Thanos Menjadi Captain America

Series What if? Infinity : Thanos memberikan kita gambaran yang sangat gila tentang dunia Marvel. Salah satu contohnya adalah ketika Thanos berganti peran dengan Steve Rogers, menjadi sosok dibalik topeng Captain America. Setting ceritanya sendiri terjadi ketika para Avengers sedang berperang dengan penjahat yang sangat kuat bernama Builders, dimana para Avengers nyatanya tidak mampu menandingi villain tersebut.

Karena frustasi, akhirnya mereka memutuskan langkah yang cukup gila untuk mau bekerja sama dengan Thanos. Sang Titan Gila tersebut akhirnya setuju untuk bekerja sama dengan para Avengers, karena dia menilai Builders “melenceng” dari tujuannya, dengan menghancurkan bumi agar bisa kembali berevolusi. Sedangkan Thanos ingin menghancurkan bumi, agar semuanya mati.

Tapi, ternyata niat Thanos bukan seperti itu. Dia ternyata mengejar anaknya, yang bergabung dengan Builders. Captain America yang menyadari hal ini kemudian dibunuh oleh Thanos, dan kemudian dia bergabung dengan Avengers yang lain dengan menggantikan posisi Steve Rogers. Thanos bahkan juga menggunakan tameng yang menjadi ciri khas bagi Captain America.

Universe Yang Terdapat Wabah Musik

Universe ini terjadi di Earth-76 dalam komik X-Force (Vol.4) #5. Dalam cerita ini diperlihatkan bahwa  Antonio Aggsiz menemukan sebuah “musical virus” atau virus musikal saat dia sedang melakukan perjalanan antar dimensi. Meskipun tidak diperlihatkan secara gamblang, tapi bisa dibilang universe tempat asal dari virus tersebut merupakan sebuah universe yang sangat gila.

Yang lebih gila lagi adalah kita kemudian diperlihatkan bahwa Antonio mencuri virus tersebut dari sebuah “race of sentient melodies” atau ras melodi yang mana hal tersebut merupakan sesuatu hal yang sangat gila. Konsep cerita ini benar-benar sangat sureal yang bahkan akan sangat sulit buat digambarkan, dan akan terdengar sangat abstrak bila harus diceritakan ulang kepada orang lain.

Universe Ketika Manusia Ungu Menjadi Presiden

Meskipun hanya muncul sebentar di Marvel Universe, Earth-460 dalam komik Marvel 1602 #8 mengangkat cerita tentang salah satu potensi masa depan yang sangat gelap di Marvel Universe dan bagi para pahlawan Marvel. Berfokus pada sebuah skenario dimana Purple Man – seseorang yang bisa mengendalikan pikiran orang lain hanya dengan berbicara dengan orang tersebut – menunggu para pahlawan Marvel berubah menjadi tua, dan kemudian menggunakan kekuatannya untuk menjadi presiden seumur hidup.

Hasilnya cukup mengerikan, dimana seluruh vigilante ditangkap, dan Captain America dihukum mati karena mencoba menghalangi para penjahat melakukan aksinya. Tapi, mesin yang seharusnya membunuh Steve dikirim ke masa lalu, yang mana hal itu bagus untuk Steve, tapi justru menjadi bencana besar bagi para pahlawan yang ada di Earth-460.

Keputusan mengirim Captain America ke masa lalu juga menghasilnya Earth-311, yang merupakan universe dari seri Marvel 1602, dimana di universe tersebut kita melihat berbagai pahlawan Marvel berada di abad pertengahan.

Semua Pahlawan Ada di New York

Sejauh ini, Earth-212 hanya muncul dua kali di komik marvel. Satu kali di komik Marvel Now! Point One dan satu lagi adalah komik Young Avengers (Volume 2) #8. Yang menarik dari Earth-212 adalah latar tempat yang hanya menggunakan kota New York. Di kota tersebut, hampir semua pahlawan Marvel berada di kota New York. Menurut pencipta universe ini, Keiron Gillen, New York merupakan sebuah tempat yang melingkupi seluruh wilayah planet bumi.

Ketika Bumi Mempunyai Mata

Di dunia ini, orang-orang mungkin memiliki phobia atau ketakutan terhadap sesuatu. Mulai dari phobia dari ruang sempit, laba-laba, atau ketakutan akan ketinggian. Tapi, satu ketakutan yang mungkin jarang ditemukan (bahkan mungkin cenderung tidak ada) adalah ketakutan ketika bumi menjadi “makhluk hidup”, ketika bumi memiliki mata.

Hal ini terjadi di komik Exiles #52 dalam Earth-4162, dimana sebuah planet benar-benar menjadi makhluk hidup. Hal ini terjadi setelah Ego the Living planet menyebarkan benih ke laut China (China Sea) untuk mendapatkan planet hidup yang sama dengannya. Yang “menarik” adalah planet bumi kini memiliki otak, dan para pahlawan Marvel pun kaget ketika berhasil menemukan otak bumi bukan berbentuk batu melainkan berbentuk daging layaknya otak manusia.

Reed Richard pun akhirnya berhasil masuk ke dalam otak bumi dan mencoba menganalisis isi otaknya. Mungkin akan lebih baik jika planet bumi di Earth-616 tidak hidup dan memiliki otak seperti di universe alternatif ini. Karena jika hal itu terjadi mungkin akan banyak orang yang mulai phobia terhadap bumi.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.