Dalam game Grand Theft Auto V atau GTA V, kota Los Santos dipenuhi oleh berbagai misi, aktifitas sampingan, berbagai karakter unik, dan juga berbagai easter eggs dan referensi yang membuat para pemain betah untuk tetap bermain di game ini dan mencoba untuk mencari semua misteri di dalamnya. Berbagai misteri tersebut ada yang bisa dipecahkan dalam waktu yang cepat, ada juga yang membutuhkan waktu sampai bertahun-tahun. Berikut adalah berbagai misteri yang ada di GTA V

Zombie Outbreak

Zombie sudah menjadi bagian besar dalam budaya populer, dan monster tersebut sudah banyak muncul di berbagai medium mulai dari permainan video game, TV, dan tentunya film. Jadi, rasanya tidak aneh kalau kemudian GTA V memasukan referensi tentang zombie ke dalam gamenya. Misteri tentang zombie ini sepertinya merupakan easter egg dari Rockstar kepada para fans tentang kemungkinan adanya zombie. Contohnya adalah adanya Zombotech Corpration dan kuburan yang terbuka dengan cahaya di dalamnya.

Jika Geeks berjalan-jalan ke rumah “creepy uncle Lester”, kalian akan menemukan sebuah kotak di dekat meja kerjanya yang tertulis ‘Zombie Outbreak’. Hal ini bisa saja hanya sebuah ketakutan dari Lester atau bisa saja menjadi petunjuk tentang DLC selanjutnya. Lagipula sosok ‘zombie’ sendiri bisa ditemuka di LS, yang hanya saja penampilan dan rupanya tidak seperti zombie yang kita harapkan. Hanya seseorang yang berjalan dan berpenampilan konyol.

Rumah Berhantu

Misteri ini juga bisa jadi hanya sebuah lelucon yang dilakukan oleh tim Rockstar terhadap para fans. Tapi, sudah sejak lama para fans mengatakan bahwa ada sebuah rumah berhantu yang bisa dikunjungi oleh para pemain. Rockstar sendiri sebenarnya tidak aneh dengan hal yang berbau ‘hantu’, dimana dalam game GTA IV pernah membuat para pemain mengeksplor sebuah pabrik kuno untuk mencari hantu.

Red Dead Redemption juga memiliki sebuah rumah besar yang ditinggalkan penghuninya di Tumbleweed. Buat Geeks yang penasaran dengan rumah berhantu ini, jangan datang di siang hari karena tidak akan terjadi apa-apa. NPC akan melakukan semua kegiatan yang sudah di set sedemikian rupa. Tapi, di malam hari, hal aneh bisa saja terjadi. Misalnya ketika kita menodongkan senjata ke arah NPC dan menyentuhnya, dia akan mati. Apakah memang benar berhantu atau hanya sekedar glitch?

Momen lainnya terjadi di sebuah terowongan kereta dalam update terbaru (sebelumnya terowongan ini tidak terbuka) yang bisa diakses dengan menempelkan bom tempel. Tidak ada apa-apa di dalam terowongannya, tapi jika kita mengikuti beberapa terowongan tertentu sampai akhir dan kemudian melemparkan sebuah molotov maka kita akan melihat arwah berbentuk api yang mencoba menyerang kita. Apakah itu juga sebuah glitch?

Misteri Kasus Pembunuhan Lenora Johnson

Buat Geeks yang memang berniat untuk menyelesaikan gamenya 100% pasti akan tahu tentang misteri ini. Misteri tentang Lenora Johnson bisa dibaca di internet yang ada di dalam gamenya, atau bahkan bisa didengarkan di radio. Artikelnya sendiri menceritakan tentang sosok Lenora Johnson, yang dibunuh secara brutal setelah dia diperkosa. Pelakunya sendiri belum diketahui dan kemungkinan masih berkeliaran di wilayah Los Santos.

Bila Geeks ingin mengetahui siapa yang membunuhnya, bisa memasukan kata kunci ‘who killed Lenora Johnson’ atau siapa yang membunuh Lenora Johnson di pencarian, dan kita akan diarahkan ke berbagai halaman yang memberikan detail tentang pembunuhnya bersama dengan gambar dan konspirasi politik lainnya. Ada banyak nama-nama dalam daftar tersebut, tapi bila Geeks mau mencari siapa pelaku sebenarnya Geeks bisa mencari petunjuk dari 50 catatan yang tersebar.

Gunung Berhantu

Bukan hanya spekulasi, tapi hantu nyata bisa benar-benar muncul di LS. Buat Geeks yang penasaran, bisa menemukannya di puncak gunung Gordo diantara jam 11 sampai jam 12 malam. Teori tentang hantunya memang menjadi salah satu teori yang paling banyak dibahas di kalangan para pecinta GTA V. Banyak yang mengatakan bila hantu tersebut adalah sosok Lenora Johnson.

Tapi, ternyata sosok hantu tersebut ternyata adalah Jolene Cranley, mantan istri dari Jock Cranley. Kalau Geeks terlalu dekat dengan hantu tersebut maka hantunya akan menghilang. Di atas gunung tersebut, Geeks bisa menemukan tulisan “Jock” yang ditulis dengan darah. Jock sendiri membunuh Jolene karena dia tidak mau pindah dari Blaine County demi mengejar cita-citanya sebagai bintang film. Sehingga Jock mendorongnya dari bukit. Detail ini diadaptasi dari kisah dimana seorang perempuan menusuk kekasihnya .

Jet Pack

Jet Pack merupakan salah satu benda yang populer di kalangan para fans GTA. Di GTA San Andreas, jet pack bisa digunakan setelah mengakses misi namun setelah semuanya selesai jet pack bisa ditemukan di berbagai sudut-sudut rahasia. Tapi, di GTA V jet pack bukan menjadi sesuatu yang biasa digunakan dalam misi. Tidak ada bukan berarti jet pack tidak ada sama sekali di game ini.

Geeks bisa pergi ke gunung Chillad, yang merupakan gunung paling tinggi di game ini. Geeks tentu pernah melakukan berbagai hal konyol di gunung ini, seperti melompat dari atas gunung atau hal lainnya. Tapi, kalau Geeks perhatian disamping sebuah stasiun kereta gantung ada sebuah gambaran yang sepertinya dibuat oleh manusia gua yang terlihat seperti sebuah peta, lengkap dengan simbol jet pack.

Sampai saat ini masih belum diketahui ada fans atau para pemain yang berhasil menemukan jet packnya. Sehingga kemungkinan jet pack tersebut bisa didapatkan melalui mod atau bisa jadi semua itu hanyalah Rockstar yang ingin menggoda para fans.

Alien

Selain jet pack dan segala hal tentang hantu, alien juga menjadi salah satu misteri yang populer di kalangan para fans. Bedanya, alien memang benar-benar ada tanpa kita sadari. Sedari awal, sebenarnya Rockstar sudah memasukan alien ke dalam cerita. Monster tersebut bisa dilihat dengan mengendarai mobil kita dibawah jembatan dan bukan menyebranginya.

Kemudian kita keluar dan lihat ke arah danau yang membeku, dan disanalah alien tersebut berada. Alien tersebut membeku di bawah air, dan bentuk alien tersebut mirip seperti Xenomorph dari franchise Alien. Alien lainnya juga bisa kita bunuh dalam sebuah side mission dengan Michael ketika dia menghisap sesuatu yang aneh dan bertarung melawan sosok alien tersebut dengan sebuah minigun. Hal ini memang menjadi perdebatan apakah Michael dalam keadaan sadar atau diracun oleh anaknya sendiri. Hal lainnya yang berkaitan dengan UFO dan alien adalah setelah kita menyelesaikan semua misi. Dengan mengumpulkan berbagai parts dari UFO, kita bisa mendapatkan sebuah mobil terbang.