Meskipun sangat jarang tampil, Dracule Mihawk yang dulunya merupakan anggota Shichibukai adalah sosok yang sangat populer. Banyak fans yang mengidolakan sosok keren ini. Wajar memang, dengan penampilan yang menarik dan juga kemampuan berpedang yang dahsyat, ditambah juga pedangnya yang unik dan langka, membuat Mihawk menjadi salah satu karakter yang ikonik.

Dengan kemampuan berpedangnya yang luar biasa, saat ini Mihawk memegang titel sebagai ahli pedang terkuat di dunia. Mihawk sendiri memiliki sejarah yang panjang dengan salah satu Yonko, Shanks. Dulu, Mihawk merupakan rival terkuat dari Shanks. Pertarungan mereka disebut-sebut bahkan sampai menggetarkan seluruh Grand Line.  Mihawk bahkan sering mencari Shanks untuk berduel. Whitebeard sendiri mengakui pertarungan mereka sebagai yang peristiwa legendaris.

Dengan memegang titel ahli pedang terkuat di dunia, artinya untuk saat ini Mihawk belum lagi memiliki lawan yang seimbang. Hal ini juga bisa diartikan bahwa Mihawk memiliki kemampuan yang setara dengan Shanks. Yang menarik dari sosok Mihawk adalah dia sering berpetualang sendiri, mencari siapapun ahli pedang yang dia temui di perjalanan sampai tidak ada lagi orang yang lebih kuat darinya.

Tantangan terakhir Mihawk adalah ahli pedang dengan level Yonko. Setelah Shanks harus kehilangan lengannya, akhirnya titel tersebut jatuh ke tangan Mihawk dan Mihawk pun sudah tidak terlalu terobsesi untuk bertarung melawan Shanks. Mihawk sendiri sebenarnya berpotensi untuk menjadi seorang Yonko, tapi ada beberapa masalah yang menghalanginya untuk memegang titel tersebut.

Mihawk tidak memiliki pasukan atau armada yang mumpuni karena dia selalu berpetualang sendiri. Mihawk juga tidak memiliki wilayah kekuasaan. Menurut One Piece Vivre Card Databook, dia sedang menunggu seseorang yang jauh lebih kuat dari Shanks yang mungkin akan hadir suatu hari nanti. Hal ini menjadi penting, karena jika Mihawk lebih lemah dari Shanks, maka seseorang yang memiliki kekuatan sama dengan Shanks bisa saja mengalahkan Mihawk dan dia tidak akan mencari seseorang yang lebih kuat.

Tapi, jika Mihawk memang memiliki kemampuan yang sama dengan Shanks maka konsep teori tentang Mihawk ini akan dirasa masuk akal. Jadi, intinya adalah informasi ini secara tidak langsung mengkonfirmasi bahwa Mihawk memiliki level kekuatan yang sama dengan seorang Yonko. Hal ini juga memberikan petunjuk bahwa jika Zoro berhasil melampaui Mihawk, maka dia bisa melampaui Shanks. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.