Batman merupakan salah satu karakter superhero terpopuler dari cerita buku komik, dan berbagai villain yang dihadapi oleh Batman pun tidak kalah populernya dengan Batman. Dengan karirnya sebagai pahlawan di DC Universe sudah mencapai 80 tahun, wajar jika Batman memiliki banyak sekali villain yang pernah dia hadapi bahkan sampai saat ini.

Batman memang sebagian besar diceritakan menghadapi musuh yang sama dalam beberapa tahun belakangan. Joker, Bane, Ra’s Al Ghul merupakan nama-nama yang sering muncul dalam cerita Batman sebagai dalang dari berbagai kerusuhan di kota Gotham. Tapi, di era modern ini DC sepertinya sudah menyiapkan karakter yang bisa menjadi “penerus” kerusuhan di kota Gotham.

The Designer

Meskipun the Designer baru muncul satu kali dalam komik Batman #89 yang ditulis oleh James Tynion IV, sosok misterius ini ternyata sudah sejak lama mengincar kota Gotham. The Designer memang bukanlah sosok yang sering tampil di depan, melainkan di belakang layar. Dia lebih sering “mendesain” berbagai rencana kejahatan dengan beberapa kriminal seperti Penguin, Joker, dan Catwoman di masa lalu.

Meskipun the Designer diperkirakan sudah tewas akibat dibunuh oleh Joker dan semua villain di kota Gotham membencinya, dia menjadi sosok legendaris di kalangan para villain kota Gotham. Sosok “legenda urban” ini sekarang kembali muncul dan kembali berkumpul dengan the Riddler untuk menyebarkan kekacauan di kota tersebut.

Gunsmith

Diciptakan oleh James Tynion IV dan Tony S. Daniel dalam Batman #89, Gunsmith merupakan pembunuh bayaran yang rasa patriotisme dalam dirinya sedikit “bermasalah.” Dengan menggunakan kostum yang memiliki unsur bendera Amerika ketika beraksi, nama “Gunsmith” sendiri diberikan saat dia membuat sebuah senjata dan peredam dari berbagai benda yang didapat dari toko elektronik yang ada di bandara, sebelum Gunsmith menggunakan senjata tersebut untuk mengeliminasi targetnya.

Meskipun Gunsmith terdengar sangat cocok untuk menjadi lawan tangguh Batman, tapi kenyataannya sama sekali tidak. Batman bisa dengan mudah mengalahkan Gunsmith. Dibandingkan dengan villain yang sama, seperti Deadshot, popularitas Gunsmith sangat jauh dibawah. Tapi, dia masih memiliki kesempatan untuk membuktikan bahwa ia dapat menguasai kota Gotham.

Mr. Teeth

Mr. Teeth mungkin terdengar seperti sebuah maskot dari dokter gigi atau asosiasi kesehatan gigi, tapi pada kenyataannya dia adalah sosok penjahat yang sangat mengerikan. Muncul pertama kali dalam komik Batman #89 bersama dengan Gunsmith, Mr. Teeth adalah seorang pembunuh berantai yang memiliki kebiasaan yang sangat aneh. Dia disebut sebagai “Teeth Eater” atau pemakan gigi karena dia akan mencabut seluruh gigi korbannya untuk kemudian ditanam di dalam perut korbannya.

Mr. Teeth memiliki penampilan yang menakutkan dengan wajah yang menyeringai serta bagian gigi yang terlihat jelas. Mr. Teeth merupakan penjahat yang disewa oleh Deathstroke sebagai bagian dari rencana yang sudah disusun bersama dengan the Designer untuk menghancurkan Batman. Beruntung Batman bisa mengalahkannya, dengan masuk ke dalam salah satu jebakannya. Tapi mungkin saja suatu saat nanti ia akan terbebas dan melawan balik Batman.

Mrs. Freeze

Meskipun Nora Fries sering kali diperlihatkan sebagai istri Mr. Freeze yang dibekukan di dalam sebuah wadah raksasa sejak seri Batman: the Animated Series, tapi dia pernah mendapatkan sebuah desain baru yang memberikan Nora kesempatan untuk beraksi. Hal ini terjadi dalam komik Detective Comics #1014 yang ditulis oleh Peter Tomasi dan Doug Mahnke. Nora diperkenalkan sebagai Mrs. Freeze.

Nora dikisahkan berhasil bangun dari tidur lamanya berkat bantuan serum milik Lex Luthor. Tapi akibat dari serum tersebut, Nora kemudian dikendalikan untuk berbuat kriminal. Nora kemudian menggunakan nama Mrs. Freeze dan melakukan berbagai aksi kejahatannya sendiri tanpa ada bantuan orang lain. Apa yang dilakukan oleh Mrs. Freeze nyatanya lebih berbahaya dan lebih hebat dibandingkan dengan apa yang dilakukan oleh suaminya dahulu, dan hal itu membuat Mrs. Freeze bisa menjadi kandidat kuat untuk mengambil alih kota Gotham.

Punchline

Pertama kali muncul dalam komik Batman #89, Punchline merupakan kekasih baru dari Joker setelah Harley Quinn. Punchline nyatanya merupakan sosok yang lebih sempurna dibandingkan Harley Quinn, bagi seorang Joker. Punchline adalah seorang pembunuh handal yang selalu menggunakan pisau sebagai senjata andalannya. Dia juga memiliki sifat sadistik yang mirip seperti Joker.

Joker bahkan menyebut Punchline sebagai sosok yang paling lucu yang pernah dia temui. Dia senang melihat kekacauan yang dilakukan oleh Punchline karena perintah yang dia berikan. Meskipun sebagian besar cerita origin Punchline masih belum diketahui, tapi Punchline dan Harley Quinn dijadwalkan bertemu dalam komik Batman #93 dan sepertinya mereka saling membenci satu sama lainnya.