Marvel Comics memiliki banyak sekali universe yang bervariasi diluar Earth-616 yang menjadi universe utama mereka. Universe alternatif tersebut bukan berarti tidak menarik. Justru ada banyak cerita juga yang terjadi di “dunia paralel” tersebut, dimana Marvel memberikan kebebasan kepada para penulis mereka untuk berekspresi dan bereksperimen tentang cerita yang terbaik untuk komik ini.

Sejauh ini, MCU mencoba untuk menjauhi hal ini, dan tetap berusaha untuk melanjutkan kontinuitas yang sudah mereka bangun. Meskipun, saat ini mereka mulai tertarik mencoba untuk menggali lebih dalam tentang universe Marvel yang sangat luas. Berikut adalah berbagai 10 Multiverse paling gila yang ada di Marvel.

Marvel Zombie

Rasanya hampir semua orang senang dengan tema Zombie. Meskipun menyeramkan, buktinya tema ini masih tetap laku di pasaran. Hal inilah yang coba diaplikasikan oleh Marvel ke dalam cerita mereka. Komiknya sendiri ditulis oleh Robert Kirkman, yang merupakan penulis The Walking Dead. Bersetting di Earth-2149, diceritakan jika di universe tersebut hampir semua orang terserang sebuah virus berbahaya.

Tidak ada pengecualian, Avengers dan para pahlawan Marvel pun terkena virus ini. Ketika mereka sudah mati, mereka tidak benar-benar mati. Mereka akan bangkit kembali menjadi zombie. Mereka akan menyerang siapapun yang datang ke universe tersebut, bahkan Thanos pernah merasakan bagaimana bertarung dengan mereka. Yang menarik adalah bukan hanya tentang para Avengers yang menjadi zombie, melainkan ada juga karakter lain, seperti Galactus, yang muncul dalam cerita.

Doctor Who Universe

Memang tidak banyak orang yang tahu, jika Marvel pernah mencetak komik Doctor Who pada dekade 1979 sampai 1995. Secara teknis, komik Doctor Who ini menjadi bagian dari seri fiksi ilmiah multiverse Marvel yang besar. Universe tempat terjadinya cerita dalam komik ini adalah Earth-5556. Beberapa karakter yang muncul dalam seri Doctor Who ini juga muncul dalam komik Marvel UK, yang mengindikasikan adanya hubungan diantara kedua komik tersebut. Meskipun seriesnya kini tidak lagi dipegang oleh Marvel Comics, melainkan Pannini Press, komik lama ini tetap bisa dianggap sebagai salah satu alternatif universe milik Marvel.

The Thing Menggila di Earth-312

Cerita ini terjadi dalam komik Exiles #35-36. Earth-312 mengeksplor cerita dimana semuanya terasa tidak mungkin bagi seorang Ben Grimm alias the Thing. Dalam ceritanya, kita diperlihatkan bagaimana Ben benar-benar berubah menjadi sosok yang gila akibat mutasi yang dia alami. Di universe tersebut, semua terjadi seperti apa yang terjadi di universe utama. Tim Fantastic Four terpapar radiasi kosmik yang memberikan mereka kekuatan.

Satu hal yang berbeda adalah transformasi yang dialami oleh Ben Grimm ternyata juga berpengaruh terhadap otaknya. Hasilnya adalah dia berubah menjadi sosok yang pemarah, menghancurkan seluruh keluarganya, dan yang paling parah adalah dia menghancurkan setengah kota New York. Butuh gabungan kekuatan dari Exiles, Fantastic Four, Otto Octavius, dan Tony Stark, untuk bisa menghentikan seorang Ben Grimm yang marah.

Universe Dimana Hulk Menikahi She-Hulk

Universe ini terjadi dalam komik What If? #34 dan di Earth-82528. Seperti yang kita tahu, Bruce Banner dan Jennifer adalah satu keluarga. Bruce adalah paman dari Jennifer, sedangkan Jennifer merupakan keponakan dari Bruce. Jennifer adalah orang yang kemudian meneruskan perjuangan Bruce Banner sebagai makhluk hijau dengan kekuatan dahsyat, She-Hulk.

Tapi, tahukah kalian jika Jennifer dan Bruce alias Hulk dan She-Hulk pernah menikah meskipun mereka sedarah? Pernikahan aneh ini benar-benar terjadi, dan yang membuat momen ini semakin gila adalah tidak semua negara bagian di Amerika menyetujui hubungan sedarah alias incest. Untuk ukuran Marvel, rasanya ini merupakan salah satu cerita yang cukup kacau.

Spider-Man Memiliki Enam Tangan

Selama bertahun-tahun sejak pertama kali dia diperkenalkan, Spider-Man sudah mendapatkan berbagai macam versi dari Marvel. Mulai dari yang keren, sampai yang terlihat konyol dan mengerikan. Hal ini terjadi dalam komik Spider-Man Annual (Vol.3) #1 dan di Earth-28204, dimana Spider-Man memiliki “kelebihan” lainnya selain Spider-Sense, dan juga refleks yang tinggi.

Dalam universe tersebut Parker Peterman merupakan Peter parker yang kita kenal di Earth-616. Yang membedakan Peter Parker dan Parker Peterman adalah mutasi yang dia alami setelah digigit laba-laba radiasi. Bukan hanya mendapatkan refleks yang baik dan mampu menembakan jaring laba-laba, Parker Peterman juga memiliki enak buah tangan. Bagi sebagian orang visual ini tentu sangat “luar biasa”. Tapi, sisi positifnya adalah keempat tangan sisanya sangat berguna membantu Peter ketika dia membutuhkannya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2