Selain Iron Man, ada berbagai karakter yang menggunakan armor lainnya yang juga muncul dalam cerita Marvel, salah satunya adalah Iron Patriot. Iron Patriot sendiri pertama kali muncul pada 2009 dalam cerita Dark Avengers. Michael Bendis, selaku penulis, pada awalnya membuat Iron Patriot sebagai oppsite atau lawan dari armor Iron Man.

Tapi, dengan penampilan yang menarik dan persona sebagai patriot Amerika membuat marvel akhirnya terus menghadirkan armor ini terlepas dari siapa yang menggunakannya dan apa maksud dan tujuannya. Dengan memadukan sosok Iron Man dan Captain America, berikut adalah berbagai karakter yang pernah menggunakan armor Iron Patriot.

Norman Osborn

Setelah dia membunuh ratu Skrull di akhir cerita Secret Invasion, Norman Osborn kemudian dianggap sebagai pahlawan dunia. Di sisi lain, Tony Stark kemudian dianggap menjadi dalang dibalik penyerangan Skrull ke bumi. Saat Tony Stark memutuskan untuk bersembunyi dari kejarang pasukan Norman Osborn, Osborn sendiri kemudian mengambil berbagai peralatan Iron Man.

Norman kemudian mendesain ulang salah satu armor Iron Man yang kemudian menjadi cikal bakal hadirnya Iron Patriot. Tujuan utamanya adalah menjaga keseimbangan di dunia, Amerika Serikat, dan menjadi pengganti sosok Tony Stark sebagai bagian dari Avengers yang baru yaitu Dark Avengers.

James Rhodes

Setelah salah satu versi dari Iron Patriot dicuri dan dibuat ulang oleh kelompok teroris A.I.M. untuk melancarkan serangan teroris di seluruh dunia dan Amerika, James Rhodes kemudian memutuskan untuk beralih dari armor War Machine miliknya dan menggunakan armor Iron Patriot atas permintaan Phil Coulson. Armor ini nyatanya memberikan Rhodes sesuatu yang lebih yang tidak dimiliki oleh War Machine.

Dia bukan hanya bisa menghentikan serangan jarak jauh, tapi dia juga bisa meretas dan mengendalikan pasukan drone yang menyerang. Misi terakhir Rhodes menggunakan Iron Patriot adalah ketika dia menghentikan usaha pembunuhan salah satu mantan presiden Amerika. Setelah itu, dia meninggalkan armor Iron Patriot dan kembali menggunakan armor War Machine.

Toni Ho

Tony Stark berhutang nyawa kepada sosok Ho Yinsen, seorang dokter yang membantunya untuk sembuh dari luka di bagian jantungnya yang kemudian harus dibayar dengan nyawanya. Kematian Ho membantu Tony untuk terinspirasi menjadi Iron Man. Bertahun-tahun kemudian, Tony kemudian mengetahui jika Yinsen memiliki seorang putri bernama Toni Ho.

Anaknya bahkan lebih cerdas dari sang ayah. Dalam New Avengers #1, Toni berusaha untuk membangun kembali seluruh peninggalan A.I.M sambil juga dia mengembangkan armor Iron Patriot miliknya. Dia awalnya bekerja sebagai pembantu teknisi bagi para New Avengers. Dia kemudian mulai menggunakan armor Iron Patriotnya sebagai bagian dari U.S. Avengers, membantu mengalahkan para pasukan Hydra dalam event Secret Empire. Ho kemudian merubah A.I.M menjadi R.E.S.C.U.E., yang mana hal itu dia gunakan untuk memburu sel-sel sisa dari A.I.M. dan para ilmuwan gila.

Eric Savin

Sama seperti versi komiknya, James Rhodes sempat meninggalkan War Machine untuk kemudian menggunakan Iron Patriot, sebagai perwakilan angkatan udara Amerika di luar negeri. Iron Patriot merupakan salah satu usaha pemerintah Amerika dan angkatan udara untuk misi publik, dimana mereka juga memiliki superheronya sendiri seperti yang diperlihatkan dalam film Iron Man 3.

Tapi, Rhodes bukanlah satu-satunya orang yang menggunakan armor ini. Ketika Rhodes diculik oleh Aldrich Killian dan A.I.M., Eric Savin kemudian menggunakan armor ini. Dengan menggunakan armor ini, Savin justru menyerang pesawat Air Force One dan hampir membunuh presiden, atas perintah sang wakil presiden yang secara diam-diam bekerja sama dengan Killian. Tony kemudian membunuh Savin dan berhasil menyelamatkan presiden dan staffnya. Rhodes kemudian kembali menggunakan War Machine di film Avengers: Age of Ultron.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.