Jinbe akhirnya resmi bergabung dengan kru topi jerami dan resmi menjadi anggota ke 10 dari kru topi jerami. Sebelumnya, Luffy sempat mengajak Jinbe untuk bergabung dengannya tapi dia menolak dengan alasan dia masih ada urusan dengan bajak laut matahari. Tapi, setelah perjuangan yang panjang di arc Whole Cake Island dia akhirnya bisa bergabung kembali dengan Luffy.

Masih belum diketahui bagaimana Jinbe bisa selamat dari serangan Big Mom tersebut, bahkan yang ajaibnya adalah Jinbe bisa selamat tanpa ada luka sedikitpun di tubuhnya. Mungkin Oda Sensei akan memberi tahukan tentang hal ini di kemudian hari. Berbicara mengenai kru topi jerami dan bergabungnya Jinbe, hal ini sempat menjadi perdebatan di kalangan fans.

Sebagian setuju, sebagian lainnya menolak. Mereka yang setuju beralasan Jinbe bisa menambah kekuatan dari kru topi jerami. Mereka yang menolak beralasan kalau Jinbe akan menganggu “keseimbangan” dari trio monster Sanji, Zoro, Luffy. Terlepas dari itu semua para fans sendiri banyak berspekulasi tentang adanya kru baru yang akan bergabung dengan topi jerami. Lalu, kira-kira siapa yang akan bergabung dengan kru topi jerami?

Jika berkaca ke masa lalu, dalam hal ini adalah kru bajak laut Roger, ada dua kemungkinan yang muncul. Roger sebelumnya tidak memiliki kru yang berasal dari Wano, sebelum kemudian Oden bergabung. Begitu juga dengan kru yang berasal dari suku Mink, sebelum kemudian diketahui jika Nekomamushi dan Inuarashi menyelinap masuk ke dalam kapal Roger dan akhirnya bergabung.

Di masa sekarang untuk sosok penduduk Wano yang akan bergabung ke kru topi jerami adalah Momonosuke atau O-Tama. Momonosuke merupakan sosok yang tidak percaya diri untuk menggantikan ayahnya. Dia selalu merasa bahwa dirinya tidak cukup kuat dan tidak cukup hebat seperti sosok ayahnya. Jadi, ada kemungkinan jika dia akan bergabung dengan Luffy untuk membuatnya semakin dewasa dengan pengalaman yang dia alami.

Setelah dirasa cukup, Momonosuke akan kembali dan mengambil alih Wano dari tangan penguasa sementara, yang bisa jadi jatuh ke tangan kakaknya, Hiyori. Sedangkan O-Tama adalah anak kecil yang berbakat. Dengan kemampuannya yang bisa membuat makanan dari pipinya dan kemudian mengendalikan orang tersebut, dia akan sangat berguna bagi Luffy.

Kemudian ada Carrot, yang mewakili suku Mink. Luffy mungkin memang tidak akan memintanya untuk bergabung dengannya tapi dia akan muncul sendiri dengan menyelinap masuk ke dalam kapal Sunny, sama seperti yang dilakukan oleh Nekomamushi dan Inuarashi. Carrot memang bukanlah sosok yang kuat seperti Neko dan Inu, tapi setidaknya dia lincah dan memiliki kemampuan seorang suku Mink.

Terakhir adalah Vivi. Vivi sebenarnya sudah menjadi bagian dari kru topi jerami meskipun tidak resmi. Sebelumnya, di arc Alabasta Vivi sempat ditawari Luffy untuk ikut bergabung berpetualang bersama yang lain namun dia menolak karena dia lebih memilih menjaga rakyatnya. Karena itulah Luffy dan yang lain menganggap Vivi merupakan anggota tidak resmi dari topi jerami.

Vivi mungkin akan kembali bergabung, secara penuh, di akhir cerita One Piece. Dalam cerita tersebut Luffy sedang bersiap untuk bertempur melawan Pemerintah Dunia dan IM. Vivi kemudian akan datang kembali berkumpul dengan Luffy. Sosok lainnya yang mungkin akan bergabung adalah Shirahoshi. Seperti yang kita tahu, Shirahoshi merupakan salah satu senjata kuno yaitu Poseidon.

Luffy dan Shirahoshi merupakan teman baik, dimana dia pernah menyelamatkan nyawa Shirahoshi dan memberikan Shirahoshi pengetahuan tentang dunia luar. Putri Shirahoshi mungkin akan bergabung dengan Luffy, dan pada saat itu dia akan memainkan perannya sebagai salah satu senjata kuno. Hal ini tentunya menjadi sebuah keuntungan besar bagi Luffy dan yang lain. Menurut kalian, siapa lagi yang harus bergabung dengan topi jerami, Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.