Pertempuran Naboo

Pertempuran Naboo merupakan pertarungan terakhir dari Federasi Dagang yang menduduki planet Naboo. Pertempuran ini merupakan ide dari putri Amidala yang pada akhirnya dia mau kembali ke planetnya, setelah dia dibuat kecewa oleh para senat galaksi ketika dia meminta pertolongan. Pertempuran ini menjadi umpan bagi Federasi Dagang untuk pergi dari wilayah Theed, sehingga Amudala bisa menangkap Viceroy Nute Gunray.

Para pasukan droid miliki Federasi berhasil ditaklukan oleh tim pilot Starfighter yang menyerang kapal komando Federasi. Dalam pertempuran ini kita juga melihat bagaimana Obi-Wan dan mentornya Qui-Gon Jinn bertarung melawan Darth Maul. Selain menampilkan salah satu duel Jedi terhebat, ini juga menjadi awal konflik yang dibuat oleh Palpatine.

Pertempuran Kashyyyk

Pertempuran Kashyyk disebut juga sebagai pertempuran Kachirko. Ini merupakan sebuah pertempuran yang sangat besar yang terjadi di Outer Rim Sieges dan menjadi salah satu dari pertempuran terakhir yang terjadi saat Clone Wars. Kashyyk, seperti yang kita tahu, merupakan rumah bagi para Wookies. Melihat rumah Chewbacca dan spesiesnya merupakan salah satu keuntungan dari perang ini.

Pihak Confeferacy of Independent Systems menyerak Kashyyyk demi mendapatkan informasi tentang rute hyperspace rahasia yang akan memberikan keuntungan kepada mereka dalam perang yang sedang mereka jalankan. Perang ini juga menjadi salah satu efek yang ditimbulkan dari Order 66 yang dikeluarkan oleh Palpatine. Beberapa Wookie membantu Jedi yang tersisa untuk kabur dari planet itu, dan setelahnya Kashyyyk berada dibawah kekuasaan Empire untuk jangka waktu yang lama.

Pertempuran Geonosis

Pertempuran ini menjadi pertempuran pertama yang terjadi saat era Clone Wars, dan menjadi salah satu perang yang penting. Perang ini memperlihatkan pertempuran antara Confederacy of Independent Systems melawan Galactic Republic. Pertempuran ini menjadi perempuran militer besar pertama yang dilakukan oleh Republic, dan merupakan pertempuran besar yang dialami oleh para Jedi.

Dalam pertempuran ini, kita disuguhkan kekuatan dan kemampuan sebenarnya dari para Jedi, menghancurkan apapun yang menjadi ancaman. Meskipun dari segi cerita kurang menarik, pertempuran ini benar-benar memanjakan para penggemar Star Wars. Sekitar 212 Jedi bergabung dalam perang ini diantaranya adalah Mace Windu, Coleman Trebot, Kit Fisto, dan banyak lainnya. Tugas mereka adalah menyelamatkan Obi-Wan Kenobi, dan menyelidiki penjajahan yang terjadi di Geonosis. Salah satu hal menarik lainnya dari pertempuran ini adalah tewasnya Jango fett di  tangan Mace Windu.

Pertempuran Hoth

Pertempuran Hoth merupakan salah satu pertempuran yang epik dalam sejarah perfilman. Pertempuran yang melibatkan Galactic Empire dan Rebel Alliance juga menjadi salah satu pertempuran yang ikonik, yang mana pertempuran ini menjadi “wajah” bagi film Star Wars. Dalam pertempuran ini, kita melihat unit Imperial Blizzard Force dan juga 501st Legion yang dipimpin oleh Darth Vader.

Misi utama dari Empire dalam pertempuran ini adalah menghancurkan markas utama pasukan pemberontak yaitu Echo Base. Serangan besar yang dilakukan oleh Empire ini memaksa pasukan pemberontak untuk meninggalkan posisi mereka yang ada di Hoth. Pertempuran ini memperkenalkan kita pada AT-At dan AT-ST yang menjadi senjata ikonik dalam cerita Star Wars.

Pertempuran Endor

Pertempuran Endor menjadi pertempuran puncak yang tentunya harus masuk dalam daftar ini. Selain pertempuran Hoth, pertempuran Endor juga menjadi salah satu pertempuran yang ikonik dalam franchise Star Wars. Pertempuran ini menjadi pertempuran puncak dalam cerita Galactic Civil War, dimana para pasukan pemberontak mencoba untuk mengambil alih dan mengalahkan Galactic Empire.

Pertarungan ini menjadi sebuah pertarungan terakhir bagi Darth Sidious dan Darth Vader, karena mereka berdua tewas dalam pertempuran ini. Pertempuran Endor membuat Empire benar-benar hancur, dan Rebellion pun akhirnya berubah menjadi New Republic, mengakhiri semua kekuasaan Empire yang terjadi di seluruh universe tersebut.

Peperangannya sendiri dimulai akibat pasukan aliansi menemukan jika Empire menggunakan hutan bulan atau Forest Moon yang ada di Endor untuk membangun Death Star yang kedua. Di pertarungan ini, kita melihat Luke Skywalker mengenakan pakaian serba hitam dan bertarung melawan sang ayah, Anakin, yang sudah berubah menjadi Darth Vader.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.