Dalam cerita One Piece, Pemerintah Dunia merupakan organisasi yang mengatur seluruh kehidupan di dalamnya. Termasuk tentang berbagai aturan yang ada kaitannya dengan bajak laut. Organisasi ini didirikan ratusan tahun yang lalu, dan terdiri dari sekitar 20 kerajaan yang pada saat itu bergabung untuk menyerang Ancient Kingdom. Setelah sukses, mereka kemudian mulai mendirikan organisasi Pemerintahan Dunia ini.

Pemerintah Dunia sendiri dianggap sebagai dewa atau tuhan dalam cerita One Piece, yang berbeda dari manusia pada umumnya. Gorosei atau lima tetua bintang adalah pemegang jabatan tertinggi di Pemerintahan Dunia. Tapi, ada sosok lainnya yang jauh lebih berkuasa dibanding Gorosei yaitu Im. Tidak banyak yang bisa diketahui dari sosok Im selain spekulasi bahwa dia adalah karakter yang tahu semua sejarah. Oleh karena itulah Im kemungkinan merupakan karakter yang paling tua dan memiliki hidup yang kekal. Ada beberapa poin untuk mendukung pernyataan ini.

Berkat Ope Ope no Mi

Selain mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit dan bisa memperlihatkan kekuatan yaitu Room, satu hal yang membuat buah iblis Ope Ope no Mi spesial adalah kemampuannya untuk memberikan hidup abadi. Hal ini pernah diungkapkan oleh Law sendiri. Tapi, sejauh ini belum ada contoh dari orang yang kekal akibat buah iblis ini dan Im ada kandidat yang paling kuat. Im-sama memiliki kekuasaan untuk membuat seseorang mengorbankan dirinya demi keabadianya.

Power Vacuum

Jika Im-sama mati, ada kemungkinan terjadi kebingungan dan bahkan kekacauan tentang siapa yang akan menggantikan posisi Im sebagai penguasa Pemerintah Dunia paling tinggi. Tapi, jika Im sama tidak pernah mati, tentunya hal itu tidak akan pernah terjadi. Apakah Im merupakan generasi pertama atau atau generasi selanjutnya masih belum diketahui. Yang pasti Im pasti sudah berkuasa sejak lama.

Abad Yang Hilang

Abad yang hilang kemungkinan berisi berbagai informasi yang ada kaitannya dengan Im-sama dan juga bagaimana Pemerintah Dunia bisa terbentuk. Oleh karena itulah Pemerintah Dunia berusaha untuk menutup-nutupi tentang fakta yang sebenarnya terjadi di era tersebut. Pemerintah Dunia bahkan sampai membuat larangan untuk mempelajari Poneglyph yang bisa membongkar rahasia tentang masa lalu. Ohara adalah salah satu contoh jahat dari Pemerintah Dunia untuk menutupi fakta sebenarnya.

Topi Jerami dan Joy Boy

Sudah banyak teori yang menyebutkan jika topi jerami raksasa yang tersimpan di lemari penyimpanan Mary Geoise merupakan milik dari Joy Boy. Dan salah satu momen pernah memperlihatkan jika Im sedang membandingkan Luffy dengan orang yang pernah menggunakan topi jerami yang sama di Mary Geoise.

Jika Im-sama tidak memiliki kehidupan yang abadi atau umur yang panjang, bagaimana dia bisa membandingkan Joy Boy dan Luffy jika dia tidak berada disana, yaitu Joy Boy masih hidup (perbedaan masa waktu). Jadi, kesimpulannya kemungkinan besar Im merupakan karakter yang usianya paling panjang dibandingkan dengan karakter lainnya di One Piece.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.