Dengan Luffy dan aliansi yang sudah tiba di Onigashima, artinya pertempuran puncak di arc Wano sudah tidak akan lama lagi terjadi. Setelah sempat merasa frustasi akibat tidak adanya pasukan yang membantu Red Scabbards, kejutan muncul ketika Luffy, Law, Kidd dan Jinbe muncul untuk membantu mereka. Bukan hanya itu, Denjiro juga ikut membantu sambil membawa pasukan samurai yang sempat dipenjara.

Mereka pun akhirnya tiba di Onigashima, tapi tidak semuanya yang masuk melalui jalur utama. Law dan beberapa Red Scabbards ikut menyelam bersama Law dan masuk ke pintu rahasia Onigashima. Masifnya skala pertempuran di Wano ini banyak membuat para fans berspekulasi, seperti siapa yang akan muncul untuk menolong Luffy dan aliansinya.

Banyak nama-nama muncul seperti Garp, Shanks, dan juga nama yang sudah lama dirumorkan yaitu Marco. Sebelumnya, Nekomamushi sempat pergi ke New World, tepatnya ke kampung halaman Whitebeard untuk menemui Marco. Tujuannya adalah untuk meminta bantuan Marco, bergabung dalam pertempuran melawan Kaido.

Marco sendiri sebenarnya ingin membantu Luffy, tapi di satu sisi dia harus menjaga kampung halaman dari kaptennya apalagi dia merupakan satu-satunya dokter di desa tersebut. Namun, salah seorang fans melemparkan teori bahwa Marco kemungkinan besar akan ikut penyerangan tersebut. Menurut teorinya, penyerangan tersebut akan akan gagal. Sama seperti penyerangan ke pesta pernikahan yang dilakukan kepada pasukan Big Mom di arc Whole Cake Island. Beruntung Luffy dan yang lain bisa selamat berkat ledakan Tamatebako.

Kemudian alasan lainnya adalah Nekomamushi tidak mungkin kembali dengan tangan kosong. Dia tahu peluang mereka untuk menang sangat kecil, dan untuk memperbesar peluang tersebut mereka butuh tenaga atau pasukan yang kuat. Marco adalah salah satu kekuatan yang bisa diandalkan dalam peperangan di Wano.

Marco sendiri terkejut ketika mendengar Luffy akan bertempur melawan Kaido, dan tentunya jika Marco mengetahui bahwa Luffy akan bertarung melawan dua orang Yonko sekaligus dia tidak akan tinggal diam. Menjadi dokter dan merawat kampung halaman Whitebeard memang merupakan sebuah penghormatan dari Marco, tapi pesan terakhir Whitebeard sendiri adalah melakukan semua yang terbaik demi melindungi Luffy.

Teori tersebut bukan hanya sampai disitu. Dengan asumsi Marco akhirnya ikut bergabung dalam pertempuran di Wano, siapa yang akan dilawan oleh Marco? Jawabannya adalah King the Wildfire. Mengapa Marco tidak ikut campur saat bertarung melawan Kaido? Hal itu sudah menjadi “tugas” dari trio supernova yaitu Kidd, Law, dan Luffy.

Dengan banyaknya kekuatan besar dalam pertempuran tersebut, situasi bisa saja berubah. Mungkin Kidd yang akan kemudian bertarung melawan Big Mom dibantu oleh Red Scabbards dan yang lain, sedangkan Kaido akan bertarung melawan Luffy dan Law. Intinya situasi bisa saja berubah. King adalah lawan terberat kedua setelah Kaido dan Big Mom, dan dia bisa menjadi lawan yang seimbang untuk Marco.

Lagipula, King dan Marco memiliki banyak kesamaan. Salah satunya, mereka sama-sama memakan buah iblis tipe zoan (Phoenix dan Pteranodon). Selain pertarungan melawan kedua Yonko, pertarungan melawan para All-Stars juga menarik untuk ditunggu. Jadi, kita nantikan saja ya Geeks apakah Marco memang akan muncul bersama Nekomamushi dan bergabung dalam pertempuran ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.