Kekkei Genkai, atau yang biasa juga disebut sebagai Bloodline Limits (kekuatan berdasarkan garis keturunan) merupakan sebuah kemampuan yang sangat dahsyat dalam cerita di seri Naruto. Kemampuan dahsyat ini tentunya tidak bisa diakses oleh sembarangan orang. Hanya beberapa orang/klan tertentu yang bisa menggunakan Kekkei Genkai.

Oleh karena itulah, Kekkei Genkai menjadi salah satu sumber kekuatan paling dahsyat. Ada banyak sekali Kekkei Genkai yang diperlihatkan dalam cerita Naruto, dan berikut adalah beberapa yang paling kuat dalam seriesnya.

Mangekyou Sharingan

Mangekyou Sharingan adalah peningkatan dari doujutsu Sharingan. Ketika seseorang menggunakan atau mengaktifkan Mangekyou Sharingan, tampilan bola matanya akan berubah dan berbeda dari Sharingan biasa. Selain berubahnya tampilan, pengguna dari Mangekyou Sharingan juga akan memiliki sebuah kekuatan yang sangat dahsyat.

Seperti yang diperlihatkan oleh Itachi dan juga Sasuke, ketika mengaktifkan Mangekyou Sharingan mereka bisa membuat aura Susano’o yang bisa dipakai dalam pertempuran besar. Selain itu terdapat juga jurus Amaterasu, Kotoamatsukami, dan teleportasi Kamui.

Tenseigan

Tenseigan merupakan kekkei Genkai yang dimiliki oleh klan Otsutsuki dan hanya beberapa orang saja dari klan tersebut yang diketahui memiliki kemampuan ini. Tenseigan bisa diaktifkan bila seseorang memiliki kemampuan Byakugan dan dipadukan dengan darah milik klan Otsutsuki. Sejauh ini, baru Hamura Otsutsuki dan Toneri Otsutsuki yang diketahui memiliki kemampuan Tenseigan.

Tidak diragukan lagi, kekuatan dari Tenseigan tentunya sangat luar biasa, meskipun ada beberapa elemen dari Tenseigan yang mirip dengan Rinnegan. Ketika Tenseigan diaktifkan, penggunanya bisa dengan mudah menghancurkan planet seperti bumi atau bulan bila memang dia mau melakukannya. Benar-benar menjadi rival yang sangat seimbang.

Elemen Kayu

Salah satu karakter terkuat dari seluruh series Naruto, Hashirama Senju adalah Hokage pertama dari desa Konoha. Meskipun Hashirama diberkahi oleh kekuatan fisik yang kuat, kemampuan terbesarnya ada pada teknik Kekkei Genkai, atau teknik untuk elemen kayu. Bahkan, pada saat itu tidak ada shinobi lain yang memiliki teknik serupa selain Hashirama.

Oleh karena itu, Kekkei Genkai seolah menjadi sebuah teknik eksklusif yang hanya bisa dilakukan olehnya. Selain itu ada lagi teknik eksklusif yang hanya bisa dilakukan olehnya saja, yaitu teknik True Several Thousand Hands, dimana Hashirama mengeluarkan ribuan tangan untuk menahan atau menyerangan musuhnya. Shinobi lain, seperti Yamato, mencoba untuk menirukan tekniknya tapi skala kekuatannya tidak bisa menyamai level Hashirama.

Jougan

Jougan merupakan salah satu Jutsu baru yang diperkenalkan dalam cerita Boruto: Naruto Next Generations. Kemampuan Kekkei Genkai ini hanya dimiliki oleh satu orang saja, yaitu Boruto Uzumaki. Namun, kabarnya juga kemampun ini merupakan juga Dojutsu milik klan Otsutsuki. Kekuatan dari Jougan sendiri belum dijelaskan secara sempurna, tapi yang pasti ketika diaktifkan Boruto bisa mengendalikan ruang dan waktu, serta mampu melihat lokasi titik lemah dari musuhnya. meskipun kekuatan sesungguhnya masih belum diketahui, namun yang pasti kemampuan ini bisa menandingi kemampuan dari Rinnegan.

Rinnegan

Rinnegan merupakan salah satu dari tiga Doujutsu legendaris, selain Sharingan dan Byakugan serta menjadi Kekkei Genkai paling kuat di seriesnya. Berbeda dengan Byakugan dan Sharingan, Rinnegan merupakan sebuah Doujutsu yang sangat langka. Rinnegan hanya bisa didapatkan oleh seseorang yang pernah mendapatkan chakra dari klan Otsutsuki dan keturunannya atau menggabungkan Sharingan dengan sel Hahsirama.

Karena Doujutsu ini langka, kekuatannya pun benar-benar sangat dahsyat. Ketika penggunanya mengaktifkan Rinnegan, dia bisa menguasai lima elemen chakra, mengendalikan daya tarik bumi, dan yang paling dahsyat adalah pengguna Rinnegan bisa mengendalikan tubuh orang lain. Hal luar biasa lainnya dari Rinnegan adalah mampu membyka jalan menuju dimensi yang lain atau menyerap chakra dari tubuh musuh.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.