Menjadi Hokage adalah sebuah tugas yang sangat berat. Dia menjadi pemimpin buat desa Konoha, dan harus mengatur seluruh masyarakatnya dan juga seluruh pasukan ninja yang ada di desa itu. Tidak jarang juga Hokage harus turun tangan langsung untuk menghadapi ancaman yang datang ke desa Konoha. Sudah tidak terhitung berapa banyak ancaman yang nyaris menghancurkan Konoha.

Menjadi sosok Hokage tentunya tidak bisa sembarangan. Hanya orang-orang tertentu yang bisa mengambil jabatan ini. Mereka harus menjadi shinobi yang paling kuat, cerdas, dan bisa diandalkan di desa tersebut. Saat ini jabatan Hokage Konoha dipegang oleh Uzumaki Naruto. Tapi, tentunya Naruto tidak akan mungkin selamanya menjadi Hokage dan akan muncul generasi baru yang akan menjadi pengganti Naruto. Lalu, siapa yang dirasa pas untuk bisa menggantikan posisi Naruto?

Uchiha Sasuke

Sasuke dikenal sebagai “Hokage yang lain” karena dia selalu menjadi tangan kanan dari Uzumaki Naruto.  Sudah sejak lama Sasuke menjadi rival dari Naruto. Untuk masalah kekuatan dan kemampuan dari Sasuke tentunya tidak perlu diragukan lagi. Kecerdasan, ketenangan, dan kemampuannya membuat Sasuke menjadi salah satu kandidat kuat dari Hokage Konoha selanjutnya.

Sasuke sama seperti Naruto, di mana ia sudah mengalami banyak hal dalam hidupnya, termasuk peperangan yang melibatkan Konoha. Menjaga perdamaian dari lima negara adalah sebuah tugas yang sulit, tapi dengan pengalaman yang dia miliki, dia bisa melakukan hal itu meskipun mungkin di satu sisi dia mungkin tidak setuju dengan adanya perdamaian ini.

Konohamaru Sarutobi

Konohamaru adalah murid dari Uzumaki Naruto, dan juga cucu dari Hokage ketiga, Hiruzen Sarutobi. Sedari kecil dia juga memiliki mimpi buat menjadi Hokage, dan karena itulah dia sangat mengidolakan Naruto. Selama perkembangan cerita Naruto dan Boruto, Konohamaru sudah berubah dari seorang genin cilik menjadi salah satu Jonin terkuat Konoha.

Kemampuan Jutsu Konohamaru yang sangat kaya dan juga kemampuan Konohamaru dalam memutuskan sesuatu, menjadi modal yang cukup untuk menjadi seorang Hokage hebat. Meskipun dia bukan seorang shinobi yang kuat untuk saat ini, tapi dia punya peluang yang sama buat menjadi Hokage selanjutnya di Konoha.

Haruno Sakura

Sakura dulunya merupakan anggota dari Team 7, bersama dengan Naruto, Sasuke, dan Kakashi.  Selain itu, dia juga merupakan seorang ninja medis yang luar biasa. Semuanya berkat didikan dari Hokage kelima yaitu Tsunade Senju. Sakura tentunya bukan seorang Kunoichi yang bisa dipandang sebelah mata. Meskipun mungkin dia tidak banyak melakukan misi belakangan, tapi dia tetap salah satu shinobi yang kuat.

Salah satu bukti kekuatannya adalah dia mampu melampaui Tsunade sebagai seorang ninja, dan jika Tsunade bisa memimpin desa Konoha sebagai seorang Jonin, maka Sakura juga bisa. Meskipun Sakura tidak bisa sekuat Naruto, di bawah kepemimpinan Sakura desa Konoha bisa hidup dengan baik.

Nara Shikamaru

Shikamaru adalah penasihat langsung bagi Uzumaki Naruto, dan dia sebelumnya pernah menjabat menjadi penasihat buat Hokage keenam, yaitu Kakashi. Dengan kecerdasan yang tinggi, tidak banyak orang yang selalu memperhitungkan semuanya dan juga memiliki karakter setenang Shikamaru. Menurut Kakashi, Shikamaru bahkan bisa saja menjadi Hokage di kemudian hari tapi dia tidak memiliki kekuatan seperti Naruto atau Sasuke.

Meskipun dari segi level kekuatannya Shikamaru tidak lebih kuat dari Naruto, Shikamaru tetap memiliki peluang yang sama untuk bisa menggantikan Naruto di kemudian hari. Sudah banyak bukti kecerdasan dari Shikamaru, mulai dari seri Naruto sampai seri Boruto. Shikamaru selalu diandalkan dalam membuat sebuah keputusan. Oleh karena itulah, Shikamaru punya peluang menjadi Hokage buat menggantikan Naruto.

Uchiha Sarada

Sarada adalah putri dari Sakura dan Sasuke, juga sama seperti Boruto, dia adalah seorang shinobi yang penuh dengan potensi. Dengan memiliki kekuatan gabungan dari ayah dan ibunya, Sarada tentunya memiliki kesempatan yang besar buat menjadi pemimpin desa Konoha tersebut. Lagipula, Sarada adalah orang yang selalu bermimpi untuk menjadi seorang Hokage di desanya.

Meskipun usianya masih sangat muda, Sarada tentunya akan berkembang dengan sangat baik. Syaratnya tentu Sarada harus bisa mendapatkan guru yang tepat untuk mengeluarkan semua potensi dalam dirinya. Boruto sendiri pernah menyatakan jika dia sudah siap untuk menjadi orang kepercayaan Sarada jika suatu saat dia menjadi Hokage Konoha.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.