Marvel mulai berpindah dari organisasai SHIELD, tapi cerita tentang Nick Fury masih bisa tetap dilanjutkan melalui organisasi yang baru yaitu SWORD di Phase 4 MCU. SHIELD dan Nick Fury sebelumnya merupakan elemen penting dalam cerita, sampai-sampai saluran ABC membuat series tentang organisasi ini.

Tapi, semuanya berubah ketika Alexander Pierce dan organisasi HYDRA berhasil masuk dan menyusup ke organisasai SHIELD. Hal tersebut diperlihatkan dalam film Captain America: The Winter Soldier. SHIELD memang hancur akibat hal itu, tapi koneksi mereka dengan Nick Fury masih terjalin. Terbukti dengan Nick Fury yang mendapatkan bantuan dari anggota SHIELD yang tersisa dalam film Age of Ultron.

Di filmnya sendiri, peran SHIELD sudah mulai menghilang. Bahkan, di TV series sendiri cerita tentang SHIELD dalam series of Agents SHIELD sudah selesai di musim ke delapan, yang akan tayang pada akhir Mei mendatang. Perubahan tentu saja sudah dipikirkan oleh Marvel, apalagi sekarang Marvel Cinematic Universe sudah menginjak lebih dari satu dekade.

Marvel juga sekarang mulai dengan konsep baru, seperti memperkenalkan karakter seperti Shang-Chi dan the Eternals. Meskipun ada banyak karakter baru dan juga konsep baru, sosok Nick Fury adalah karakter MCU yang masih tetap sama seperti dulu. Marvel bisa melanjutkan kisah tentang Nick melalui organisasi SWORD, sebuah agensi intelejen yang diperkirakan akan hadir dalam series WandaVision.

Dalam cerita komiknya, SWORD memiliki kesamaan dengan SHIELD. Yang membedakan adalah teritori atau wilayah kerjanya. Jika SHIELD bekerja untuk melindungi bumi di daratan, maka SWORD bekerja di luar angkasa dengan jangkauan yang lebih luas lagi. SWORD sendiri dipimpin oleh seorang wanita (yang merupakan alien) bernama Abigail Brand.

Dari foto bocoran yang beredar sebelumnya diketahui bahwa Monica Rambeau – anak dari Maria Rambeau – versi dewasa akan menjadi salah satu agen dari SWORD. Meskipun memang belum dikonfirmasi secara pasti, banyak spekulasi yang beredar bahwa agensi atau organisasi yang muncul di akhir film Spider-Man: Far From Home, dimana Nick Fury bekerja sama dengan para Skrulls, merupakan SWORD.

Jika memang organisasi atau agensi yang diperlihatkan tersebut memang merupakan SWORD, maka Nick Fury kembali terlibat sebagai pendiri atau merupakan pemimpin dari organisasi luar angkasa tersebut. Dengan Nick Fury menjadi pemimpin atau setidaknya terlibat dalam organisasi SWORD, dirasa akan masuk akal untuk kelanjutan cerita karakternya.

Menghabiskan sebagian besar waktunya sebagai direktur SHIELD, Nick Fury tentunya harus menghadapi berbagai musuh yang memang dia pahami. Tapi, SWORD tentunya memiliki level yang berbeda. Fury harus siap menghadapi berbagai ancaman yang berasal bukan dari bumi, melainkan dari luar angkasa. Jika memang hal tersebut yang akan menjadi takdir bagi Nick Fury di Phase 4, maka perannya mungkin akan dibangun sebagai cameo dalam series WandaVision dan akan lebih jauh dibahas dalam film Captain Marvel 2.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.