Dua anggota dari House Mormont menghilang saat Battle of Winterfell berlangsung di musim kedelapan TV series Game of Thrones. Menghilangnya kedua anggota House Mormont tersebut membuat para fans penasaran apa yang sebenarnya terjadi kepada mereka. House Mormont sendiri terletak di bagian utara Bear Island, yang merupakan rumah bagi para leluhur mereka.

Joran Mormont pernah berkuasa sebagai Lord of Bear Island sampai dia terlibat dalam sebuah perdagangan budak, yang akhirnya memaksa Joran untuk pergi ke Essos. Keluarga Mormont diketahui sangat setia kepada House Stark, yang sering kali diperlihatkan di sepanjang seriesnya. Ketika kendali House Mormont jatuh ke tangan Lyanna Mormont, dia tetap berada di pihak sekutu dari House Stark dengan mendampingi mereka dalam Battle of Bastards dan juga Battle of Winterfell.

Ketika Jorah dan Lyanna kembali bertemu di Winterfell, mereka sempat berselisih tentang masa depan House Mormont. Mengingat Lyanna masih sangat muda, Jorah ingin Lyanna pergi ke tempat yang aman sehingga garis keturunan House Mormont bisa tetap terjaga. Tapi, dengan tegas Lyanna menolak usulan pamannya tersebut dan lebih memilih bersama para sekutunya.

Jorah dan Lyanna memang terbukti melakukan yang terbaik dalam pertempuran tersebut, dengan memberikan nyawa mereka. keduanya harus terbunuh dalam pertempuran di Winterfell. Mengingat mereka berdua adalah dua orang terakhir dari keluarga Mormont, artinya House Mormont sudah punah. Dan nasib Bear Island tidak pernah dijelaskan di dalam seriesnya.

House Mormont tentunya bukan keluarga penguasa pertama yang “punah” dalam cerita Game of Thrones. House Bolton, House Tyrell, dan House Karstark adalah beberapa contoh lainnya dari keluarga yang harus punah karena mereka tidak memiliki garis keturunan lainnya. Baik George R.R. Martin maupun tim produksi GOT di HBO, sayangnya tidak pernah memberikan penjelasan tentang apa yang terjadi di berbagai wilayah bekas keluarga-keluarga tersebut setelah mereka punah.

Kemungkinan besar, Bear Island akan diambil alih oleh keluarga lainnya yang berada di luar garis keturunan Mormont. Bisa jadi orang tersebut pernah menikahi salah satu anggota keluarga Mormont, orang yang tidak membawa keturunan keluarga Mormont dari ikatan darah. Sansa Stark, mungkin bisa jadi orang yang berpeluang untuk mengambil alih Bear Island.

Sansa bisa menempatkan keluarga kerajaan (noble family) lainnya untuk tinggal di pulau tersebut. Bisa juga Sansa mengubah wilayah tersebut menjadi salah satu pusat pertahanan di wilayah utara (the North). Meskipun Jorah dan Lyanna diceritakan sudah mati, tapi di novelnya sendiri keduanya diceritakan masih hidup. Mungkin hal itu akan berubah dalam cerita novel terbaru karya Martin, The Wind of Winter.