Dalam cerita One Piece, bajak laut sudah lama ada. Bahkan, kelompok bajak laut tertua yang tercatat adalah kelompok bajak laut yang dipimpin oleh Dorry dan Brogy. Mereka sudah mulai mengitari lautan sejak 100 tahun yang lalu. Tapi, terlepas dari dunia bajak laut dan kelompok Dorry dan Brogy yang sudah ada sejak lama, tidak ada kelompok bajak laut lainnya di zaman dahulu yang mampu mengguncangkan dunia.

Baru kemudian sekitar 40 tahun yang lalu, kelompok bajak laut Rocks, yang dipimpin oleh Rocks D. Xebec mulai dikenal oleh banyak orang dan kelompok mereka bahkan bisa bertahan sampai era Gol D. Roger dimulai. Roger kemudian berhasil menyingkirkan Rocks, dan mengukirkan sejarah sebagai orang dan kelompok bajak laut pertama yang menaklukan seluruh Grand Line dan berhasil menemukan One Piece.

Keberhasilan itu membuat Roger kini mendapatkan gelar raja bajak laut. Kematian Roger membuat banyak bajak laut untuk mengikuti jejak Roger, apalagi sang raja bajak laut mengatakan sebelum dia dieksekusi, bahwa One Piece memang benar ada. Ucapan terakhir itu, menjadi awal mula dari era baru bajak laut. Untuk mengenang kembali para bajak laut “senior”, berikut adalah lima kapten bajak laut terkuat dalam cerita One Piece.

Big Mom

Charlotte Linlin atau yang dikenal sebagai Big Mom, adalah salah satu sosok lainnya yang memiliki titel Yonko dalam cerita One Piece. Dia merupakan kapten dari Bajak Laut Big Mom dan menguasai banyak wilayah di Grand Line. Kekuatan Linlin benar-benar sangat luar biasa, dimana dia diketahui pernah membunuh seekor beruang raksasa hanya ketika usianya masih 5 tahun.

Ketika dewasa, dia mampu menghabisi siapapun yang menghalangi jalannya. Dia bahkan mampu menandingi kekuatan dari Kaido, meskipun dia tidak menggunakan kekuatannya 100% yang mana hal tersebut membuktikan bahwa Big Mom bukanlah karakter yang patut diremehkan. Big Mom sendiri sebenarnya merupakan mantan anak buah Rocks D. Xebec, bersama Whitebeard dan Kaido.

Big Mom sendiri menguasai ketiga jenis Haki, mulai dari Armament Haki, Observation Haki, dan juga Conqueror Haki. Kemampuan Haki Big Mom kemudian diperkuat dengan buah iblsi Soru Soru no Mi, dimana dia mampu mengambil jiwa seseorang yang dia sentuh. Dengan kemampuan ini, dia bisa mengambil jiwa seseorang dan menyimpannya ke benda lain. Dengan kemampuan ini, Big Mom bisa menciptakan makhluk yang disebut Homies. Zeus, Promotheus, dan Napoleon merupakan contoh Special Homies yang artinya dia berasal dari fragmen atau serpihan jiwa Big Mom.

Shiki The Lion

Shiki merupakan salah satu mantan anggota bajak laut Rocks D. Xebec, dan merupakan karakter yang mengerikan dalam cerita One Piece. Kemampuan yang dimiliki oleh Shiki menjadikan dia salah satu rival bagi Whitebeard dan Gol D. Roger. Shiki juga memiliki armada yang sangat besar dan banyak di Grand Line. Setelah Gol D. Roger ditangkap angkatan laut, Shiki kemudian bertarung melawan Garp dan Sengoku sendirian dan berhasil menghancurkan setengah dari Marineford. Dia juga bahkan sempat melukai Monkey D. Garp.

Shiki menjadi orang (tahanan) pertama yang berhasil kabur dari tahanan Impel Down. Seperti yang kita ketahui, mustahil untuk bisa keluar dan masuk sembarangan di penjara Impel Down. Shiki sendiri saat itu dikurung di level 6, level paling bawah yang menjadi tempat para penjahat yang memang sudah ingin dilupakan oleh semua pihak. Shiki sendiri mengkonsumsi buah iblis Fuwa Fuwa no Mi, dimana dia bisa meringankan tubuhnya  sehingga dia bisa terbang di udara. Dia bisa memanfaatkan sekitarnya untuk menghancurkan musuh.

Edward Newgate

Edward Newgate alias Whitebeard, juga merupakan mantan anak buah Rocks D. Xebec sampai kemudian dia membentuk kru Bajak Lautnya sendiri. Whitebeard dulunya merupakan salah satu Yonko atau empat penguasa lautan dan merupakan kapten dari Bajak Laut Whitebeards. Dikenal sebagai manusia paling kuat di dunia, Whitebeard memiliki kemampuan buah iblis Gura Gura no Mi.

Kekuatannya benar-benar sangat luar biasa, bahkan sosok Gol D. Roger pun tidak bisa mengalahkan Whitebeard. Mereka pernah bertarung selama 3 hari, namun tidak ada yang menang. Layaknya karakter kuat dalam cerita One Piece, Whitebeard juga menguasai ketiga jenis Haki. Tapi, Haki yang paling sering dia gunakan adalah Armament Haki dimana level Hakinya sudah mencapai level tertinggi. Hal ini terbukti saat pedang Murakumogiri miliknya berubah menjadi hitam.

Gol D. Roger

Sang raja bajak laut ini tentunya merupakan sosok yang sangat luar biasa. Dia adalah bajak laut yang paling hebat yang pernah diperlihatkan dalam cerita One Piece. Rasa petualangannya yang  besar membuat dia kemudian berhasil mengetahui, apa rahasia dunia yang sebenarnya. Dia juga berhasil mengunjungi pulau terakhir Laugh Tale dan membaca apa yang ditinggalkan oleh Joy Boy.

Roger adalah sosok yang sangat kuat dan satu-satunya bajak laut yang diketahui mampu menandingi kekuatan Roger adalah Whitebeard. Dari segi kekuatan, memang bisa dibilang jika Roger adalah karakter yang memiliki kekuatan yang sama dengan Whitebeard. Tapi, yang menjadi nilai plus dalam perbandingan ini adalah Roger diketahui tidak memiliki kekuatan buah iblis. Dia hanya mengandalkan kemampuan Haki miliknya.

Roger sendiri memulai petualangannya sejak usia yang masih muda. Silvers Rayleigh merupakan orang pertama yang dia temui, dan dia ajak untuk bergabung berpetualang bersama. Tidak diketahui apakah dia memiliki kekuatan Observation Haki, tapi yang pasti dia menguasai dua jenis Haki lainnya. Selain mampu menandingi kekuatan Whitebeard, Roger juga menjadi salah satu orang yang berhasil mengalahkan Rocks D. Xebec bersama dengan Monkey D. Garp.

Rocks D. Xebec

Rocks merupakan salah satu bajak laut yang paling kejam dan paling ditakuti dalam cerita One Piece. Dia merupakan sosok bajak laut yang menguasai dunia sebelum era besar angkatan laut dimulai. Mengejar mimpinya, sering kali Rocks berhadapan dengan Pemerintah Dunia. Menurut Sengoku, dialah lawan yang paling mengerikan bagi Roger. Dia pernah bertarung melawan Rocks di God Valley, bersama dengan Garp 40 tahun sebelum lini masa saat ini.

Rocks sendiri merupakan kapten dari kelompok Bajak Laut Rocks, yang dianggap sebagai kelompok paling berbahaya di dunia. Krunya sendiri terdiri dari berbagai sosok mengerikan, seperti Big Mom, Kaido, Whitebeard, Shiki, Captain John, dan masih ada lainnya. Berkat kekejaman dan reputasi buruk Rocks, Pemerintah Dunia sendiri memutuskan untuk menghilangkan mereka dari sejarah. Sehingga, wajar jika tidak semua orang tahu tentang sosok ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.