkan tameng milik Captain America. Mengapa tameng yang terbuat dari bahan paling kuat di dunia Marvel yaitu Vibranium, bisa hancur? Apa yang sebenarnya terjadi? Berikut adalah para karakter yang pernah menghancurkan tameng milik Captain America.

Molecule Man

Molecule Man adalah villain dari era Silver Age komik yang pernah berselisih dengan Captain America di era 1980an. Dalam komik Avengers #215, Molecule Man dan topinya yang unik kembali muncul dari masa hiatusnya setelah Silver Surfer mengambil tongkatnya. Molecule Man kemudian berusaha untuk mengambil kembali tongkat miliknya, dengan mengerahkan kekuatannya untuk mengendalikan molekul. Hasilnya, bukan hanya Molecule Man menghancurkan tameng milik Captain America tapi juga menghancurkan papan milik Silver Surfer dan juga Mjolnir.

Living Laser

Living Laser pertama kali bertarung melawan Captain America tepat setelah dia melakukan debutnya di komik Avengers #34. Arthur Park bukan hanya sekedar menjadi musuh Iron Man, tapi sebelumnya dia juga pernah berurusan dengan Steve Rogers. Meskipun kemampuan Steve Rogers berkembang dengan baik, sayangnya tamengnya tidak. Akibatnya, tameng Captain America selalu hancur saat bertarung melawan Living Laser. Baru setelah Steve membuat tamengnya dari campuran Vibranium dan baja, tamengnya hampir tidak bisa dihancurkan.

Ultimate Valkyrie

Alternatif universe selalu menyenangkan untuk mengeksplor berbagai hal yang baru, dan menarik. Contohnya adalah Ultimate Universe, salah satu universe alternatif yang ada di Marvel Comics. Meskipun banyak yang berbeda di universe tersebut, satu hal yang tidak berubah adalah Valkyrie tetap menjadi salah satu karakter yang paling kuat.

Hal tersebut dibuktikan ketika dia menghancuran tameng milik Captain America, dalam sebuah pertarungan yang brutal. Tapi, sebenarnya pertarungan tersebut bukan sepenuhnya salah Valkyrie. Enchantress mengeluarkan mantra sihir yang kemudian bisa mengendalikan Valkyrie, memaksanya bertarung dengan orang-orang yang biasanya bertarung bersamanya. Mengetahui hal ini Valkyrie pun marah dan Captain America mendapatkan tamengnya utuh kembali.

The Serpent

The Serpent merupakan villain lama Marvel yang akhirnya mendapatkan momennya dalam seri Fear Itself. The Serpent merupakan seorang dewa Nordik untuk rasa takut. The Serpent merupakan saudara dari Odin dan merupakan paman dari Thor dan Loki. Anak dari Red Skull, Sin, membebaskan The Serpent dari penjara, dan dewa rassa takut itu pun mulai menyebarkan ketakutan di seluruh dunia.

Ketika Avengers muncul dan mencoba untuk meminta baik-baik The Serpent agar dia mengehentikan apa yang dia lakukan, sayangnya The Serpent justru membuktikan kekuatan Asgardnya dengan menghancurkan tameng milik Captain America dengan tangan kosong. Thor kemudian membunuh The Serpent, tapi dia berhasil kembali hidup. Dia kemudian mencoba bertarung melawan Jane Foster dan kembali gagal.

King Thor

Dalam salah satu alternatif timeline, Thor berhasil mendapatkan kekuatan besar yang cukup untuk membengkokan tameng Captain America. Tapi, di alternatif timeline yang lain Thor berhasil mencapai sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh Avengers lainnya yaitu menghancurkan tameng Captain America. Hal ini terjadi ketika King Thor mencoba untuk ikut campur dalam mengurusi kehidupan di luar Asgard.

Hal itulah yang membuat Thor akhirnya memutuskan untuk memindahkan Asgard ke New York. Awalnya Thor dianggap sebagai dewa oleh para manusia, yang mana hal itu tidak disetujui oleh pemerintah Amerika. Akhirnya Captain America dan para Avengers coba untuk menghancurkan Thor, yang sayangnya, berkat kekuatan Odinforce dan Rune Magic, King Thor menjadi tidak terkalahkan. Ketika Cap mencoba menyerangnya, Thor menghancurkan tamengnya dan membunuhnya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

FOLLOW US