Seperti yang kita tahu, ketika Bruce Banner sangat marah dia akan berubah menjadi sosok Hulk. Monster hijau besar tersebut akan menghancurkan apapun yang ada di sekitarnya. Banner/Hulk sendiri memiliki berbagai kepribadian, contohnya adalah Maestro yang merupakan versi jahat dari Hulk. Tapi, bagaimana jika Hulk bertransformasi menjadi “Hulk” versinya sendiri?

Versi savage dari Hulk ini pertama kali muncul dalam event Axis yang dirilis pada 2014 lalu, dimana peristiwa tersebut bukan hanya mempengaruhi para heroes tapi juga para villain. Dalam cerita ini diperlihatkan dunia yang sangat kacau, misalnya ketika Red Skull mencuri otak Professor Xavier dan mengganti otak miliknya. Hasilnya adalah “Red Onslaught” yang sangat kuat, dimana para hero sendiri tidak sanggung untuk melawannya.

Magneto beserta para villain lainnya kemudian bergabung dalam satu tim demi menghentikan langkah dari Red Skull tersebut. Doctor Doom dan Scarlet Witch kemudian mengeluarkan mantra kebalikan, dengan harapan hal itu bisa membawa kembali jiwa dari Professor X yang ada di dalam otak Red Skull.

Sayangnya, meskipun mantra tersebut berhasil mengembalikan jiwa atau kepribadian Charles Xavier, ternyata mantra itu juga “mengubah” kepribadian para pahlawan dan juga para hero. Disaat Luke Cage dan Iron Man berubah menjadi penjahat, villain seperti Carnage sekarang berubah menjadi pahlawan. Hulk juga menjadi karakter yang terkena dampak dari mantra ini.

Tidak lagi berwarna hijau, Hulk berubah menjadi warna abu-abu kehitaman, memiliki rambu berwarna putih dan matanya merah. Sosok monster ini kemudian dikenal sebagai Kluh, yang lahir dari rasa amarah Hulk sendiri dibandingkan amarah Bruce Banner. Kluh bahkan lebih mengerikan dan lebih brutal dibandingkan dengan Hulk yang selama ini kita kenal.

Jika Hulk ingin menjauh dari orang-orang karena tidak ingin menyakiti mereka, Kluh justru menyukai kehancuran dan kekacauan. Dia juga sangat menyukai untuk membunuh orang lain. Kluh tidak perduli jika harus menyerang Avengers dan bahkan dia hampir saja memakan lengan Nova, yang akhirnya membuktikan bagaimana berbahayanya Hulk versi ini.

Meskipun Kluh pada akhirnya berhasil dikembalikan menjadi Hulk, hal ini memunculkan pertanyaan apakah Kluh harus kembali muncul dalam cerita Marvel? Seperti yang disebutkan sebelumnya, sebagian besar versi Hulk merupakan manifestasi dari amarah dan kepribadian dari Bruce Banner. Tapi, Kluh berbeda. Dia adalah bentuk perwujudan dari amarah Hulk itu sendiri.

Yang cukup tragis adalah Kluh tercipta dari amarah dan kekesalahan Hulk. The Hulk sendiri sudah sejak lama memendam hal tersebut dalam dirinya, dikejar-kejar oleh pihak militer, dianggap sebagai penghancur, juga bertarung melawan para hero dan villain. Semua amarah tersebut kemudian menumpuk dan berwujud dalam sosok Kluh.

Dengan Kluh tidak lagi muncul selain dalam peristiwa Axis adalah sebuah keajaiban. Meskipun akan sangat menarik jika Kluh kembali muncul, bisa dibayangkan kehancuran dan korban yang berjatuhan akibat perilaku Kluh. Hal ini juga sekaligus membuktikan bahwa bila Hulk menjadi sosok villain di Marvel universe, dia akan menjadi lawan yang sangat kuat bagi para Avengers.