Seberapa besar kekuatan Android 18 dalam cerita Dragon Ball Super? Android 18, yang merupakan istri dari Krillin dan pernah menjadi villain dalam cerita Cell Saga. Tetapi, ia belum pernah mendapatkan peran yang begitu menonjol dalam series Dragon Ball Super. Tapi, kemunculannya di Tournament of Power cukup luar biasa dimana dia bertarung bersama Android 17 dan berhasil memenangkan sebagian pertarungan.

Ketika pertama kali diperkenalkan, Andoid 18 merupakan salah satu karakter yang paling kuat. Berkat peringatan dari Future Trunks, para Z-Fighters berhasil mempersiapkan diri mereka sebelum kedatangan dua android kembar ini. Super Saiyan Vegeta berhasil mengalahkan Android 18. Setelah memilih untuk menjadi seorang pahlawan, Android 18 masih lebih kuat dibandingkan suaminya, Krillin, tapi sayangnya Android 18 kurang begitu terlibat dalam ceritanya.

Dia sempat diperlihatkan sekilas saat bertarung melawan Goten dan Trunks di awal Buu Saga. Sama seperti karakter pendukung lainnya, Android 18 menerima undangan dari Goku untuk bergabung bersama para karakter hebat lainnya mewakili Universe 7 dalam Tournament of Power. Andorid 18 sebenanya berhasil memenangkan banyak pertarungan, tapi akhirnya harus dieliminasi setelah dia mencegah Andorid 17 terjatuh dari ring.

Meskipun dia berhasil memenangkan banyak pertarungan, Dragon Ball Super tidak menjelaskan bagaimana kekuatan Android 18 saat ini dibandingkan dengan para karakter lain. Tapi, pertarungannya dengan Goku, Ribrianne, dan Majora memberikan kita petunjuk sudah sejauh mana peningkatan kekuatan Android 18 setelah series Dragon Ball Z selesai.

Pencapaian terbesar yang diraih oleh Android 18 dalam turnamen itu adalah berhasil mengalahkan pemimpin tim dari perwakilan Universe 2, Ribrianne, karakter yang bahkan cukup tangguh untuk bertarung melawan Vegeta yang menggunakan form Super Saiyan. Tapi, perlu dicatat bahwa ada beberapa hal yang tidak berkembang dalam diri Android 18.

Di awal turnament diperlihatkan bahwa meskipun Android 18  terlihat sudah mengalami peningkatan kekuatan, Android 17 berhasil berlatih sendiri dan melampaui pencapaian yang sebelumnya. Hasilnya adalah Android 17 bisa menandingi kemampuan dari form Super Saiyan Blue milik Goku. Hal itu merupakan pencapaian yang belum bisa dilakukan oleh Android 18.

Meskpun Android 17 dan 18 memiliki energi yang tidak terbatas dan terlihat seimbang dalam Cell Saga, tapi untuk saat ini Android 17 sebenarnya jauh lebih kuat dibandingkan Android 18. Dan meskipun Android 18 lebih kuat dibandingkan suaminya, tapi perbedaan antara dia dan suaminya tidak sebesar yang kita bayangkan. Sama seperti Krillin, Android 18 juga mengalami kesulitan saat menghadapi Majora dari Universe 4.

Berdasarkan dari apa yang bisa Android 18 lakukan di turnamennya, kemungkinan besar dia akan bisa menandingi kemampuan Vegeta atau Goku saat mereka menggunakan form Super Saiyan. Tapi, kekuatan atau form yang lebih kuat dari itu jelas tidak akan mampu Android 18 lalui. Kesimpulannya adalah Android 18 masih merupakan petarung yang sangat tangguh dan kuat dalam cerita Dragon Ball, dan dia bisa jadi seseorang yang Goku andalkan jika membutuhkan bantuan di kisah selanjutnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.