Dalam setiap film Saw kita diperkenalkan dengan berbagai karakter baru yang secara rahasia bekerja sama dengan Jigsaw. Sebagian besar para villain dalam film horror bekerja sendiri, mskipun ada juga yang sebaliknya. Jigsaw sendiri memulai franchise Saw dengan sebuah analisis kanker yang memaksanya untuk mencari pertolongan demi menyelesaikan berbagai rencana besarnya, karena secara fisik dia tidak selalu bisa menyiksa para korbannya.

Hal inilah yang kemudian memunculkan ide Jigsaw mencari penerusnya, yang kemudian akan melanjutkan berbagai rencana dari John Kramer setelah dia diperlihatkan tewas dalam Saw 3. Meskipun sebenarnya tidak ada salahnya dengan premis seorang villain yang punya penerus, tapi nyatanya semakin kesini orang-orang yang membantu atau menjadi penerus Jigsaw rasanya semakin tidak masuk akal. Yang lebih menjadi pertanyaan adalah beberapa dari penerus Jigsaw saling tidak mengenal satu sama lainnya.

John Kramer total memiliki kurang dari lima orang penerus. Tapi, tidak mengherankan jika dalam Spiral: From the Book of Saw memperlihatkan jika Jigsaw memiliki lebih banyak lagi penerusnya. Penerus Jigsaw yang pertama adalah Amanda Young, yang diperlihatkan di Saw 2. Amanda merupakan salah satu orang yang selamat dari berbagai permainan mengerikan Jigsaw di film pertama.

Amanda yakin apa yang dilakukan oleh Jigsaw justru membuatnya tersadar akan artinya kehidupan, dengan membantunya berhenti dari kecanduan obat-obatan. Yang kedua adalah Mark Hoffman, seorang detektif yang diperlihatkan dalam film Saw 4. Hoffman sebenarnya merupakan salah satu rekrutan John yang pertama. John dan Hoffman sebenarnya pernah terlibat masalah karena Hoffman justru menjebak Jigsaw karena kematian adiknya. Hal itulah yang membuat Jigsaw marah.

Namun, Hoffman justru tumbuh menjadi sekutu yang berguna bagi Jigsaw berkat dirinya yang merupakan seorang polisi. Di Saw 6 kita melihat istri dari John, Jill Tuck, yang secara tidak sengaja terinspirasi untuk meneruskan “perjuangan” suaminya. Tuck pernah berhasil menjebak Hoffman dalam jebakan Reverse Bear Trap. Sayangnya, meskipun dia lolos wajahnya harus mengalami luka yang parah. Hal itu dilakukan karena sang istri merasa jika Hoffman sudah melanggar berbagai nilai-nilai yang dianut oleh suaminya.

Melihat hal itu, Hoffman kembali dan kemudian membunuh Jill. Hoffman kemudian mendapatkan “ganjarannya” dari Dr. Lawrence Gordon di Saw 7. Lawrence merupakan salah satu korban selamat dari film pertama yang kemudian dirawat oleh John. Penerus John yang terakhir adalah Logan Nelson yang juga merupakan seorang dokter, yang diperlihatkan dalam Saw 8.

Nelson secara tidak sengaja salah menduga hasil x-ray milik John, yang berujung pada diagnosis kanker yang terlambat. Dia hampir terbunuh dalam jebakan milik John, tapi Jigsaw memutuskan untuk mengampuni Nelson dan mengampuninya. Menurut kalian, siapa Jigsaw yang paling sadis?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.