Capcom kembali menjadi perbincangan di kalangan banyak pihak setelah mereka sukses meluncurkan remake dari game klasik mereka, Resident Evil 3. Game ini memberikan nostalgia bagi sebagian orang, dan juga memberikan pengalaman baru bagi mereka yang baru memainkannya. Selain meningkatkan apa yang sudah ada dari game orisinalnya, Resident Evil 3 Remake juga memberikan beberapa perubahan terhadap gamenya.

Beberapa perubahan tersebut diantaranya adalah adanya post-credit scene. Umumnya sebuah post-credit scene, dalam adegan ini kita diberikan petunjuk tentang apa yang akan terjadi selanjutnya dalam cerita. Tapi, para fans sendiri terbagi menjadi dua tentang siapa yang akan muncul di akhirnya dan akan seperti apa gamenya nanti.

Apa Arti Post-Credit Scene Untuk Masa Depan Gamenya

Di akhir game ini, anggota dari Umbrella Biohazard Countermeasure Nikolai Zinoviev mengungkapkan kalau dia disewa jasanya oleh seseorang yang bernama “client” – yang kemungkinan sosok tersebut adalah ilmuwan bernama Albert Wesker, atau perusahaan misterius yang sama yang mempekerjakan Ada Wong di RE2 – untuk mengumpulkan data senjata biologis (bioweapon) milik Umbrella Corp dan menghancurkan semua fasilitas Umbrella Corp yang ada di Racoon City.

Sosok yang menyewa jasa Nikolai pun tidak mau vaksin dari virus zombie disebarluaskan, karena itulah  Nikolai menembak botol vaksin milik Jill Valentine sebelumnya. dia kemudian ditinggal di Racoon City, kemungkinan dia tewas akibat bom yang menghujani kota tersebut dan Jill sendiri bersumpah akan menghancurkan Umbrella. Di post-credit scene kemudian, terlihat ada sosok yang mengambil botol kecil yang rusak dari atas meja di sebuah ruangan dengan sebuah samsak. Dia kemudian pergi keluar dari frame.

Sosok tersebut kemudian diketahui adalah seorang wanita, tapi para fans banyak yang tidak setuju tentang sosok tersebut. Pakaian berwarna hijau yang dia gunakan memunculkan dugaan kalau sosok tersebut adalah Rebecca Chambers, karakter dari game Resident Evil Zero. Tapi, bisa saja sosok tersebut adalah Jill yang mengenakan pakaian lainnya.

Terlepas siapa sosok misterius itu, para fans melalui situs Reddit banyak yang berspekulasi jika adegan tersebut memperlihatkan jika sosok itu di kemudian hari mencoba untuk menginvestigasi tentang siapa yang menyewa jasa Nikolai. Jika memang sosok tersebut adalah Jill, kemungkinan botol atau tabung kecil yang rusak tersebut akan menjadi “pengingat” untuk dia menjalankan sebuah misi yaitu menghancurkan Umbrella Corps dan akan dia simpan untuk dirinya sendiri.

Karena siapa sosok itu masih misterius, artinya gak mungkin juga untuk menebak apa yang akan disuguhkan oleh Capcom di masa depan nanti. Tapi, ada beberapa kemungkinan. Berdasarkan rumor terbaru game Resident Evil 8, proyek terbaru tersebut kabarnya akan menghadirkan karakter Chris Redfield dan Ethan Winters, tapi bukan berarti Jill atau Rebecca gak bisa muncul di game terbaru itu.

Sebuah game remake lainnya sebelum peluncuran RE8 juga sangat memungkinkan. Capcom sempat melakukan survei kepada para fans Resident Evil apakah mereka masih mau memainkan game lainnya, meskipun artinya mereka harus membeli konsol next gen. Jika sosok tersebut adalah Rebecca, maka adegan di post-credit scene memberikan petunjuk tentang keterlibatannya dalam cerita Resident Evil yang sedang berjalan, dan mungkin ada kaitannya dengan game Resident Evil Zero Remake.

Kemungkinan lainnya adalah Capcom akan membuat game baru, yang merupakan kontinu atau kelanjutan dari game Resident Evil 3. Tapi, untuk hal ini sepertinya belum akan terjadi dalam waktu dekat, karena Capcom sudah mempersiapkan RE8. Alternatifnya, Capcom bisa membuat DLC yang menjelaskan semua adegan tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.