Dengan menjadi salah satu karakter yang penuh dengan potensi dan juga memiliki healing factor yang kuat di Marvel Universe, Deadpool menjelma menjadi karakter yang sulit untuk ditaklukan. Kemampuan Wade Wilson, khususnya kemampuan healing factor miliknya terbukti menjadi sebuah hal yang luar biasa. Kemampuan ini sudah sering menyelamatkan nyawa dari Wade. Berkat kemampuan ini pula Wade bisa selamat dari kematian. Berikut adalah berbagai momen Wade yang selamat dari kematian.

Bermain-main Dengan Kematian

Deadpool memiliki banyak sekali cerita origin sejak pertama kali diperkenalkan. Oleh karena itulah masih menjadi sebuah misteri bagaimana sebenarnya awal mula Deadpool terwujud. Salah satu versinya diperkenalkan dalam komik Deadpool #33. T-Ray, salah satu musuh bebuyutan Deadpool pada saat itu, mendatangi Wade dan mengungkapkan jika cerita masa lalu yang Wade kira miliknya – diserang oleh T-Ray dan kehilangan istrinya akibat dibunuh.Untuk membuat Wade yakin, T-Ray bahkan membangkitkan kembali istrinya dan semua orang yang pernah dibunuh oleh Wade. Tapi, Wade tetaplah Wade. Meskipun dia sudah berusaha untuk menjadi lebih baik, nyatanya dia tidak berubah sedikitpun. Wade mengatakan bahwa dia akan membunuh lagi orang-orang itu, kecuali Mercedes yang merupakan istri T-Ray.

Wade kemudian dibuat terkejut dengan orang-orang yang dia pernah bunuh dan dia pun ditemui oleh Death di alam lain. Death mengatakan jika Wade masih belum cukup menderita dalam hidupnya. Akhirnya Death memutuskan untuk mengembalikan Wade ke alam nyata selama 30 hari.

Mati Untuk Beberapa Saat

Di tahun 2001, Deadpool kembali bergabung dengan Weapon X bersama Sabertooth. Sebenarnya ada beberapa alasan mengapa dia mau kembali. Pertama adalah tawaran yang mereka berikan – seperti menyembuhkan luka yang muncul akibat healing factor miliknya – serta kekasihnya, Copycat, merupakan salah satu orang penting dalam fasilitas tersebut.

Tapi, ketika Wade diperintahkan untuk membunuh kekasihnya tersebut dia melawan. Sayangnya, Sabertooth akhirnya bisa melacak keberadaan Copycat dan kemudian membunuhnya. Deadpool pun kemudian menyatakan perang terhadap Weapon X, tapi ternyata mereka bisa mematikan sistem healing factor milik Wade. Hasilnya, dia mirip seperti manusia biasa yang rentan terhadap serangan.

Dalam komik Deadpool #59 yang ditulis oleh Frank Tier dan George Jeanty, Wolverine kemudian mengadakan upacara pemakaman untuk Wade, yang dihadapi oleh berbagai rekannya seperti Cable, Black Panther, dan Great Lake Avengers. Bahkan, Bullseye juga memberikan rasa hormatnya kepada rivalnya itu. Arwah Deadpool kemudian tiba di alam baka, dimana dia kembali bertemu dengan Death. Sosok misterius – yang ternyata adalah T-Ray – kemudian kembali membangkitkan Deadpool. Apa yang dilakukan oleh T-Ray tersebut membuat kepribadian Wade terbagi menjadi empat. Tapi pada akhirnya dia kembali seperti semula.

BACA JUGA: Spider-Man Pernah Hadapi Corona!

Hubungan Dengan Black Swan

Dalam komik Deadpol Classic Vol. 9 yang ditulis oleh Gail Simone dan UDON, Deadpool diceritakan berselisih dengan seorang supervillain asal Jerman yang ahli dalam hal telepati yaitu Black Swan. Lelah karena Deadpool sering mengacaukan rencananya, Black Swan kemudian menginfeksi otak dari Deadpool dengan sebuah virus mental berbahaya yang kemudian akan membuatnya tidak berdaya.

Deadpool kemudian menghadapi villain tersebut, bersama dengan tentara bayarannya Nijo, yang berpikir kalau Wade adalah orang yang bertanggung jawab atas kematian adiknya. Tapi, kemudian terungkap jika Black Swan adalah pembunuh yang sebenarnya. Black Swan pun kemudian melukai Nijo dengan menusukan pedang ke arahnya.

Black Swan dan Wade pun kemudian bertarung, dengan Deadpool berhasil mengungguli Black Swan. Sayangnya, Deadpool gagal untuk menjinakan bom yang sudah disediakan oleh Black Swan, yang akhirnya meledak dan membunuh mereka bertiga. Tapi, dengan menggunakan kekuatannya, Black Swan menghubungkan dirinya ke Deadpool untuk mengakses kemampuan healing factor. Hal itu ternyata membuat ketiganya kemudian menyatu dalam sebuah tubuh yang kemudian disebut sebagai Agent X. Mereka akhirnya bisa kembali “berpisah” tapi Nijo tetap mempertahankan persona Agent X.

Kematian Deadpool

Marvel pernah memperlihatkan kematian Deadpool lainnya dalam komik Deadpool #250 yang ditulis oleh Gerry Duggan, Brian Posehn, dan Mike Hawthrone. Setelah berbulan-bulan membangun rencana, kelompok U.L.T.I.M.A.T.U.M. kemudian mengincar Wade dan kekasihnya, yang kemudian membuat Wade harus bertindak all out demi menghancurkan organisasi itu.

Wade kemudian merasa jika dia tidak bisa membiarkan orang yang dia cintai terluka dan untuk mengurangi resiko tersebut Wade akhirnya memutuskan untuk menyerahkan semua identitas Deadpool. Untuk merayakan hal itu Wade beserta teman dan keluarganya kemudian pergi liburan. Sayangnya, liburan secara tidak sengaja bertepatan dengan sebuah persitiwa yang memicu Secret Wars yang terjadi pada 2015.

Ketika Ultimate Universe dan universe utama Marvel akhirnya menyatu, hampir semua pahlawan dan orang yang ada di kedua universe tersebut tewas. Deadpool tewas dengan tersenyum, dan dia tewas bersama dengan keluarganya. Tapi, setelah persitiwa Secret Wars semua orang, termasuk Deadpool dan keluarganya, berhasil kembali dihidupkan tanpa mengetahui apa yang terjadi sebelumnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.