Dalam cerita Naruto, para Kage adalah sosok yang terkuat di sebuah desa shinobi dan mereka bertanggung jawab atas semua yang terjadi di desa tersebut. Seorang Kage juga harus rela menyerahkan nyawanya, demi melindungi orang-orang di desa tersebut. Meskipun sebagian besar para Kage yang ada di cerita Naruto adalah sosok yang kuat, ada beberapa sosok yang memiliki kekuatan lebih dibandingkan para Kage lainnya. Siapa saja?

Hashirama Senju

Salah satu karakter terkuat dari seluruh series Naruto, Hashirama Senju adalah Hokage pertama dari desa Konoha. Meskipun Hashirama diberkahi oleh kekuatan fisik yang kuat, kemampuan terbesarnya ada pada teknik Kekkei Genkai, atau teknik untuk elemen kayu. Bahkan, pada saat itu tidak ada shinobi lain yang memiliki teknik serupa selain Hashirama.

Oleh karena itu, Kekkei Genkai seolah menjadi sebuah teknik eksklusif yang hanya bisa dilakukan olehnya. Selain itu ada lagi teknik eksklusif yang hanya bisa dilakukan olehnya saja, yaitu teknik True Several Thousand Hands, dimana Hashirama mengeluarkan ribuan tangan untuk menahan atau menyerangan musuhnya. Shinobi lain, seperti Yamato, mencoba untuk menirukan tekniknya tapi skala kekuatannya tidak bisa menyamai level Hashirama.

Hiruzen Sarutobi

Hiruzen Sarutobi atau yang bisa disebut sebagai sang professor atau dewa dari para shinobi, merupakan Hokage yang paling kuat, setelah Naruto tentunya. Sarutobi berlatih dibawah dua nama besar shinobi Konoha, Hashirama dan Tobirama. Sarutobi lulus dari akademi ninja di usianya yang ke 12 tahun, dan di usia tersebut juga Sarutobi sudah ikut serta dalam perang besar ninja pertama.

Dalam perang tersebut, Tobirama Senju harus tewas. Ketika perang tersebutlah kemudian Sarutobi ditunjuk sebagai Hokage ketiga  dari Konoha, berkat kemampuan bertarungnya dan juga semangatnya. Dia menjadi Hokage dalam series Naruto yang kemudian diteruskan oleh Naruto sendiri. Berkat kemampuannya yang mengetahui berbagai macam jutsu, serta menjadi salah satu orang yang bisa mempelajari berbagai teknik ninja Sarutobi diberi gelar “sang professor.”

Naruto Uzumaki

Mungkin Geeks sudah tidak aneh dengan sosok Naruto yang menjadi Hokage di desa Konohan. Sedari awal seriesnya muncul, Naruto selalu mengatakan mimpinya yaitu menjadi seorang Hokage di desa Konoha. Mimpi tersebut akhirnya tewujud, seperti yang diperlihatkan dalam cerita Boruto. Naruto sendiri sudah ikut dalam perang besar ninja di usianya yang masih 17 tahun.

Dia adalah sosok shinobi yang paling kuat di serinya dan satu-satunya orang yang memiliki kekuatan sama dengan Naruto adalah Sasuke Uchiha.Kekuatan Naruto masih terus berkembang dan semakin kuat setelah dia mendapatkan kemampuan baru yang diberikan oleh Hagoromo Otsutsuki. Saat ini, Naruto sedang menghadapi ancaman besar dari Kara dan Otsutsuki.

Mu

Mu merupakan Tsuchikage kedua dari desa Iwagakure. Dia adalah sosok shinobi yang hebat dan merupakan guru dari Onoki. Dia merupakan pengguna dari Particle Style Justu yang membuatnya bisa lepas dari kemampuan atau justu apapun dalam sekejap. Mu juga memiliki kekuatan untuk membelah tubuhnya menjadi dua dan menjadi tidak terlihat. Dia adalah sosok yang tidak akan bisa dihadapi oleh Onoki tanpa adanya bantuan dari orang lain dan merupakan Kage yang paling underrated.

Gengetsu Hozuki

Gengetsu Hozuki merupakan Mizukage kedua dari desa Kirigakure dan juga merupakan Mizukage paling kuat. Meskipun dia tidak memiliki penampilan seperti Hokage lainnya (yang meyakinkan bahwa dia adalah seorang Hokage), dia sebenarnya adalah sosok yang kuat dalam pertarungan, terutama dalam penggunaan genjutsu.

Gengetsu memiliki kemampuan yang setara dengan Mu, salam hal kemampuan bertarung dan keduanya juga sudah saling serang dan saling bunuh. Gengetsu sangat ahli dalam penggunaan jutsu Water Release dan juga sama seperti Mu, dia adalah seorang Kage yang sangat underrated dibandingkan dengan para Kage lainnya.

Featured Image Credit: Homolagabor @Deviantart

 

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.