Scooby Doo Team-Up

Scooby Doo Team-Up merupakan sebuah komik anak-anak yang menceritakan saat Scooby berkolaborasi dengan berbagai properti milik Warner Bros lainnya. Buat para fans DC pasti sudah tahu jika Scooby pernah berolaborasi dengan Superman dan Batman. Tapi, selain mereka berdua, Scooby juga pernah berkolaborasi dengan karakter DC lain seperti Wonder Woman, Aquaman, dan Teen Titans.

Selain itu, mereka juga pernah berkolaborasi dengan karakter ikonik seperti Flintstones, the Jetsons, dan para cast dari Johnny Quest. Sudah menjadi ciri khas jika cerita Scooby Doo masih dipenuhi oleh tone yang ringan dan penuh dengan humor, karena ceritanya ditujukan untuk anak-anak dan semua kalangan.

Batman vs The Beatles

The Beatles merupakan salah satu band legendaris yang sangat populer di dunia. Hampir semua orang mengetahui lagu The Beatles, ditambah lagi komunitas mereka yang sangat banyak dan kuat. Di tengah-tengah puncak popularitas The Beatles, sekitar dekade 1970an, tidak heran jika banyak pihak yang mencoba untuk menghadirkan mereka berempat, termasuk komik DC.

Pada komik tersebut, Batman dan Robin mencoba untuk mencari tahu misteri terbesar yang sempat populer di masa itu, yaitu tentang kejadian yang menimpa Paul McCartney. Para fans sempat menduga (di masa itu) jika Paul McCartney tewas. Dan setelah melakukan penelusuran melalui petunjuk di berbagai lagu mereka, artwork di album mereka, the Beatles sepertinya memberikan pesan bahwa perusahaan rekaman mereka mencoba untuk mengganti Paul dengan sosok yang lain, demi menjaga popularitas mereka tetap di atas.

Yang menarik adalah karena alasan hak cipta, sebagian besar elemen yang ada di cerita disamarkan atau diganti namanya. Contohnya the Beatles diganti namanya menjadi ‘Oliver Twist’, dan mereka pun mengganti nama-nama personilnya menjadi Saul, Glennan, Hal, dan Benji.

Sonic/Megaman: Worlds Collide

Percaya atau tidak, Sonic the Hedgehog sebenarnya merupakan salah satu brand komik yang paling stabil dalam sejarah komik. Mereka sudah memiliki 300 lebih volume dan masih terus berjalan. Komiknya juga termasuk dalam seri yang paling panjang, karena tidak pernah kembali ke volume pertama seperti yang dilakukan oleh Marvel atau DC.

Sebaliknya, komik Megaman bukanlah komik yang populer seperti Sonic. Tapi, keduanya adalah ikon video game yang tidak akan mungkin dilupakan. Tidak heran jika kemudian terdapat sebuah cerita komik yang menghadirkan kedua karakter ini. Ceritanya sendiri diawali ketika sebuah chaos emeral dari planet Mobius yang menjadi rumah bagi Sonic secara tidak sengaja dipindahkan ke galaksi yang sangat jauh yaitu planet bumi 20XX.

Doctor Eggman dan Doctor Willy bekerja sama untuk menciptakan sebuah kreasi robot baru termasuk the Willy Egg, yang memaksa Sonic dan Megaman untuk bekerja sama demi menghentikan para robot kreasi dua doktor jahat tersebut. Sayangnya, crossover ini tidak memberikan hasil yang positif seperti yang direncanakan diawal khususnya bagi komik Megaman. Komik Megaman sendiri kemudian dibatalkan setelah komik crossover ini, meskipun Megaman kembali melakukan beberapa kali crossover dengan Sonic.

Spider-Verse

Ide tentang crossover dari berbagai versi Spider-Man mungkin tidak terlihat begitu menarik, dibandingkan dengan crossover yang ada di daftar ini dimana ceritanya benar-benar dilakukan dengan memadukan dua franchise yang berbeda. Meskipun begitu, crossover dari berbagai versi Spider-Man ini tetap layak mendapatkan pujian apalagi dalam hal detail yang mereka tampilkan.

Ketika seorang villain mengumumkan perang terhadap semua versi Spider-Man yang ada di multiverse, Spidey yang berasal dari universe utama (Earth-616) kemudian memimpin para Spider-Man dari multiverse lainnya demi menyelamatkan “keluarga” laba-laba tersebut. Marvel benar-benar melakukan semua yang mereka miliki tentang Spider-Man dalam cerita ini.

Bukan hanya Peter Parker bertemu dengan Miles Morales dan Spider-Gwen, Peter juga bertemu dengan berbagai karakter lainnya seperti Cosmic Spider-Man, Spider-Man India, Ben Reilly (kloning Peter Parker), dan tidak lupa juga Spider- Ham serta Japanese Spider-Man lengkap dengan robot kesayangannya, Leopardon.

Aquaman/Namor

Selain DC vs Marvel dan JLA/Avengers, proyek kerja sama antara DC dan Marvel juga pernah dilakukan dengan menghadirkan salah satu pahlawan andalan mereka yaitu Aquaman dan Namor the Submariner. Yang menarik dan unik dari fakta kerja sama ini adalah ternyata penulis dan artist dibalik cerita ini membuat semuanya tanpa sepengetahuan editor mereka.

Fakta lainnya adalah yang menjadi jembatan dari crossover ini adalah sosok monster hijau besar. Dalam komik Aquaman, diceritakan Arthur Curry berhasil mengalah sebuah monster berlendir hijau mengerikan. Di akhir cerita, Aquaman menghancurkan monster tersebut dengan menjebaknya di luar angkasa dan kemudian meledakannya.

Di komik Submariner, Namor menghadapi sosok monster hijau berlendir yang sangat familiar yang memang merupakan monster yang sebelumnya dihadapi oleh Aquaman. Ternyata, setelah diledakan oleh Aquaman monster itu berhasil kembali ke bumi sampai kemudian dia bertemu dengan Namor yang juga berhasil mengalahkannya.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.