Ace merupakan salah satu tokoh penting dalam cerita One Piece. Dia merupakan saudara – meskipun bukan sedarah – dari Sabo dan Luffy. Kematian Shanks di Marineford, menjadi salah satu momen yang paling monumental dalam seri ini. Padahal Ace merupakan sosok yang bisa menjadi penerus dari sang ayah, Gol D. Roger, tapi sepertinya Ace memutuskan untuk menghentikan ambisinya itu.

Biografi Singkat Ace

Berdasarkan dua novel Ace, ada berbagai informasi yang mungkin belum Geeks ketahui. Pertama adalah Ace pernah dipilih dan diberikan undangan untuk menjadi seorang Shichibukai di Sabaody. Tapi, Ace kemudan menolak tawaran tersebut dan akhirnya dia pun bertarung melawan seorang wakil admiral dan akhirnya menang dalam pertarungannya.

Saat pertarungan itulah Ace kemudian mendapatkan Armament Haki. Berdasarkan kesimpulan yang ada, Ace berhasil mendapatkan semua pencapaian tersebut di tahun pertamanya sebagai seorang bajak laut, di usia 17 tahun. Usia tersebut sama dengan Sabo ketika dia pertama kali diperlihatkan menggunakan Armament Haki, dan bisa jadi manganya sengaja membuat keduanya memiliki persamaan. Oleh karena itulah kematian Ace memicu kenangan masa lalu dari Sabo.  Jauh sebelum Ace tewas, dia sempat bertemu dengan Shanks, bertarung dengan Jinbe juga Whitebeard dan kemudian bergabung dengan kru Whitebeard. Pada saat itu, dia dianggap sebagai pendatang baru yang sangat berpotensi (dimana nilai buruan Ace mencapai 100 juta Belly di tahun pertamanya sebagai bajak laut) oleh Shanks.

Setelah Ace mendapatkan pangkat atau jabatan yang cuku tinggi di kru Whitebeard, dia kemudian bertarung melawan Blackbeard dan Ace pada saat itu menjadi salah satu bajak laut New World. Blackbeard mengatakan bahwa sudah sangat lama Ace berhasil dilukai dan Ace adalah seorang bajak laut yang mengetahui caranya menggunakan Armament Haki dan Observation juga Conqueror (yang tanpa dia sadari).

Ace mungkin terlihat sangat lemah, tapi dia pernah bertarung melawan dua karakter paling kuat di seriesnya. Mengapa Ace bisa kalah dari Sakazuki? Bisa jadi karena kondisinya yang tidak prima, sehingga dia tidak bisa maksimal dalam pertarungan tersebut. Pertarungan Ace dan Sakazuki juga tidak dilakukan dengan sangat baik jadi, sangat sulit untuk mengukur sampai sejauh mana kekuatannya.

Ace dan Roger

Ace sepertinya memiliki kualitas dari sang ayah. Seperti yang kita tahu, Roger tidak akan pernah kabur, apalagi ketika dia sedang melindungi rekan-rekannya. Roger tidak perduli tentang dunia, yang dia pedulikan hanyalah temannya. Tumbuh dengan situasi yang sama dengan Ace, dan itulah yang membuatnya menjadi seorang raja bajak laut, seperti yang diungkapkan oleh Garp.

Ace pun sama, dia tidak pernah kabur ketika melindungi rekannya. Dia tidak peduli jika dunia membencinya, oleh karena itu dia dicap sebagai orang jahat karena keegoisannya. Dan dengan kondisinya tersebut, Ace bisa menjadi kandidat selanjutnya untuk menjadi raja bajak laut. Apa intinya? Ace dan Roger memiliki kemiripan.

Apa yang diimpikan oleh Roger, adalah apa yang dilakukan oleh Roger, dan itulah mengapa dia menjadi seorang raja bajak laut. Ironisnya, meskipun Ace sangat membenci ayahnya hal itu tidak bisa menghapus fakta bahwa dia adalah anak dari Roger, seperti yang diungkapkan oleh Dadan kepada Garp.

Mengapa Membatalkan Impiannya

Kesimpulannya adalah Ace dianggap sebagai seorang bajak laut yang berpotensi untuk menjadi raja bajak laut seperti ayahnya dan dia pun pernah memiliki ambisi yang sama, lalu kenapa Ace memutuskan untuk mengurungkan niatnya tersebut? apakah Ace menyerah? apakah dia merasakan adanya kekurangan dalam kekuatan yang dia miliki?

Sepertinya jawabannya adalah fakta bahwa Ace menemukan seseorang yang dia anggap lebih hebat dari dirinya sendiri. Ace merupakan sosok yang “tidak wajar” dimana salah satu tujuannya dalam hidup adalah untuk menentukan apakah dia memang pantas untuk hidup atau tidak. Hal ini dikarenakan dia adalah anak dari orang yang paling dibenci di seluruh dunia dan, di sepanjang hidupnya Ace harus mengalami kenyataan pahit bahwa dia ditolak dan dibenci oleh orang lain.

Menjadi raja bajak laut kemungkinan adalah caranya untuk menghilangkan beban yang harus dia pikul. Dalam pertemuannya dengan Whitebeard yang secara tiba-tiba menawarkan kesempatan untuk menjadi anaknya dan menjadi bagian dari sebuah keluarga besar, dia tidak bisa menolaknya. Apa yang diberikan oleh Whitebeard adalah sesuatu yang tidak bisa diberikan oleh Roger, dan karena hal inilah dia membencinya.

Dia butuh sosok ayah dan pengakuan dari orang-orang, meskipun dia adalah anak dari Roger. Whitebeard yang kemudian mengetahui apa tujuannya tidak perduli akan hal itu, dan karena hal ini, Ace rela memberikan semuanya terhadap Whitebeard dan seluruh keluarganya. Apa yang Ace cari bukan hanya sebagai seorang raja bajak laut, melainkan keluarga, kebahagiaan, dan Whitebeard memberikan itu semua. Jadi, wajar jika keinginannya untuk menjadi raja bajak laut kemudian menghilang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.