Dalam film Godzilla: King of the Monsters, King Ghidorah yang merupakan lawan dari Godzilla diceritakan berasal dari luar bumi alias Ghidorah merupakan alien. Tapi, jika dilihat dari sejarahnya sebenarnya Ghidorah bukanlah satu-satunya alien yang menjadi lawan dari Godzilla. Toho sendiri memiliki beberapa monster yang berasal dari planet lain selain Ghidorah.

Gigan adalah contoh monster alien yang diperkenalkan oleh Toho pada 1972. Gigan muncul dalam film Godzilla vs Gigan, dimana dalam film tersebut, Godzilla diceritakan bekerja sama dengan Anguirus untuk mengalahkan Gigan dan Ghidorah. Yang paling jelas adalah SpaceGodzilla, sosok monster alien yang berasal dari hasil mutasi sel Godzilla yang entah bagaimana bisa berada di luar angkasa.

Ghidorah Memang Monster Alien

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Toho memperkenalkan monster Ghidorah kepada para penonton sebagai seekor monster alien. Para fans sendiri sempat mempertanyakan tentang hal itu, dan di film King of the Monsters akhirnya dikonfirmasi kalau Ghidorah merupakan salah satu monster alien. Dalam filmnya, diperlihatkan jika kelompok teroris  berencana untuk mengembalikan bumi ke zaman dahulu dimana para Titan berkuasa.

Mereka pun kemudian membangkitkan King Ghidorah yang ternyata melakukan hal yang diluar dugaan, dengan membangkitkan berbagai Titan lainnya yang melakukan hibernasi di berbagai wilayah di seluruh dunia. Apa yang dilakukan oleh Ghidorah sempat membuat bingung semua orang, sampai kemudian terungkap jika Ghidorah adalah alien.

Ghidorah tiba di bumi ribuan tahun yang lalu, sebelum kemudian hibernasi. Bisa jadi, apa yang dilakukan oleh MonsterVerse terhadap Ghidorah mirip seperti apa yang Toho gambarkan. Dia adalah monster luar angkasa yang menjelajahi berbagai planet untuk menghancurkan semua penghuninya. Emma sempat menjelaskan kepada Monarch jika para Titan (seperti Godzilla) dulunya merupakan pelindung planet bumi. Tapi, lain halnya dengan Ghidorah. Karena dia adalah alien, dia tidak peduli ketika harus menghancurkan planet bumi dan isinya.

Apakah Yamata No Orochi Adalah Alien?

MonsterVerse memang memiliki monster orisinal yang mereka buat sengaja untuk film ini, seperti Behemoth dan Scylla. Tapi, tidak semua monster yang ada di MonsterVerse muncul di layar lebar – terlepas dari adanya masalah hak cipta atau masalah lainnya. Tapi, meskipun tidak ditampilkan di layar beberapa monster lainnya muncul dalam sebuah peta pengawasan milik Monarch.

Salah satu contohnya adalah Yamata no Orochi, monster naga berkepala delapan yang diketahui posisinya berada di gunung Fuji, Jepang. Yamata no Orochi sendiri merupakan monster yang berasal dari cerita rakyat Jepang. Berdasarkan cerita, Yamata no Orochi adalah naga yang memiliki delapan kepala, delapan ekor, dan memiliki mata yang merah menyala.

Secara fisik, deskripsi Yamata no Orochi memiliki kemiripan dengan King Ghidorah. Berdasarkan informasi yang ada, hal itu memang sengaja dilakukan, karena Toho sendiri terinspirasi dari monster tersebut untuk menciptakan King Ghidorah. Dengan bentuk yang mirip, pertanyaanya kemudian apakah artinya Yamata no Orochi juga merupakan monster alien?

BACA JUGA: Para Titans Yang Belum Muncul di MonsterVerse

Ada kemungkinan jika Yamata no Orochi dan Ghidorah berasal dari spesies yang sama, dan sama seperti Ghidorah, Yamata no Orochi juga bisa saja muncul di bumi ribuan tahun yang lalu sebelum kemudian melakukan hibernasi. Mudah-mudahan saja di film selanjutnya kita bisa melihat tentang cerita origin dari Yamata no Orochi.

Ada Monster Alien Lain di Monsterverse?

Selain Yamata no Orochi dan Ghidorah, apakah ada monster lainnya di MonsterVerse? Sejauh ini diketahui ada sebelas monster yang masih belum diketahui keberadaannya. Yang menarik adalah lima diantaranya berjenis naga (termasuk Orochi). Empat lainnya adalah Leviathan, Typhon, Amhuluk, dan Tiamat. Berdasarkan mitologi yang ada, ada kemungkinan Typhon dan Tiamat memiliki kemiripan dengan Yamata no Orochi dan Ghidorah, yaitu memiliki lebih dari satu kepala.

Meskipun masih belum diketahui bagaimana bentuk sesungguhnya dari monster tersebut, tapi yang pasti keempat monster tersebut memiliki kesamaan dan ada kaitannya dengan naga (serpent). Hal ini kemudian memunculkan sebuah pertanyaan besar yaitu apakah naga memang ada di seluruh alam raya ini, atau mereka sebenarnya merupakan makhluk atau penghuni dari sebuah planet lain?

Bisa jadi kalau naga sebenarnya bukan makhluk yang berasal dari bumi, dan jika hal itu benar, maka bumi bisa dipastikan menjadi sebuah tempat bagi berbagai makhluk luar angkasa yang mungkin jumlahnya belum kita ketahui. Karena hal inilah bumi dalam ancaman yang besar, apalagi jika semua monster atau Titan tersebut memiliki sifat yang sama dengan Ghidorah. Jika hal itu benar terjadi, Godzilla mungkin butuh bantuan monster lainnya buat menghadapi para monster alien mengerikan itu. Menurut kalian, siapa selanjutnya yang bisa menjadi “rekan” Godzilla, Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.