Countdown

Dalam komik ini, DC memperkenalkan sosok Jker baru yang berasal dari Earth-3 dan di universe tersebut peran antara Joker dan Batman sangatlah berubah drastis. Berbeda dengan cerita Elseworlds lainnya dimana Joker menyebabkan Batman menjadi gila dan kemudian bertukar peran dengan Joker, di dunia tersebut, Joker digambarkan merupakan sosok yang memang sudah baik sedari dulu. Sedangkan Batman adalah sosok penjahat mengerikan.

Di Earth-3 Batman memiliki panggilan lain yaitu Owlman dan Joker disebut sebagai Jokester. Cerita origin Jokester sendiri memperlihatkan kalau sejak kecil dia sudah menjadi korban perundungan dan saat dewasa dia bercita-cita ingin menjadi sosok superhero di kota Gotham. Dia kemudian tumbuh menjadi seorang komedian dengan nama Jackie yang mampu menghilangkan penderitaanya dengan membuat lelucon.

Salah satu leluconnya ada kaitannya dengan Owlman, yang ketika dia dia mengetahui hal itu dia langsung menyayat mulut Joker. Luka tersebut akhirnya menjadi luka permanen dan memberikan kesan kalau dia sedang tertawa. Jackie kemudian berubah menjadi Jokester dan misi dalam hidupnya adalah mengalahkan Owlman.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Superman: Distant Fires

Komik ini menceritakan dunia yang dilanda perang nuklir, yang berakibat populasi manusia semakin menurun. Kiamat nuklir ini ternyata memiliki efek samping yang mempengaruhi para superhero dan juga villain. Bagi Joker, efek samping dari nuklir tersebut adalah menyembuhkan kegilaan dalam dirinya.  Ceritanya sendiri sebagian besar memang menampilkan kisah Superman, yang bertarung melawan para mutan dan tikus raksasa.

Superman kemudian mengetahui jika dia bukanlah satu-satunya orang yang selama. Guy Gardner, Wonder Woman, flash, Billy Batson, dan Joker kemudian tinggal di sebuah kota bernama Champion. Disinilah Joker melakukan berbagai hal yang baik, mulai dari membantu membangun kota sampai mengembangkan berbagai cara untuk melindungi orang-orang dari serangan para mutan. Menariknya justru dalam cerita ini Billy Batsonlah yang merupakan penjahatnya, yang kemudian harus menghancurkan apa yang sudah dibangun.

The Laughing Fish

Seri komik ini sebenarnya memiliki kemiripan cerita dengan LEGO Batman Movie, yaitu Joker ingin membuktikan kalau dia adalah musuh terbesar yang pernah dihadapi oleh Batman. Tapi, dalam cerita ini, karakter baru bernama Rupert Thorne pun muncul. Dia kemudian berhasil mencari tahu identitas asli dari Batman dan kemudian hal itu dia gunakan untuk menghancurkan Batman.

Joker sadar kalau orang tersebut membocorkan identitas rahasia Batman kepada orang-orang, hal itu akan menghancurkan musuhnya. Akhirnya dia pun berusaha untuk menghentikan rencana Rupert demi menjaga musuhnya tersebut. Joker akhirnya berhasil menemui Rupert dan mengancamnya jika dia berani membocorkan identitas rahasia dari Batman.

Detective Joker

Dalam komik Catwoman Annual #3, Joker mengambil alih peran yang biasanya dilakukan oleh Batman. Komik tersebut menghadirkan cerita Elseworlds, dimana Batman dan Catwoman merupakan seorang pasangan suami istri penjahat di kota Gotham. Dalam dunia tersebut, Joker adalah pahlawannya – seorang detektif kepolisian bernama Jack Bozer.

Catwoman merupakan otak dari duet kriminal tersebut sedangkan Batman adalah orang yang mengeksekusi rencana tersebut. Keduanya berencana untuk melakukan aksi kriminal terbesar yang pernah ada. Tapi, ada dua detektif yang kemudian muncul, Joker dan Riddler, dan menghentikan usaha dari Dick Wayne alias Nightwing, anak pasangan Catwoman dan Batman. berkat usahanya tersebut, Joker kemudian jadi komisioner kepolisian.

Joker’s Millions

Dalam seri animasi The New Batman Adventures memperlihatkan jika Joker tidak ingin lagi menjdi seorang penjahat. Hal ini tentunya mengejutkan karena Joker bukanlah seseorang yang terlalu peduli tentang uang dan pada dasarnya dia gila. Dalam episode Joker’s Million, diperlihatkan jika Joker mendapatkan warisan dari King Barlowe.

Sudah menjadi kaya, Joker akhirnya memutuskan untuk berhenti menjadi kriminal. Dia kemudian menggunakan sebagian uang yang diwariskan untuk menyewa jasa pengacara untuk membantunya menghapus semua catatan kriminalnya di masa lalu dan dianggap sebagai orang gila. Dia kemudian mengadakan pesta besar yang berakhir degan kedatangan Bat-Family demi menyelamatkan nyawanya dari serangan mantan anak Barlowe.

Dia sempat membeli sebuah mansion atau rumah besar dan kemudian memberikan sisanya kepada mereka yang membutuhkan di kota Gotham. Tapi, ketika dia menyadari kalau semua uang tersebut hanya sementara dan tidak sesuai perkiraannya, dia pun kemudian berubah menjadi jahat lagi.

1
2