Dunia shinobi dalam cerita Naruto dipenuhi oleh berbagai pertarungan jutsu, dan juga klan. Banyak dari klan ninja terkenal akan membagikan berbagai teknik rahasia mereka untuk diturunkan kepada generasi berikutnya dari anggota klan. Klan lainnya juga memiliki Kekkei Genkai yang sangat langka, seperti teknik mata yang unik, yang hanya bisa diturunkan melalui hubungan darah atau DNA.

Karena adanya perbedaan dari segi kualitas dan adanya saling bersaing antar klan, ninja dengan nama keluarga tertentu berusaha untuk menjabat beberapa posisi yang strategis yang sesuai dengan kemampuan mereka. Dengan banyaknya klan ninja di cerita Naruto, berikut adalah beberapa daftar klan ninja terkuat.

Hyuga

Klan Hyuga terkenal karena penampilan mereka dan juga kemampuan Byakugan mereka. Byakugan bukan hanya sebuah Kekkei Genkai atau jutsu yang diturunkan melalui garis keluarga, tapi juga merupakan salah satu jutsu mata terkuat bersama Rinnegan dan Sharingan. Karena kemampuan Byakugan mereka dan juga hubungan dengan klan Otsutsuki, klan Hyuga merupakan salah satu klan yang paling dihormati di Konoha.

Teknik dari klan Hyuga yang paling populer adalah Gentle Fist style taijutsu, yang mana mereka akan memaksimalkan kemampuan Byakugan mereka untuk melihat dan menyerang titik chakra musuh untuk melumpuhkan musuh tersebut. Mereka juga memiliki teknik luar biasa lainnya yaitu Eight Trigrams Sixty-our Palms yang biasanya diturunkan di keluarga inti saja. Tapi, Neji yang bukan dari klan inti berhasil menguasainya sendiri.

Uzumaki

Klan Uzumaki terpaksa harus dibubarkan akibat desa mereka, Uzushiogakure, hancur. Klan Uzumaki merupakan klan yang paling ditakuti di desa tersebut karena kemampuan dan kekuatan chakra mereka yang luar biasa. Karena dibubarkan,  para anggota klan Uzumaki pun menyebar ke seluruh desa-desa yang ada, dan mereka yang selamat harus merasakan tumbuh di lingkungan yang berbeda dan situasi yang berbeda.

Ibu Naruto, Kushina, pindah ke Konohagakure dan menjadi Jinchuriki bagi monster ekor sembilan setelah melahirkan Naruto karena kemampuan chakra klan Uzumakinya yang spesial. Karena kedua orang tua Naruto meninggal saat serangan monster tersebut di desa Konohan, Naruto pun harus tumbuh sebagai yatim piatu. Tapi, hal itu tidak menghalanginya untuk menggapai impian sebagai Hokage di desa Konoha. Selain Naruto klan Uzumaki lainnya yang diketahui adalah Nagato dan Karin.

Uchiha

Tentunya kita semua sudah mengenal dan mengetahui tentang klan Uchiha. Klan mereka selalu jauh dari kegiatan politik Konoha, dan hanya terlibat dalam beberapa peristiwa penting saja. Klan Uchiha terkenal akan mata merah mereka yang menyala, akibat Sharingan dan Mengekyou Sharingan. Sharingan sendiri akan meningkatan kemampuan visual dari penggunanya, yang membuat mereka bisa melihat dan menirukan sebuah jutsu.

Mangekyo Sharingan akan memberikan penggunanya akses terhadap berbagai kekuatan seperti Amaterasu, Susanoo, da Tsukuyomi. Anggota klan Uchiha yang paling populer adalah Madara, Itachi, dan Sasuke. Madara dikenal karena hampir menghancurkan semua dunia shinobi dengan Double Rinnegan dan Infinite Tsukuyomi. Itachi terkenal karena Mangekyo miliknya. Dan Sasuke mendapatkan Rinnegannya sendiri setelah berhasil mengalahkan Kaguya Otsutsuki.

Senju

Klan Senju mirip dengan klan Uchiha, dan klan ini merupakan salah satu pendiri desa Konohagakure. Pemimpin klan mereka, Hashirama, kemudian menjadi Hokage pertama dan adiknya menjadi Hokage kedua. Bertahun-tahun kemudian, cucu dari Hashirama yaitu Tsunade melanjutkan tradisi dengan menjadi Hokage kelima.

Selain terkenal karena menjadi keturunan Hokage, Hashirama  juga merupakan salah satu shinobi yang paling kuat yang pernah ada. Dia selalu berada satu langkah di depan Madara, dan sel miliknya begitu berharga bagi mereka yang ingin meningkatkan kekuatan, seperti yang dilakukan oleh Orochimaru. Tobirama juga dikenal sebagai pencipta beberapa jutsu seperti Impure World Reincarnation dan Shadow Clone Jutsu.

Otsutsuki

Klan Otsutsuki tidak diragukan lagi menjadi klan yang paling kuat dalam cerita Naruto. Semua hal yang berhubungan dengan chakra dan ninjutsu berawal dari klan ini. Kaguya Otsutsuki datang ke bumi dengan tujuan untuk “menanam” chakra. Meskipun dia sendirian, dia berhasil menghentiknan peperangan dan membuat seluruh penduduk bumi terjebak dalam Infinite Tsukuyomi berkat Rinne Sharingan miliknya.

Anak Kaguya, Hagoromo dan Hamura, kemudian tersadar bahwa ibunya sangat jahat dan akhirnya memutuskan untuk menyegelnya untuk selamanya. Klan Otsutsuki merupakan nenek moyang dari klan Senju, Uchiha, dan Uzumaki. Mereka juga adalah pihak yang bertanggung jawab atas terciptanya bijuu dalam cerita Naruto.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.