Banyak orang yang penasaran dengan apa yang terjadi dengan wajah Zoro, khususnya pada bagian matanya. Seperti yang kita tahu, Zoro memiliki bekas luka sayatan di bagian matanya. Tapi, Oda Sensei sendiri belum memberikan penjelasan apa yang terjadi. Banyak yang kemudian berspekulasi bahwa bagian mata Zoro mengandung teknik dahsyat seperti Asura, dan menjelaskan mengapa Zoro memiliki kekuatan iblis yang dahsyat.

Teori lainnya menyebutkan bahwa luka di mata Zoro diakibatkan iblis yang bersemayam dalam diri Sandai Kitetsu. Kemudian teori lainnya juga menyebutkan jika luka tersebut sengaja dibuat agar Zoro bisa lebih bisa merasakan benda atau orang-orang. Bagi para pengguna pedang, fungi Armament Haki dan Observation Haki tentu sangat penting. Tanpa perlu melihat, dia bisa merasakan keberadaan musuhnya.

Entah apakah ada hubungannya, namun bisa jadi kehilangan sebelah matanya merupakan kunci untuk membangkitkan hal tersebut. Zoro mungkin sengaja menyayat bagian mata kirinya untuk membangkitkan kemampuan ini. Namun, teori yang cukup masuk akal adalah luka tersebut diakibatkan dari bekas latihannya bersama Mihawk.

Hal tersebut wajar, mengingat Mihawk memiliki gaya bertarung yang sangat keras, apalagi dengan kekuatannya yang hebat. Ditambah lagi dengan sifat keras kepala yang dimiliki Zoro, sangat wajar jika Mihawk memberikan “pelajaran” untuk Zoro lewat luka tersebut. Selain akibat latihan, ada satu lagi yang bisa menjelaskan mengapa Zoro bisa memiliki luka tersebut. Sebelum time-skip dimulai atau pada chapter 957, Oda Sensei pernah memperlihatkan kita desain karakter terbaru dari Luffy dan Zoro di masa depan.

Kita bisa melihat bahwa Oda memang sudah sedari awal menginginkan Zoro memiliki bekas luka yang besar di bagian wajahnya. Mungkin luka yang dimiliki oleh Zoro tersebut memiliki kekuatan yang dahsyat, atau teknik yang sangat bagus, atau ada kemungkinan jika luka tersebut memiliki cerita yang sangat berkesan bagi Zoro. Meskipun kemungkinannnya kecil, tapi bisa juga kalau luka tersebut hanya luka biasa saja dan tidak ada yang spesial dibalik itu semua.

Yang cukup menarik adalah Silvers Rayleigh juga memiliki luka yang sama, di bagian kanan wajahnya. Seperti yang banyak orang bicarakan, kru Luffy merupakan “contoh” atau memiliki kesamaan dengan kru Bajak Laut Roger. Jika Gol D. Roger bisa disamakan dengan Luffy, maka Zoro bisa disamakan dengan Rayleigh. Kita nantikan saja ya Geeks, apakah Oda Sensei akan memberikan informasi terkait luka tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.