Berbicara mengenai perkembangan kekuatan Luffy memang menjadi sesuatu yang menarik dan tidak akan ada habisnya. Wajar saja memang, karena Luffy adalah karakter protagonis utama dalam seri One Piece dan dia dipersiapkan untuk menjadi seorang raja bajak laut. Tentunya Luffy harus memiliki kekuatan yang cukup untuk bisa berada dalam posisi tersebut.

Oleh karena itulah para fans selalu penasaran dengan bagaimana kekuatan Luffy akan meningkat, khususnya dengan kekuatan buah iblis Gomu Gomu miliknya. Dengan lawan yang semakin berat, Luffy tentunya juga harus bertambah lebih kuat. Awakening Gomu Gomu merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kekuatan Luffy. Ada empat kemungkinan yang terjadi dengan Awakening Gomu Gomu. Apa saja?

Inflatable Castle

Ketika Luffy melakukan Awakening kekuatan Gomu Gomunya, kemungkinan pertama adalah dia bisa merubah sekelilingnya menjadi karet. Semua orang yang ada di di atasnya bisa melompat-lompat seperti berada di atas sebuah trampoline. Bisa dibayangkan tentunya keseruan ini ketika mereka sedang berada di atas Sunny Go, dimana para kru tidak akan bosan berada di atas kapal.

Bagaimana ketika Luffy bertarung? Hal ini akan menjadi salah satu kekuatan dahsyat Luffy, dengan membuat lawan atau musuh menjadi tidak stabil dengan membuat pijakan mereka menjadi karet. Bisa juga dengan merubah kapal perang musuh menjadi karet dan menghadirkan kekacauan besar di dalamnya dengan membuat orang-orang melompat tiada henti.

The Tire (New Engine)

Luffy akan bisa mengatur kepadatan kulitnya. Biasanya, untuk memperkeras sebagian tubuhnya Luffy memerlukan Armament Haki. Tapi, ketika Luffy berhasil mengaktifkan Awakening Gomu Gomu maka Luffy tidak perlu Haki untuk melakukannya. Dia akan menjadi Karet yang sangat kuat, seperti ban yang kita gunakan sehari-hari. Ketika berbicara tenaga, tentunya akan lebih banyak tenaga yang diterima oleh musuh yang hasilnya adalah damage yang lebih besar.

Lalu, apa yang dimaksud dengan New Engine? Karena Luffy menyebut tranformasi bertarunya sebagai “Gears.” Lalu, kenapa bukan Gear 5? Karena Luffy sekarang sudah memiliki “material” baru untuk menciptakan sebuah form. Dengan memberikan perubahan di bagian kulitnya, dia akan mendapatkan sebuah tubuh baru yang bisa dilatih.

MicroGod of Tontattas

Kemungkinan yang satu ini memang cukup gila. Luffy akan bisa mengendalikan dengan bebas kompresi dari tubuhnya. Dengan kata lain, kemampuan ini adalah kebalikan dari kekuatan Gear 3. Bukan menjadi besar, tapi justru Luffy akan menyusut seukuran suku Tontatta. Meskipun Luffy berubah menjadi kecil, tetapi kekuatannya akan tetap sama.

Luffy sebenarnya pernah membuktikan jika hal ini mungkin dilakukan. Saat Luffy mengakses Gear 4, dia bisa mengembalikan tangan raksasanya ke ukuran normal dan kemudian menyerang musuhnya dengan kekuatan yang besar dan kecepatan yang dahsyat. Bayangkan, bila hal itu bisa dilakukan oleh seluruh anggota badannnya tentu hal ini akan memberikan serangan kejutan bagi musuhnya.

The Intelligent Blob of Destruction

Ketika Luffy mengeluarkan semua tenaganya, dia akan mengeluarkan semacam asap atau uap dari dalam tubuhnya. Hal itu disebabkan oleh suhu yang sangat tinggi dari dalam tubuhnya, dan juga uap tersebut menjadi bukti bagaimana dahsyatnya  tenaga yang dikeluarkan oleh Luffy. Ketika Awakening Gomu Gomu terjadi, Luffy bukan hanya beruap atau mengeluarkan asap dari tubuhnya melainkan juga membuat Luffy terbakar.

Mirip seperti kekuatan Sanji, hanya saja yang membedakan adalah seluruh Tubuh Luffy akan dipenuhi api sedangkan Sanji hanya di bagian kakinya saja. Kemampuan ini tentunya akan sangat destruktif bila terkena musuh.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.