Dengan menggunakan imajinasi, tidak ada yang tidak mungkin dalam dunia buku komik. Banyak para fans yang mencoba untuk menciptakan superhero versi mereka sendiri, misalnya dengan menggunakan referensi dari dua percetakan besar ternama, DC dan Marvel. Tapi, dalam dunia komik bukan hanya DC dan Marvel saja yang pernah melakukan crossover. Ada banyak judul (baik komik ataupun game) yang juga pernah melakukan crossover. Berikut adalah berbagai crossover unik dalam cerita komik.

JLA/Avengers

Marvel dan DC memang sudah lama menjadi rival abadi. Kedua penerbit populer ini sama-sama memberikan para pembacanya berbagai hal yang menarik, mulai dari karakter, cerita, maupun elemen lainnya. Masing-masing penggemar tentunya memiliki superhero pahlawannya sendiri, tapi para fans pun banyak yang berimajinasi jika jagoan mereka dari kedua penerbit saling bertemu.

Keinginan fans tersebut sempat terwujud pada 1996, dimana dua seri komik DC vs Marvel dijual di toko buku. Tidak butuh waktu lama untuk komik tersebut meraih kesuksesan besar, yang kemudian mendorong lahirnya crossover lain seperti JLA/Avengers. Komik tersebut dirilis pada 2003 dan 2004. Disebut-sebut sebagai crossover paling ikonik dalam sejarah komik, JLA/Avengers merupakan hasil dari negosiasi kedua perusahaan tersebut selama lebih dari 30 tahun. Fakta menariknya, komik ini sebenarnya pernah direncanakan untuk muncul di era 1979. Tapi, karena adanya perbedaan ide akhirnya proyek tersebut ditunda.

Star Trek/X-Men

Selain Star Wars, cerita fiksi ilmiah tentang perang luar angkasa lainnya adalah Star Trek. Karena kepopulerannya, Star Trek pernah melakukan crossover dengan cerita fiksi ilmiah lainnya yaitu X-Men dalam sebuah komik one-shot pada 1996. Meskipun film X-Men selalu menceritakan saat bagaimana kaum mutan mencoba untuk memperjuangkan hak mereka agar bisa sama di mata manusia, tetapi di komiknya X-Men sering juga berinteraksi dengan makhluk luar angkasa lain.

Kejadiannya bermula ketika kru pesawat Enterprise menemukan sebuah pesawat alien yang mana mereka melakukan sebuah perjalanan melalui celah (the rift) di ruang dan waktu. Tak lama kemudian, peperangan pun terjadi. Kapal alien tersebut hancur, tapi para krunya – yang merupakan X-Men – kemudian menyerang balik kapal the Enterprise.

Para mutan kemudian menjelaskan, bahwa sebagai bagian dari perjanjian dengan kerajaan Shi’ar, mereka memanfaatkan celah tersebut untuk mengeksplor kemungkinan timeline di masa depan untuk planet mereka. Cerita tersebut merupakan versi terbalik (reverse) dari reboot Star Trek pada 2009.

Superman dan Batman vs Alien dan Predator

Alien Versus Predator merupakan salah satu cerita crossover yang paling terkenal dalam budaya populer modern, dimana judul film tersebut sudah diadaptasi ke berbagai medium seperti permainan video, buku komik, dan film. Batman dan Superman juga sama, mereka tidak kalah populernya dibandingkan dengan kedua makhluk luar angkasa itu (Superman juga makhluk luar angkasa).

Baru dalam cerita komik, keempat karakter populer ini kemudian bertemu. Ceritanya sendiri bermula ketika pesawat luar angkasa milik Predator terjatuh di bumi dan ditemukan di wilayah Andes, Amerika Selatan. Setelah Batman dan Superman berhasil menemukan pesawat tersebut sambil juga mencari tim pendaki yang hilang, keduanya harus menghadapi mimpi buruk yaitu bertemu dengan Xenomorph dan Predator. Dengan bekerja sama, Batman dan Superman akhirnya bisa mengusir kedua alien tersebut dari bumi.

Batman/Teenage Mutant Ninja Turtle

Kura-Kura Ninja yang kita tahu sekarang ternyata juga pernah mengadapi Batman. Keduanya saling bertarung, karena baik Batman ataupun tim kura-kura ninja sama-sama yakin jika sosok yang dihadapi merupakan musuh yang dicari. Tapi, para kura-kura ninja ini terpaksa harus mengakui kemampuan bertarung Batman yang lebih berpengalaman dan lebih “ninja” dibanding mereka.

Kemudian fakta mulai terungkap bahwa Shredder dan Foot Clan adalah pihak yang menyebabkan kekacauan tersebut, dimana para kura-kura ninja terhisap ke dalam sebuah portal dimensi yang menuju kota Gotham di universe DC. Selain itu fakta lainnya adalah ternyata Ra’s Al Ghul dengan League of Assassin juga berkolaborasi dengan villain kura-kura ninja tersebut. Akhirnya baik Shredder dan Foot Clan juga Ra’s Al Ghul bisa dikalahkan setelah Batman dan para kura-kura ninja tersebut bekerja sama.

Star Wars: Vector

Komik Star Wars selalu menghadirkan berbagai varian cerita, yang bersetting di ribuan tahun yang lalu atau bahkan di masa depan. Penerbit Dark Horse pernah merilis cerita yang terjadi 5.000 tahun sebelum peristiwa Star Wars: A New Hope dan juga cerita yang berlangsung 1.000 tahun setelahnya. Dalam sebuah rencana besar untuk melakukan crossover dari berbagai komik Star Wars, para penulis pun mencoba mencari cara untuk bisa mengeksekusi ide tersebut.

Akhirnya mereka menemukan satu cara yang bisa menyatukan seluruh cerita yang ada di franchise Star Wars, yaitu dengan membuat sebuah karakter yang bisa menjadi jembatan bagi semuanya. Dalam komik Knights of the Old Republic, seorang karakter bernama Celeste Morne menemukan sebuah jimat yang berisi jiwa dari para Sith Lord zaman dahulu. Demi menjaga jimat tersebut agar tidak menyebabkan kekacauan, Morne membawa jimat tersebut saat dia mengalami mati suri.

Dalam komik Dark Times diceritakan berabad-abad kemudian, Morne berhasil dibangkitkan oleh Darth Vader. Cerita kemudian berlanjut ke komik Rebellion, sebelum kemudian timelinenya berpindah ke cerita akhir yaitu Legacy yang berkisah tentang penerus dari Luke Skywalker. Crossover komik ini benar-benar sangat baik untuk menyatukan seluruh cerita dari komik Star Wars yang dirilis oleh Dark Horse.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2