Manga Boruto #45 banyak mengungkapkan fakta-fakta tersembunyi, khususnya dari sosok Jigen, yang diungkapkan oleh kepala ilmuwan organisasai Kara, Amado. Di chapter sebelumnya, kita melihat bahwa Amado berusaha untuk pergi ke Konoha dan memberi tahu semua rencana Kara dan juga Jigen. Amado sengaja melakukan hal itu, untuk menghentikan semua yang dilakukan oleh Jigen dan mencegah peristiwa besar terjadi.

Amado mengungkapkan semuanya kepada Naruto, termasuk tentang perang besar yang akan kembali muncul. Berdasarkan apa yang diungkapkan Amado, Kara sebenarnya bukanlah ancaman utama bagi Konoha dan semuanya. Ada sosok lain yang harus sangat diwaspadai, yaitu monster ekor 10 yang bersemayam di dalam tubuh Jigen.

Bijuu ekor 10 merupakan monster yang pernah digunakan oleh Kaguya Otsutsuki untuk menciptakan kekacauan dan kehancuran di bumi. Monster tersebut merupakan perwujudan dari gabungan kekuatan Kaguya Otsutsuki dan juga God Tree. Butuh usaha yang tidak sedikit dari Hagoromo dan Hamura Otsutsuki untuk menaklukan ibunya dan menyegelnya jauh dari bumi.

Dalam chapter ini juga kemudian dijelaskan bahwa Otsutsuki sudah sejak lama sekali melakukan perjalanan dari satu planet ke planet yang lain, dengan tujuan untuk menanamkan benih yang setelah besar nanti benih tersebut akan menghisap seluruh chakra yang ada di planetnya dan kemudian menghasilkan buah yang akan dikonsumsi oleh para klan Otsutsuki.

Itulah cara bagaimana klan ini tumbuh dan berkembang, bergerak dari satu planet ke planet lainnya untuk memuaskan rasa lapar mereka. Tapi, untuk masalah Kaguya, dia sudah menemukan sebuah pohon di planet bumi dan kemudian dia menyatu dengan pohon tersebut untuk kemudian berubah menjadi monster berekor 10. Tujuannya adalah untuk mengambil kembali buah chakra (atau chakra yang dihasilkan dari pohonnya) yang dikonsumsi oleh Hagoromo dan Hamura.

Sayangnya, meskipun Kaguya sudah berhasil disegel tapi essence atau jiwanya bergabung dengan Black Zetsu yang kemudian memulai peperangan besar seperti yang ditampilkan di series Naruto. Dengan kekuatan yang sangat dahsyat, wajar jika Sasuke, Naruto, dan seluruh shinobi yang ada harus berjuang keras untuk mengalahkan monster tersebut.

Amado sendiri membocorkan informasi bahwa semua kelompok Otsutsuki yang berpetualang mencari planet untuk dikonsumsi pasti memiliki monster ekor 10 dalam diri mereka. Yang menarik adalah menurut Amado, monster ekor 10 yang ada pada diri Jigen merupakan spesimen baru yang bisa jadi artinya monster tersebut tidak sama dengan monster ekor 10 yang dimiliki Otsutsuki.

Masih belum diketahui bagaimana cara pohon yang ditanam oleh Otsutsuki di setiap planetnya, menghisap chakra yang ada di planet tersebut. Apakah harus ada korban jiwa dahulu baru kemudian chakranya mengalir alami ke dalam pohon, atau akarnya yang langsung menyerap chakra dari inti planetnya. Pada intinya, monster ini lebih berbahaya dan menghasilkan daya hancur yang lebih masif dibandingkan dengan para pasukan atau anggota Kara.

Satu ekor monsternya saja bisa menghancurkan seluruh planet ini. Bisa dibayangkan, jika kemudian Jigen membuat sebuah portal dan membawa semua monster tersebut ke bumi. Naruto mungkin tidak ingin lagi membuat “repot” semuanya, tapi dengan situasi yang sangat berbahaya bagi semuanya tentu Naruto dan Sasuke tidak ada pilihan lain. Kita nantikan saja ya Geeks, apakah Jigen memang hanya akan menggunakan satu monster ekor 10 saja atau akan menggunakan lebih dari satu. Jika memang begitu, tentu harapan bumi untuk bertahan sangatlah sedikit.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.