Shang-Chi, si ahli Kung-Fu, merupakan salah satu karakter dari Marvel Comics klasik yang kurang begitu populer di kalangan para fans. Pertama kali muncul dalam komik Special Marvel Edition 15, Shang-Chi kemudian menjadi salah satu karakter tetap dalam komik Hands of Kung Fu juga Master of Kung Fu. Berkat kemampuannya, dia sering kali bekerja sama dengan Darevil, Iron Fist, dan Daughters of the Dragon.

Shang-Chi juga pernah menjadi bagian dari tim pahlawan Avengers, bahkan Captain America sendiri yang meminta langsung kepada Shang-Chi untuk bergabung. Saat ini, dia menjadi bagian dari tim baru Agents of Atlas. Meskipun secara teknis Shang-Chi tidak memiliki kekuatan super, tapi dia memiliki berbagai keahlian dan kemampuan yang sangat luar biasa. Lalu, apa saja kemampuan seorang Shang-Chi?

Ahli Akrobat

Buat Geeks yang gemar menonton film laga yang dibintangi oleh Jackie Chan, Andy Lau, atau bahkan Jet Li bisa membayangkan bagaimana jika Shang-Chi beraksi. Dia bisa melakukan akrobatik layaknya para ahli bela diri Kung Fu lainnya. Dia bisa melompat dan menyebrangi atap, melakukan tendangan mematikan, dan berbagai gerakan ekstrim lainnya. Dari segi kemampuan menghindar dan bergerak, Shang-Chi memiliki kesamaan dengan Daredevil dan Captain America.

Ahli Senjata

Jika beberapa pahlawan seperti Elektra, Daredevil, dan Colleen Wing berusaha untuk menguasai satu senjata yang biasa digunakan dalam pertarungan, lain halnya dengan Shang-Chi. Dia terbukti sudah menguasai berbagai macam jenis senjata, terutama pedang dan nunchaku (double stick). Tapi, layaknya seorang ahli di bidang bela diri dia bisa memanfaatkan apapun yang ada di tangannya atau di dekatnya. Selain dengan senjata, Shang juga sangat mematikan bila bertarung dengan tangan kosong.

Tenang Dalam Segala Kondisi

Satu hal yang membedakan Shang-Chi dengan kebanyakan hero Marvel lainnya adalah kemampuan Shang-Chi untuk tetap tenang dalam segala kondisi, bahkan saat dalam pertempuran. Ketika beberapa karakter Marvel seperti Iron Fist dan Daredevil berusaha untuk berlatih tentang ajaran Zen Budhisme untuk menjaga agar pikiran dan kepala mereka tetap tenang saat bertarung, Shang mampu melakukan itu semua dengan lebih baik dibandingkan siapapun di Marvel Universe.

Shang-Chi akan tetap tenang, mampu menjaga emosinya, dan juga tidak panik ketika dia sedang menghadapi musuh terberatnya atau menghadapi banyak musuh sekaligus. Bukan berarti Shang-Chi tidak pernah menunjukan rasa marah dan emosinya ketika bertarung, tapi butuh hal yang sangat luar biasa untuk membuat Shang-Chi marah dan mengacaukan pikirannya.

Mampu Menekan Titik Tertentu Secara Tepat

Sama seperti para ahli Kung Fu atau ahli bela diri lainnya, Shang-Chi memiliki kemampuan dan keahlian dalam menyerang titik lemah (pressure point) dari musuh. Hal ini dilakukan untuk menghasilkan rasa sakit yang maksimal yang akan dirasakan musuhnya. Tetapi Shang-Chi bukan menjadi satu-satunya orang yang memiliki kemampuan ini karena Daredevil dan Iron Fist juga memiliki kemampuan yang sama.

Mampu Mengendalikan Tubuhnya Dengan Baik

Tidak perlu diragukan lagi, Shang Chi memiliki kendali penuh dan tepat terhadap otot-otot dan organ-organ yang ada di bagian tubuhnya. Shang Chi pernah memperlihatkan kemampuannya ini yang berguna untuk mengendalikan aliran darah dalam tubuhnya guna memperlambat penyebaran racun, mengatur irama jantungnya, dan bahkan mampu memperlambat pendarahan. Bahkan, dia memiliki kemampuan untuk mengendalikan hal tertentu dalam dirinya, dimana dia mampu membuat dirinya mati rasa akibat rasa sakit.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
https://www.greenscene.co.id/author/irvan-sukmaningrat/