Seri One-Punch Man adalah sebuah seri manga bergenre shounen yang dikenal karena keunikan cerita dan karakternya. Memang, karakter protagonis utama dalam cerita selalu digambarkan yang paling kuat. Tapi, itu semua butuh proses seiring berjalannya waktu. Meskipun Saitama juga butuh proses untuk menjadi kuat, tapi ketika dia menjadi kuat, dia menjadi sangat terlalu kuat.

Saitama bisa menghancurkan musuhnya hanya dengan satu kali pukulan saja. Tubuhnya kuat terhadap berbagai serangan. Hampir tidak ada senjata atau benda apapun yang bisa menghancurkan Saitama, dan tidak ada satu orang pun yang bisa memberikan Saitama perlawanan yang cukup kuat. Bahkan, Lord Boros yang merupakan pemimpin alien perampok bisa dikalahkan oleh Saitama kurang dari 5 pukulan (Boros memiliki armor yang cukup kuat).

Kekuatan itu membuat Saitama sering kali bosan, karena dia merasa tidak ada lawan yang memberikannya adrenalin atau motivasi untuk menang. Lalu, apakah memang sama sekali tidak ada lawan yang seimbang untuk seorang Saitama? Watchdog Man merupakan salah satu kandidat terkuat yang bisa menandingi kekuatan Saitama, meskipun memang sedikit aneh membandingkan kekuatan Watchdog Man dan Saitama.

Sejauh ini, Watchdog Man sudah menghadirkan sesuatu yang sangat luar biasa. Meskipun dia jarang sekali muncul, dan masih belum diketahui bagaimana ceritanya sehingga dia bisa berada di kelas S, Watchdog Man tetap menunjukan kemampuan yang impresif. Buktinya adalah ketika dia mampu mengalahkan Garou tanpa ampun. OPM juga masih belum memperlihatkan kekuatan sebenarnya dari Watchdog Man.

Asosiasi pahlawan memberikan tugas kepada sang hero untuk menjadi penjaga kota Q, salah satu kota yang paling berbahaya dalama cerita OPM. Watchdog Man diketahui belum pernah kalah satu kalipun melawan musuh, baik manusia ataupun monster. Yang luar biasanya adalah dia bahkan tidak pernah terluka sedikit pun, dan untuk melawan musuh atau monster dia tidak memerlukan bantuan.

Bukan tanpa alasan memang. Seperti yang pernah diungkapkan oleh Garou, gaya bertarung adaptasi dari gerakan binatang yang dipraktekan oleh Watchdog Man terbukti bukan sebuah lawan yang sepadan bagi berbagai aliran bela diri. Berbeda dengan jurus atau aliran bela diri yang bisa diprediksi gerakannya, untuk gerakan adaptasi binatang yang dilakukan oleh Watchdog Man sangat tidak bisa diprediksi.

Ketika sedang bertarung, dia benar-benar berubah menjadi sosok makhluk buas mengerikan.  Dia menggunakan seluruh keempat kaki dan lengannya secara simultan dan dinamis. Bukan hanya dari segi tenaga saja, kecepatan dan kelincahannya juga diluar kemampuan manusia pada umumnya. Garou pun bahkan kewalahan menghadapi kecepatan dan kelincahan sosok Watchdog Man.

Yang unik juga adalah dia memiliki kemampuan untuk mendengar dalam frekuensi tinggi, dan juga indera penciuman yang tajam mirip seperti seekor anjing. Dengan berbagai kemampuan dan segala kelebihan yang dia miliki – meskipun belum diketahui semua kekuatannya – Watchdog Man tentu bisa menjadi salah satu lawan yang seimbang bagi Saitama, setidaknya dalam sisi tenaga atau kekuatan.

Untuk kelebihan dimana Saitama bisa menghancurkan musuh dalam satu pukulan, Watchdog Man mungkin kalah. Tapi, jika pertarungan yang memang hanya mengandalkan kemampuan bertarung, tenaga, dan kemampuan lainnya, Watchdog Man bisa menjadi lawan yang seimbang. Bagaimana pendapat kalian Geeks?