Dune adalah salah satu novel bergenre sci-fi paling terkenal yang pernah diterbitin. Novel ini emang punya cerita yang padat dengan latar waktu masa depan, ditambah lagi dengan banyaknya faksi dan karakter yang terlibat di dalamnya. Bahkan, novel ini punya banyak banget sekuel, prekuel, dan spinoff yang udah muncul selama bertahun-tahun lamanya. Setelah sekian lama, sekarang novel Dune bakalan kembali di adaptasi ke dalam sebuah film, dengan Denis Villeneuve yang bakalan ngarahin filmnya.

Kalo kalian selama ini kesulitan buat mahamin franchise Dune, apalagi dengan banyaknya pahlawan dan penjahat di dalemnya, nah kali ini kita mau coba bantu ngejelasin semua hal penting yang perlu kalian ketahui dari cerita Dune. Apa aja? yuk simak pembahasannya dibawah ini.

Dune Universe

Sebagian besar novel utama Dune dan novel spinoffnya ngambil latar waktu ribuan tahun di masa depan, di mana saat itu umat manusia udah nyebar ke seantero galaksi. Ketika itu, kekuasaan yang ada dibagi menjadi tiga, yaitu kekuasaan yang dipunyai oleh seorang raja bernama Padishah Emperor, Space Guild (yang mengontrol perjalanan antar bintang), dan Landsraad. Nah, cerita dari Dune ini emang mirip dengan Game of Thrones, di mana faksi atau klan saling berebut kekuasaan.

Di era ini, teknologi canggih seperti komputer dan senjata atom emang sangat dilarang. Sebaliknya, sebagian besar teknologi yang ada bergantung pada kekuatan otak manusia. Pada masa ini, ada profesi bernama Mentats yang udah terlatih secara khusus buat ngekondisiin diri mereka sebagai komputer hidup. Jadi sederhananya, mereka adalah “mesin pemikir”.

Selain itu dalam era ini, ada juga zat yang disebut Melange, yang mana zat tersebut merupakan psikotropika yang bisa ningkatin pikiran dan memperpanjang hidup seseorang. Beberapa orang yang gegunain zat tersebut bahkan bisa ngedapetin kemampuan psikis dan kekuatan lebih buat ngakses kenangan ke leluhur mereka. Zat ini juga menjadi zat yang diperebutin oleh tiap faksi atau klan yang ada di Dune Universe.

Novel Dune sendiri lebih banyak ngambil latar tempat di sekitar planet gurun bernama Arrakis. Meskipun planet ini terpencil dan kondisi lingkungannya ekstrim, tapi Arrakis menjadi satu-satunya sumber rempah-rempah di seantero semesta. Klan manapun yang bisa ngontrol Arrakis tentu aja bakal kaya raya, tetapi mereka juga harus ngehadapin bahaya dari klan lawan yang nyoba ngerebutnya. Makanya orang-orang disana selalu mengatakan, “Dia yang mengedalikan rempah-rempah, berarti mengendalikan alam semesta.”

Faksi-Faksi Utama:

Novel Dune emang nyeritain beberapa faksi besar atau klan yang saling berebut kekuasaan. Siapa aja mereka? Simak dibawah ini ya Geeks!

Klan Atreides:
Klan Atreides ini mirip banget sama klan Stark yang ada di Game of Thrones. Pemimpin dari klan ini adalah Duke Leto Atreides, dan ia adalah salah satu penguasa baik hati di galaksi. Klan Atreides awalnya tinggal di planet asalnya yaitu Caladan. Di planet Caladan, Klan Atreides emang hidup secara makmur, sampai akhirnya mereka pindah ke Planet Arrakis. Klan Atreides pindah karena mereka dikasih kendali atas planet Arrakis oleh Padishah Emperor, setelah mereka berhasil menggusur saingan lama yaitu klan Harkonnen.

Klan Harkonnen:
Klan Harkonnen adalah salah satu anggota terkaya dari Landsraad dan saingan abadi dari klan Atreides. Klan ini diperintah oleh Baron Vladimir Harkonnen yang kejam, sadis, dan hedonis. Mereka emang selalu berfokus buat ningkatin hasil produksi mereka dan mereka gak peduli dengan hal-hal etis. Udah pasti kalo klan ini juga dibangun atas dasar ketakutan dan teror yang mereka lakuin saat mereka ngejalanin pemerintahannya.

The Bene Gesserit:
The Bene Gesserit adalah tatanan yang dibuat oleh wanita-wanita kuno dan kuat, dan mereka berfungsi sebagai salah satu kekuatan politik terbesar di galaksi. Para anggota dari The Bene Gesserit emang udah mengasah pikiran mereka dan memperoleh kemampuan super. Pemimpin mereka yaitu Mother Gaius Helen Mohiam memang terobsesi buat ngebuat manusia super yang disebut Kwisatz Haderach. Kwisatz Haderach adalah laki-laki yang bisa memahami dimensi yang lebih tinggi yang gak bisa diakses oleh para anggota The Bene Gesserit normal. Dimensi yang lebih tinggi ini mencakup akses sejarah kepada dari para leluhur lelaki mereka.

The Fremen:
The Fremen adalah suku atau penduduk asli Arrakis. Meskipun dianggap oleh sebagian besar orang kalo mereka ini adalah penduduk yang biadab dan kejam, sebenarnya Fremen punya pemahaman yang jauh lebih baik tentang Arrakis daripada siapapun. Mereka ngehabisin waktu selama ribuan tahun buat secara diam-diam mengolah sumber daya planet Arrakis, dan mereka udah belajar gimana bertahan dari kondisi cuaca disana yang ekstrim. Di sana, mereka nunggu kedatangan messiah mereka yaitu seorang tokoh bernama Lisan al Gaib.

BACA JUGA:Warner Bros Rilis First Look Film Dune

Storyline Dune Original

Novel Dune original ngemulai debutnya tahun 1965, dengan penulis Frank Herbert yang ngegarap sentuhan ceritanya. Buku ini dengan cepat ngedapetin review yang positif dan berhasil menangin Hugo Award tahun 1966. Sekarang buku ini dianggap sebagai salah satu novel sci-fi terbesar dan paling berpengaruh sepanjang masa. Dengan berbagai planet gurun, hal mistik, dan karakter-karakter pahlawan, maka sangat wajar kalo franchise ini meng-influence film Star Wars.

Dalam novel originalnya, diceritain gimana saat sang karakter utama yaitu Paul Atreides mulai bisa ngendaliin kemampuannya yang semakin besar. Kemudian ia berpindah dari Caladan ke Arrakis dan ngambil kendali atas planet berbahaya yang kaya akan rempah-rempah tersebut. Tanda dari potensi Paul yang luar biasa ditunjukin ketika ia lulus ujian yang sangat melelahkan yang sengaja dibuat oleh Mother Mohaim. Ujian tersebut ngebuktiin kalo dirinya benar-benar “manusia”, yang artinya menjadi seseorang yang bisa memegang kendali penuh atas kemauan dan kemampuan mereka. Paul juga sempet dihantui sama mimpi Arrakis dan gambaran dari seorang wanita misterius.

Paul sangat diuji setibanya di Arrakis, karena keluarganya dikhianati oleh klan Harkonnen, sampai-sampai Paul dan ibunya terdampar di padang pasir yang mempunyai cuaca ekstrim. Namun kemudian disana, mereka disambut dan diterima oleh Fremen, di mana Fremen melihat ada potensi dalam diri Paul sebagai seorang penyelamat yang udah ditunggu-tunggu oleh rakyat Fremen selama ribuan tahun.

Paul lalu mengambil selir wanita bernama Chani dari salah seorang Fremen, di mana wanita ini memang selalu menghantui mimpi Paul sebelum ia dateng ke Arrakis. Sementara ibunya yaitu Lady Jessica, saat itu ngejalanin sebuah ritual berbahaya buat ngedapetin gelar Reverend Mother, dan ia secara gak sengaja ngasih kekuatan psikis yang luar biasa kepada putrinya yang masih dalam kandungan yaitu Alia Atreides.

Dua tahun kemudian, Paul mimpin Fremen dalam upaya pemberontakan besar-besaran buat ngelawan Empire. Paul ngeliat kalo Fremen adalah bagian dari kekuatan buat ngebebasin Arrakis dari tirani. Bahkan kalo Empire terus dibiarin, mereka berpotensi buat ngacauin seluruh galaksi. Setelah ngejalanin ritual yang sama seperti ibunya, Paul akhirnya tersadar dari koma yang ia alamin, dan ia juga ngedapet kemampuan baru buat ngelintasin ruang dan waktu.

Saat memimpin pemberontakan, Paul sukses menjadi pemimpin rakyatnya, dan ia berhasil ngalahin keponakan Baron Harkonnen yaitu Feyd Rautha dalam sebuah ritual pertempuran. Walaupun udah kalah, Padishah Emperor tetep ngancam buat ngehancurin pasokan rempah-rempah yang ada di Arrakis. Di akhir novelnya, Paul udah jadi kaisar baru, tetapi ia malah takut jika kehancuran akan ditimbulkan oleh pengikut fanatik dari Fremen.

Sekuel Novel Dune

Dune original hanyalah sebuah chapter pertama dari sebuah cerita yang besar, yang saat ini terdiri dari 19 novel dan berbagai cerita pendek lainnya. Herbert sendiri udah nulis selama lima sekuel Dune, yang dimulai dari Dune Messiah (1969) dan berakhir dengan Chapterhouse: Dune (1985).

Sekuel-sekuel ini ngeksplorasi keberhasilan Paul setelah naik takhta ke Impreial dan saat itu pemberontakan Fremen di galaksi semakin ngeluas. Dune Messiah dimulai 12 tahun setelah peristiwa-peristiwa novel originalnya. Meskipun Paul bingung atas banyaknya kematian yang disebabkan oleh pengikut fanatiknya, kekuatan pikiran dari Paul ngungkapin kepadanya kalo ada masa depan yang lebih buruk yang bakal yang ngancam umat manusia. Paul kemudian ngebimbing peradaban menuju lebih baik, bahkan ketika Mother Mohaim dan yang lainnya bersekongkol buat menggulingkannya.

Sekuel garapan Herbert yang lain kemudian ngelanjutin kisah itu, dengan fokus cerita pada buku-buku selanjutnya yang bergeser dari Paul ke anaknya. Putranya yaitu Leto II akhirnya ngegantiinnya sebagai kaisar, dan uniknya, dia menjadi sosok hibrida antara cacing dan manusia, dan ia memicu pemerintahan tirani selama 3.500 tahun. Tapi gak seperti cerita dari Dune original yang berakhir bahagia buat Paul dan klan Atreides, cerita dari sekuelnya ngambil tone yang lebih gelap, dengan cerita yang tentunya jauh lebih tragis.

Herbert kemudian meninggal pada tahun 1986, tanpa pernah nyelesain novel Dune ketujuh. Sebagai gantinya, putranya yaitu Brian Herbert dan penulis sci-fi terkenal yaitu Kevin J. Anderson (yang juga menulis Star Wars: trilogi Jedi Academy) mulai berkolaborasi pada serangkaian prekuel Dune, yang mana prekuel tersebut dibuat untuk nyempurnain sejarah dan konflik di Dune universe. Keduanya bersama-sama menulis buku berjudul Prelude to Dune yang ngambil cerita beberapa tahun sebelum peristiwa seri aslinya, diikuti oleh Legends of Dune yang ngambil latar waktu di masa lalu yang jauh.

Brian Herbert akhirnya nemuin garis besar dari cerita yang dibuat oleh ayahnya dulu dan ia mencatat hal itu buat buku ketujuh Dune. Dengan ngegunain catatat itu sebagai titik awal, ia dan Anderson nyelesain inti dari cerita Dune lewat buku Hunters of Dune dan Sandworms of Dune. Buku-buku itu kemudian dilanjutin oleh dua seri spinoff lagi yaitu Heroes of Dune dan Great Schools of Dune.

Film Adaptasi Novel Dune

Upaya buat ngegarap film Dune emang udah ada sejak awal 1971, meskipun saat itu gak ada yang terealisasi. Yang paling terkenal adalah sutradara Alejandro Jodorowsky. Jodorowsky waktu itu punya rencana buat ngadaptasi cerita Dune buat dijadiin film yang berdurasi 10 jam, yang bakal nampilin bintang-bitang seperti Orson Welles, Gloria, Swanson, David Carradine, Geraldine Chaplin dan bahkan seniman surealis yaitu Salvador Dali. Sayangnya proyek film ini berakhir dengan berantakan.

Sebagai gantinya, Dune akhirnya berhasil dibuatin filmnya pada tahun 1984. Film tersebut disutradarai oleh David Lynch. David Lynch bahkan sempat nolak tawaran buat ngarahin film Star Wars: Return of the Jedi demi nulis dan ngarahin film Dune. Padahal, David Lynch sendiri kala itu gak pernah membaca buku Dune sebelumnya. Film Dune (1984) Dibintangi oleh Kyle MacLachlan yang berperan sebagai Paul Atreides, Francesca Annis sebagai Lady Jessica, Sean Young sebagai Chani, Kenneth McMillan sebagai Baron Karkonnen dan Sting sebagai Feyd-Rautha.

Novel Dune kemudian diadaptasi lagi pada taun 2000 sebagai sebuah miniseri yang terdiri dari tiga bagian berjudul Frank Herbert’s Dune untuk diputar pada Sci-Fi Channel. Para pemain yang terlibat adalah Alec Newman sebagai Paul Atreides, William Hurt sebagai Duke Leto, dan Saskia Reeves sebagai Lady Jessica. Kemudian pada tahun 2003 lalu, muncul lagi sebuah miniseri berjudul Frank Herbert’s Childern of Dune.

Dune sekarang akan kembali ke layar lebar dalam bentuk baru, di mana film ini disutradarai oleh Denis Villeneuve dan naskahnya ditulis oleh Eric Roth. Dalam film ini, Timothee Chalamet bakan meranin Paul Atreides, Dave Bautista sebagai The Beast Rabban, Stellan Skarsgard sebagai Baron Harkonnen, Rebecca Ferguson sebagai Lady Jessica, Charlotte Rampling sebagai Mother Mohiam, Oscar Isaac sebagai Duke Leto, Zendaya sebagai Chani, dan Javier Bardem sebagai Stilgar. Villeneuve sendiri udah ngungkapin kalo film ini bakalan kebagi jadi dua film, dengan yang pertama bakal rilis pada 18 Desember 2020.

Film garapan Villeneuve juga bakalan diikutin dengan seri spinoff yang berjudul Sisterhood of Dune, yang akan berfokus pada sejarah ordo Bene Gesserit. Sisterhood of Dune adalah salah satu seri baru yang eksklusif untuk layanan streaming HBO Max.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/