Ace merupakan salah satu tokoh penting dalam cerita One Piece. Dia merupakan saudara – meskipun bukan sedarah – dari Sabo dan Luffy. Kematian Shanks di Marineford, menjadi salah satu momen yang paling monumental dalam seri ini.selain kematiannya, satu hak yang diingat dari sosok Ace adalah dia merupakan pengguna buah iblis Mera Mera no Mi.

Buah iblis ini, memberikan penggunanya kemampuan untuk memanipulasi api sesuka hatinya. Tapi, yang jadi pertanyaan adalah kapan Ace pertama kali memakan buah blis Mera Mera dan mendapatkan kekuatannya? Sempat menjadi misteri yang dibawa sampai mati, tapi dalam novel ringan One Piece: Ace’s Story bagian pertama kita akhirnya diberi tahu kapan Ace pertama kali mendapatkan buah iblisnya.

Novel prekuel ini mengisahkan Ace yang terdampar di sebuah pulau bersama dengan seorang petualang lainnya yang kemudian diketahui namanya adalah Masked Deuce. Deuce kemudian menjadi rekan pertama Ace di kapal bajak laut Spade. Meskipun kedunya sangat berbeda – bahkan sempat bertarung setelah mengetahui bahwa Ace adalah anak dari Roger – Roger dan Deuce pada akhirnya bekerja sama untuk membangun rakit agar bisa pergi dari pulau tersebut.

Sayangnya, mereka gagal membangun rakit karena sudah hancur sebelum menyentuh laut. Sementara itu, mereka kemudian mencari makanan di pulau yang tidak diketahui namanya tersebut agar bisa bertahan hidup. Tanpa diduga dan sepengetahuannya, Ace menemukan buah iblis Mera Mera. Dia pun menggigit untuk yang pertama kali dan kemudian diberikan kepada Deuce.

Ironisnya adalah Deuce sebenarnya memiliki rencana untuk membunuh Ace dan mengambil buah tersebut, sebelum kemudian Ace menawarkannya kepada Deuce. Tapi, pada akhirnya Deuce menolak untuk menghabiskannya karena rasanya yang tidak enak. Karena buah iblis hanya akan memberikan kekuatan kepada mereka yang menggigit atau memakan pertama, akhirnya Ace yang mendapatkan kemampuan Mera Mera.

Ace kemudian menyadari bahwa buah yang dia makan bukanlah buah sembarangan, melainkan buah iblis. Hal ini diketahui setelah Ace secara tidak sengaja mengeluarkan api dari seluruh tubuhnya. Memakan buah iblis nyatanya sempat membuat situasi semakin pelik, karena seperti yang kita tahu bahwa orang yang memiliki kemampuan buah iblis tidak akan bisa berenang.

Tapi, berkat kemampuan barunya yang bisa memanipulasi api dia akhirnya bisa mencari cara yang efektif untuk membangun rakit. Dan dengan bantuan Deuce, mereka pun membantun perahu yang kemudian disebut sebagai Striker. Berkat ketidak sengajaan ini, Ace mampu menjadi seorang bajak laut yang kita kenal saat ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.