Dibandingkan dengan Big Mom, Kaido merupakan karakter yang sangat misterius apalagi mengenai cerita masa lalunya dan juga kekuatannya. Sampai saat ini, Eiichiro Oda masih belum memberikan cerita lengkap tentang Kaido, selain dia pernah menjadi bagian dari kru bajak laut Rocks. Hal ini membuat banyak fans yang penasaran dan berspekulasi, serta membuat teori tentang cerita masa lalu Kaido dan putranya.

Salah satu teori yang berkembang adalah tentang Kaido yang sebenarnya adalah seekor naga yang memakan buah iblis Hito Hito no Mi Model: Oni. Ada beberapa alasan yang mendukung hal ini:

  • Keberadaan Buah Iblis Naga Buatan

Kita tahu bahwa Caesar Clown mencuri hasil riset buah iblis buatan dari Dr. Vegapunk dan melanjutkan penelitiannya di Punk Hazard. Dari beberapa buah iblis SMILE yang diperlihatkan di arc Wano, bisa kita simpulkan bahwa SMILE pada dasarnya bisa dibuat dengan cara menggunakan intisari atau gen dari binatang tertentu.

Tapi, untuk buah iblis naga yang dibuat oleh Vegapunk, ada masalah yang harus dihadapi: yaitu tidak ada lagi naga yang masih hidup di cerita One Piece. Lalu, bagaimana caranya Vegapunk bisa melakukannya? Kemungkinan spesimen naga tersebut didapatkan oleh Vegapunk ketika Kaido berhasil ditangkap oleh angkatan laut.

  • Kaido “Menyempurnakan” buah iblis SMILE dan para pengguna Mythical Zoan
  • Kemampuan Kaido untuk bisa menjadi kuat dan tahan terhadap berbagai serangan ini adalah akibat dari form naganya juga form Oni (iblis).  Intinya adalah teori ini menyebutkan jika Kaido lahir dari keluarga para naga dan harus kehilangan keluarganya di usia yang masih muda. Dia kemudian memakan buah iblis Hito Hito no Mi Model: Oni.  Di masa mudanya, Kaido memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibanding saat ini sehingga dia bisa membaur dengan manusia lain. Tapi, dia merasakan bahwa dia tidak dianggap di dunia manusia, karena kelebihan yang dia miliki.

Frustasi mencari tempat yang bisa menerima keadaannya, akhirnya dia pun bergabung bersama Rocks. Bergabung dengan Rocks dan menjadi bajak laut membuat Kaido bisa bebas dengan para kru laian yang mau menerima keadaan Kaido.

Saat peristiwa God Valley terjadi, kaido mengambil telur naga yang dipuja-puja oleh para kaum naga langit. Kaido menganggap bahwa telur tersebut merupakan relasi keluarga terkahirnya yang masih hidup dan akhirnya dia pun memutuskan untuk menganggapnya sebagai anak. Setelah era Rocks berakhir, seluruh krunya menyebar untuk membuat kru mereka sendiri untuk menaklukan Grand Line.

Kaido memutuskan untuk membentuk kru bajak laut yang berisi para pengguna buah iblis tipe Zoan, sama seperti keru bajak laut manusia ikan. Pada akhirnya, Kaido juga menemukan bahwa Roger memiliki telur naga di kapal Oro Jackson, dan memutuskan untuk mengambilnya dari Roger. Kaido memperkuat dirinya dan juga seluruh krunya.

Setalah mengambil alih Wano, Kaido kemudian mengetahui jika Roger sudah berhasil menemukan Laugh Tale dan membubarkan krunya. Keberadaan telur besar tersebut juga masih belum diketahui. Kaido merasa bahwa telur tersebut ada di pulau terakhir dan akhirnya dia pun memutuskan untuk pergi kesana.

Setelah kematian Roger dan Oden, Kaido semakin berkuasa atas Wano. Telurnya sendiri kemudian berhasil menetas tapi beberapa bulan setelahnya anak yang baru lahir tersebut tewas karena tidak bisa bertahan. Kaido kemudian meminta bantuan Big Mom, karena merasa bahwa anak tersebut masih bisa dihidupkan kembali dengan bantuan buah iblis.

Dengan meminta bantuan Big Mom, Kaido pun berhutang budi kepada Big Mom, tapi sayangnya Big Mom tidak berhasil menyelamatkan anak Kaido yang baru lahir tersebut. Kaido pun kehilangan semangatnya untuk hidup dan karena dia merasa sudah tidak memiliki siapa-siapa lagi akhirnya dia selalu menginginkan untuk mati.

Semuanya dilakukan untuk melupakan semua rasa sakit dan trauma dalam dirinya. Meskipun dia ditangkap beberapa kali, disiksa, dan dieksekusi, dia berhasil selamat. Seiring waktu, justru dia semakin menjadi kuat. Keinginannya untuk pergi Laugh Tale demi mendapatkan telur naga terakhir merupakan satu-satunya alasan mengapa Kaido masih terus memperkuat krunya sampai sekarang.

Kaido kemudian bertemu dengan seorang pengguna buah iblis Mythical Zoan model naga dan memutuskan dia menjadi anaknya dan menjadi kartu as bagi krunya. Kemungkinan anak Kaido pernah ditangkap oleh angkatan laut dan dipenjara di level 6 Impel Down. Kaido yang mencoba untuk menyelamatkannya justru tertangkap. Vegapunk yang mengetahui bahwa Kaido adalah naga, kemudian menggunakan spesimennya untuk membuat buah iblis buatan yang kemudian dikonsumsi oleh Momonosuke.

Anaknya sendiri berhasil kabur dari level 6 Impel Down, ketika Blackbeard menyusup dan membebaskan banyak tahanan level 6 untuk dijadikan bawahannya. Kaido sendiri berharap bertemu Red Scabbards hidup-hidup karena dia ingin mengetahui tentang catatan harian Oden, sehingga dia bisa membaca sisa Poneglyph yang ada menuju Laugh Tale dan menemukan telur naga terakhir. Bagaimana teori ini menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.