Seri One Piece memang berisi berbagai karakter kuat, baik bajak laut, angkatan laut, maupun Pemerintah Dunia. Mereka memiliki kekuatan yang dahsyat yang bisa menghancurkan sebuah tempat, sampai satu pulau. Beberapa nama besar dalam cerita ini diantaranya adalah Kaido, Blackbeard, Whitebeard, Big Mom, bahkan Monkey D. Luffy.  Sumber kekuatan mereka ada yang dari buah iblis, ada juga yang hanya mengandalkan kekuatan Haki.

Meskipun dalam ceritanya terdapat berbagai karakter yang kuat dan mengerikan, tapi ada juga karakter yang populer tapi nyatanya tidak terlalu kuat atau tidak terlalu memiliki kekuatan yang dahsyat. Lalu, siapa saja bajak laut yang termasuk lemah namun cukup populer di Grand Line?

Bartolomeo

Bartolomeo The Cannibal, adalah seorang bajak laut pemula dari New World. Nilai buruannya adalah 200 juta Belly, tapi sebenarnya nilai buruan Bartolomeo bisa lebih besar lagi. Barti sudah menimbulkan kekacauan dan kehancuran dimanapun dia berada, menyerang semua orang, dan tetap menjadi sosok yang tidak terkalahkan. Semua itu demi sang idola, Luffy si topi jerami.

Dengan kekuatan buah iblis Barrier Barrier, dia menjadi sosok yang cukup kuat apalagi dia merupakan ketua dari sebuah kelompok bajak laut. Tapi, dia terlalu mengandalkan kemampuan buah iblisnya tersebut. Meskipun Bartolomeo sebenanrnya tahu bagaimana cara bertarung, tapi dia lebih sering mengandalkan kemampuan buah iblisnya tersebut.

Gecko Moria

Gecko Moria merupakan penguasa sebuah wilayah di Thriller Bark, dan merupakan mantan Shichibukai. Sebagai salah satu Shichibukai, memang kekuatannya gak bisa diremehkan. Tapi, jika harus dibandingkan dengan Shichibukai lainnya kekuatan Moria rasanya tidak terlalu signifikan. Bahkan, bisa dibilang dia merupakan Shichibukai yang paling lemah dibanding yang lain.

Moria sangat jarang terjun langsung ke medan pertempuran untuk bertarung. Dulu, seperti yang diperlihatkan dalam flashback Kozuki Oden, Moria merupakan salah satu bajak laut tangguh dimana dia bisa bertarung melawan Kaido. Tapi, untuk saat ini dia hanya mengandalkan anak buahnya saja untuk bertarung. Mungkin, tanpa ada bawahannya, seperti Perona atau Hogback atau Absalom, Moria mungkin tidak terlalu kuat.

Fisher Tiger

Kekuatan asli dari Fisher Tiger sendiri memang masih belum diketahui, tapi yang pasti dia bukanlah salah satu yang terkuat. Pertama, dia bisa tertembak oleh senjata angkatan laut dalam sebuah penyerangan, sesuatu yang rasanya tidak akan mungkin terjadi bila Fisher Tiger memiliki kemampuan super seperti kelincahan bergerak atau menggunakan Haki.

Kedua, ketika dia menyerang wilayah Mary Geoise dia membawa banyak sekali senjata. Memang bukan sebuah masalah besar untuk membawa banyak senjata dalam pertempuran, tapi seperti yang Geeks ketahui berbagai karakter kuat dalam cerita One Piece hanya membawa satu senjata saja (misalnya pedang) atau hanya menggunakan tangan kosong. Fisher Tiger memang menjadi legenda manusia ikan, tapi mungkin dia tidak sekuat apa yang disebutkan.

Caesar Clown

Caesar Clown merupakan seseorang yang cukup menderita. Sejak kecil dia sudah disiksa dan dijadikan kelinci percobaan, dibohongi dan dijadikan budak di berbagai kru bajak laut. Dia juga sudah membunuh ratusan bahkan mungkin ribuan orang, berkat senjata biologis ciptaanya. Senjata tersebut kemudian dia jual ke kelompok kriminal lainnya.

Caesar adalah pengguna buah iblis Gas Gas, yang membuatnya bisa menyerap oksigen dan menyebabkan ledakan. Tapi, secara mental dia adalah sosok yang lemah dan tidak mampu mengontrol emosinya. Dia juga tidak terlalu kuat dari segi kekuatan fisik. Satu serangan Haki bisa membuatnya kalah. Untuk segi kecerdasan mungkin Caesar Clown unggul, tapi untuk hal lainnya, dia kalah jauh dibanding karakter lain.

BACA JUGA: Oda Sensei Konfirmasi Tentang Keluarga Shimotsuki!

Pekoms

Terkadang nilai buruan tidak berpengaruh terhadap kekuatan dari buronan tersebut. Tapi, hal itu menjadi sesuatu yang menarik untuk berspekulasi. Nilai buruan sendiri diputuskan dari apa yang sudah mereka perbuat, seberapa besar efek yang dihasilkan, dan juga seberapa besar ancaman yang mereka hasilkan. Pekoms memiliki nilai buruan 330 juta Belly, tapi untuk seorang Pekoms rasanya nilai itu terlalu tinggi.

Dia memang menjadi bagian dari bajak laut Nox dan juga menjadi bagian dari kru bajak laut Big Mom. Tapi, untuk ukuran standar bajak laut di New World Pekoms rasanya tidak terlalu kuat. Dia bisa dengan mudah dikalahkan oleh Capone Bege, dan yang lebih “parah” adalah Pekoms dikalahkan dalam mode Sulong, yang merupakan mode tertinggi untuk suku Minks. Meskipun dia memiliki kekuatan buah iblis yang bisa menciptakan tameng tidak bisa ditembus dan memiliki kemampuan Haki, kemampuannya gak lebih kuat dibandingkan para bajak laut New World.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.