Sebuah aspek yang mencolok dari franchise Gundam adalah model kitnya, yang sangat penting bagi franchise ini khususnya dalam hal merchandise. Meskipun model kit yang dijual ini berasal dari berbagai seri animasi Gundam, ternyata ada juga berbagai macam model yang tidak akan kalian temui di seri animasinya. Kebanyakan model kits ini berdasarkan Mobile Suits dari Gundam Expanded Universe atau Variations Design Books.

Berbagai Mobile Suits ini merupakan varian dari berbagai suits yang sudah ada, suits yang ada di universenya, atau bahkan bahkan mewakili model yang kemungkinan akan muncul di seriesnya. Berikut adalah beberapa contohnya.

Guncannon II

Buku desain Mobile Suits Variations memperlihatkan berbagai desain Mobile Suits yang ditampilkan saat One Year War, yang tidak muncul dalam seri orisinal Mobile Suit Gundam dikarenakan alasan ongkos produksi, waktu, atau adanya perubahan saat pengembangan. Meskipun beberapa dari MSV muncul sebagai cameo dalam Zeta Gundam, beberapa desain suits tidak ditampilkan.

Salah satu diantaranya adalah Guncannon II. Desainnya sendiri merepresentasikan versi terbaru dari Guncannon yang berasal dari seri orisinal, yang digunakan saat fase terakhir One Year War. Aspek yang menarik dari desain Guncannon II berasal dari warna jet-black dan visor yang sangat keren. Desainnya juga menggantikan dua meriam artileri yang ada di suits sebelumnya, dengan sebuah meriam laser.

Casval’s Gundam

Beberapa desain Mobile Suits yang digunakan untuk model kit bukan hanya Mobile Suits yang secara canon muncul off-screen tapi juga yang berasal dari timeline alternatif tradisional. Banyak juga yang berasal dari permainan video, Gihern’s Greed, yang memberikan para pemainnya kesempatan untuk menentukan bagaimana akhir dari perang One Year.

Salah satu model yang berasal dari game tersebut adalah Casval’s Gundam. Desain ini bukan hanya keren karena memberikan desain ikonik gundam dengan warna merah, tapi juga memiliki sebuah backstory yang sangat menarik. Ceritanya adalah Gundam tersebut digunakan oleh Char di masa ketika Zeon memenangkan One Year War dan Char memutuskan untuk balas dendam terhadap pemimpin Zeon.

Hyaku Shiki Kai

Beberapa suits dari buku desain dianggap sebagai suits yang potensial untuk meningkatkan berbagai Mobile Suits di sebuah seri animasinya. Dalam kasus ini, desain tersebut merupakan upgrade dari suits Hyaku Shiki milik Char Azanble dalam series Zeta Gundam. Hyaku Shiki Kai merupakan contoh yang baik dari buku desain Variation dengan mengadaptasi Mobile Suit yang belum muncul di animenya dan membuatnya lebih keren.

Untuk Hyaku Shiki Kai, hal ini dilakukan dengan membuat desain mobile suitnya terlihat lebih organik dengan ditambahkan sebuah penampilan yang menarik yaitu menambahkan kepala yang mirip mahkota.

Nu Gundam Double Fin Funnel Type

Beberapa desain dari Mobile Suits Variations bukan hanya meningkatkan desain Mobile Suitnya saja dengan membuat mereka terlihat lebih keren, sebagian juga memperbaiki permasalahan desain yang ada di mobile Suitnya. Nu Gundam Double Fin Funnel Type yang berasal dari Char’s Counterattack Mobile Suit Variations adalah contoh yang bagus dari hal ini, karena sebagian besar desain dari Nu Gundam berusaha untuk membuatnya sebagai dasar dibandingkan dengan yang orisinal.

Untuk Nu Gundam, desainnya sendiri menghadirkan satu set Fin Funnel yang membuat mobile suits ini terlihat mencolok berkat desain Fun Funnelnya yang asimetris diantara berbagai Gundam Mobile Suits lainnya. Mereka kemudian memberikan sepasang lagi Fin Funnel untuk memperbaiki masalah tersebut. Satu-satunya alasan mengapa desain ini tidak digunakan dalam Char’s Counterattack adalah kedua pasang Fin Funnels tersebut tidak bisa dipasangi Beam Saber.

Vigna Ghina II

Sudah sangat terkenal di kalangan pecinta Gundam bahwa film Gundam F91 seharusnya menjadi sebuah TV series. Perubahan ini bukan hanya membuat pace ceritanya menjadi aneh, tapi juga pada akhirnya membuat berbagai desain keren dari Mobile Suits gagal untuk muncul. Salah satu desain yang akhirnya harus gagal muncul adalah Vigna Ghina II. Mobile Suit ini digunakan oleh Dorel Ronah di akhir F91. Desainnya sendiri terlihat sangat keren karena berbagai alasan. Salah satu alasan utamanya adalah terlihat sangat pantas untuk menjadi mobile suits seorang villain.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.